Table of Content

Perbedaan Kuliah Vokasi dan Sarjana

Perbedaan Kuliah Vokasi dan Sarjana | Pendidikan tinggi yang diraih dengan lulus nya seseorang dari bangku perguruan tinggi merupakan salah satu tingk

Perbedaan Kuliah Vokasi dan Sarjana | Pendidikan tinggi yang diraih dengan lulus nya seseorang dari bangku perguruan tinggi merupakan salah satu tingkat pendidikan yang menjadi tujuan akhir tingkat pendidikan seseorang sebelum akhirnya terjun ke dunia kerja.

Dari waktu ke waktu jumlah lulusan perguruan tinggi terus mengalami peningkatan signifikan. Tidak hanya jumlah mahasiswanya, namun juga berbagai bidang jurusan pendidikan terus mengalami perkembangan sesuai dengan tuntutan dan dinamika dunia kerja terkini.

Tingkat kebutuhan tersebut kemudian melahirkan dua tipe pendidikan yang berbeda di indonesia, yaitu pendidikan tinggi kuliah vokasi dan pendidikan tinggi sarjana. Meski sama-sama alumni perguruan tinggi, namun keduanya memiliki wilayah kerja yang sangat berbeda.

Perbedaan Kuliah Vokasi dan Sarjana


Perbedaan Kuliah Vokasi dan Sarjana

Kuliah vokasi

Kuliah vokasi adalah sebuah perkuliahan di perguruan tinggi dengan orientasi dan fokus utama pada skill dan praktek lapangan pada keahlian tertentu. Orientasi utama dalam kuliah vokasi adalah persiapan skill dan keahlian yang mumpuni dan siap digunakan di dunia kerja sesuai bidangnya masing-masing.

Dalam kuliah vokasi, sebagian besar materi perkuliahan nya kan berupa praktek di lapangan. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para mahasiswa agar benar-benar menguasai skill terapan dalam bidang pengetahuannya masing-masing.
Hebatnya lagi, kuliah vokasi di indonesia sudah mempraktikkan alumni nya untuk bisa bersaing dalam bursa tenaga kerja global.

Pendidikan sarjana

Pendidikan sarjana adalah jenis pendidikan di perguruan tinggi dengan fokus utama pada pengembangan teori berbagai bidang ilmu sesuai dengan bidang perkuliahan masing-masing. Pendidikan sarjana sering disebut juga dengan pendidikan akademis. Hal ini karena porsi teori yang disajikan dalam perkuliahan ini lebih besar jika dibandingkan dengan praktek lapangan yang dilakukan. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan kuliah vokasi yang porsi terbesar materinya adalah praktek lapangan.

Program kuliah vokasi

Program kuliah vokasi adalah tingkat pendidikan tinggi yang berfokus pada penguasaan keahlian teknis dan lapangan, program kuliah vokasi menyediakan berbagai jurusan perkuliahan yang bisa dipilih oleh para mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, misalnya yaitu sebagai berikut:

1. Program studi fotografi

Jurusan kuliah vokasi yang satu ini adalah jurusan dengan fokus skill dan keahlian dalam bidang fotografi. Proyeksi keahlian utama dari jurusan ini bertugas untuk menjadikan para lulusan nya sebagai seorang fotografer profesional. Hal ini karena profesi sebagai seorang fotografer merupakan salah satu profesi dengan peluang kerja dan peluang usaha yang sangat besar saat ini.

Dengan kata lain bahwa, tujuan utama dari program studi ini adalah untuk melahirkan para profesional di bidang fotografer.

2. Program studi broadcasting atau penyiaran

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat saat ini menjadikan kebutuhan terhadap tenaga profesional di bidang broadcasting atau penyiaran menjadi sangat tinggi. Dalam perkuliahan di program studi broadcasting, seorang mahasiswa akan mempelajari secara lengkap berbagai ilmu dan keahlian terapan yang berkaitan dengan dunia penyiaran.

Mulai dari keterampilan yang dibutuhkan dalam berbagai bidang broadcasting, hingga sampai pada dunia penyiaran komersial pada media media besar. Hingga saat ini, terdapat beberapa kampus perkuliahan vokasi yang sudah membuka jurusan kuliah vokasi yang satu ini, diantaranya yaitu kampus bina sarana informatika, universitas dian Nuswantoro, universitas sebelas maret di surakarta, dan juga universitas indonesia.

3. Program studi pariwisata

Bidang pariwisata merupakan salah satu bidang industri yang menjadi garapan serius pemerintah hingga saat ini. Hal ini kemudian menjadikan peluang kerja dan kebutuhan tenaga profesional di bidang pariwisata menjadi sangat penting dan benar-benar besar. Program studi pariwisata adalah satu-satunya program studi yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan tenaga para profesional di bidang pariwisata tersebut.

Ada beberapa kampus di indonesia yang sudah membuka jurusan vokasi yang satu ini, diantaranya yaitu sekolah tinggi jurusan pariwisata bandung, sekolah tinggi jurusan pariwisata AMPTA di yogjakarta, universitas airlangga, dan juga universitas pelita harapan.

4. Program studi administrasi perkantoran

Program studi vokasi yang satu ini akan mempelajari mengenai tata cara pengelolaan administrasi dalam sebuah kantor, baik itu kantor perusahaan, sekolah dan kampus, maupun juga perkantoran pemerintahan. Administrasi perkantoran merupakan salah satu jurusan vokasi dengan peluang kerja yang sangat besar. Hal ini karena pertumbuhan jumlah kantor berbagai bidang selalu mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari waktu ke waktu.

5. Program studi hubungan masyarakat atau humas

Program studi ini merupakan salah satu program studi dengan lingkup ruang kerja yang sangat luas. Para mahasiswa yang lulus dari program yang satu ini akan dibutuhkan di berbagai bidang dalam dunia kerja, mulai dari pendidikan, perusahaan, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Perguruan tinggi vokasi adalah perguruan tinggi dengan fokus utama untuk mengembangkan skill dan pengetahuan para mahasiswanya dalam bidang tertentu, dengan tujuan agar para mahasiswanya mampu memenuhi tuntutan dunia kerja di bidang masing-masing. Oleh karena itu, selain dari lima contoh jurusan di atas, ada puluhan bahkan ratusan jurusan perkuliahan yang sudah ada saat ini pada berbagai kampus vokasi yang ada di indonesia.

Vokasi UNS

Vokasi UNS adalah sebuah pendidikan tinggi vokasi yang merupakan bentukan dan binaan universitas sebelas maret surakarta. Hingga saat ini, vokasi UNS telah membuka 24 jurusan studi vokasi, yang terdiri dari 23 jurusan study vokasi D3, dan dua jurusan study D4.

Vokasi UNS menjadi salah satu kampus perkuliahan terfavorit yang ada di surakarta. Hal ini dibuktikan dengan jumlah mahasiswanya yang mencapai 6.470 orang. Vokasi UNS mempunyai tenaga pendidik atau dosen tidak kurang dari 197 orang dari berbagai bidang pendidikan keahlian, yang ditopang oleh 56 orang tenaga kependidikan. Informasi selengkapnya silahkan akses halaman resminya di https://vokasi.uns.ac.id/.

Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar