Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Beasiswa Bakti Tani untuk Mahasiswa Baru dan Mahasiswa Lama 2022

Beasiswa Bakti Tani merupakan program beasiswa yang diselenggarakan atas kerjasama Yayasan Khouw Kalbe dan juga Yayasan Tani Foundation yang ditujukan untuk para calon mahasiswa yang akan kuliah maupun para mahasiswa yang sudah berkuliah. Program beasiswa ini dikhususkan untuk membantu para putra-putri dari berbagai daerah yang berkeyakinan kuat untuk berkontribusi dalam pembangunan daerahnya khususnya dalam bidang pertanian.


Program beasiswa ini ditujukan untuk melahirkan para sarjana di berbagai bidang ilmu dan teknologi yang bisa dikembangkan untuk membantu kemajuan para petani di berbagai daerah indonesia. Program beasiswa ini memberikan dana pendidikan sebagai bantuan untuk biaya kuliah para mahasiswa terpilih pada berbagai kampus yang ada di wilayah indonesia.

Beasiswa Bakti Tani

Manfaat Beasiswa Bakti Tani 2022

  • Peserta beasiswa akan mendapatkan bantuan uang tunai untuk biaya proses pendidikan perkuliahan dengan besaran enam juta rupiah setiap semester sampai lulus 8 semester atau 4 tahun perkuliahan.
  • Program extra diluar perkuliahan berkaitan dengan pengembangan keterampilan dan juga pengetahuan di bidang pertanian.
  • Akan diberdayakan menjadi seorang promotor berbagai pengembangan di bidang pertanian di lingkungan masing-masing melalui program praktek maupun juga pembangunan kemitraan dengan perusahaan tanihub group.
  • Mendapatkan jaringan pergaulan dengan anak muda dari berbagai wilayah Indonesia yang juga berkhasiat dalam bidang pengembangan pertanian. 


Persyaratan dan Administrasi Beasiswa Bakti Tani

  • Calon peserta merupakan anak dari seorang petani yang memiliki ketertarikan dalam bidang pertanian beserta pengembangannya.
  • Para peserta berkewajiban membuat rancangan strategi pengembangan sektor pertanian yang ada di daerahnya masing-masing saat sudah mendapatkan biaya dari beasiswa.
  • Para calon peserta berdomisili di wilayah pulau jawa dan juga Pulau Bali.
  • Adapun persyaratan untuk para calon mahasiswa baru yang lulus sebagai penerima beasiswa Bakti Tani adalah sebagai berikut:

1) Calon peserta adalah lulusan dari sma ataupun sederajat dengan maksimal jarak dari tahun kelulusan selama 2 tahun pada saat pendaftaran program beasiswa Bakti Tani.

2) Memilih program studi atau jurusan satu yang bermanfaat bagi dunia pertanian, misalnya yaitu rekayasa pertanian, ilmu gizi, teknik pangan, agribisnis, teknik pertanian, kehutanan, perikanan, peternakan, dan jurusan pertanian.

3) Wajib memperoleh IPK 3,30 selama perkuliahan di setiap semester nya.

  • Adapun persyaratan tambahan bagi mahasiswa yang sudah sedang berkuliah yaitu sebagai berikut:

1) Calon peserta merupakan mahasiswa di salah satu program studi yang berkaitan dengan pertanian di jenjang s1, misalnya yaitu ilmu gizi, rekayasa pertanian, teknik pertanian, teknik pangan, agribisnis, kehutanan, perikanan, peternakan, dan juga jurusan pertanian.

2) Wajib mencapai IPK minimal 3,30 setiap semester nya selama menerima beasiswa.

  • bersedia mencari tambahan biaya kuliah jika biaya tersebut lebih dari Rp 6.000.000 per semester.
  • Bersedia untuk mencari biaya tambahan untuk biaya hidup selama perkuliahan berlangsung.
  • Bersedia untuk mematuhi seluruh persyaratan dan juga ketentuan yang ditetapkan oleh penyelenggara beasiswa.

Ketentuan Beasiswa Bakti Tani

  • Para penerima beasiswa diwajibkan untuk mencapai IPK minimal 3,30 setiap semester nya selama perkuliahan berlangsung.
  • Penyelenggara beasiswa berhak secara sepihak untuk memutuskan pemberian biaya beasiswa jika mahasiswa yang bersangkutan hanya memperoleh IPK di bawah 3,30 dalam dua semester yang berturut-turut.
  • Para penerima beasiswa diwajibkan untuk mengikuti semua program yang dilakukan diluar perkuliahan yang berkaitan dengan pengembangan diri dan keterampilan dalam dunia pertanian.
  • Para penerima program beasiswa diwajibkan untuk membuat rencana dan strategi pengembangan bidang pertanian di daerah masing-masing, yang dibuat dalam bentuk proposal saat mahasiswa penerima beasiswa berada pada semester 5 di perguruan tinggi masing-masing. Semua isi dari proposal tersebut nantinya akan menjadi bahan utama yang akan diaplikasikan setelah mahasiswa yang bersangkutan lulus dari pendidikan s1 nya.
  • para lulusan alumni program beasiswa ini wajib membuat laporan mengenai berbagai program yang sudah diaplikasikan di daerahnya masing-masing setelah lulus kuliah kepada yayasan Khouw kalbe, yang dibuat dalam bentuk kumpulan foto dan juga keterangan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan.


Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Bakti Tani

  • 1. Proses pendaftaran beasiswa Bakti tani dilakukan secara online melalui link berikut ini: http://bit.ly/BeasiswaBaktiTani2022.
  • 2. Proses pendaftaran terbuka sepanjang Tahun 2022.
  • 3. Pelaksanaan seleksi dilakukan secara bertahap dalam bentuk seleksi wawancara dan juga seleksi administrasi.


Pusat Informasi

  • Whatsapp melalui nomor 0812_8763_8413
  • Email melalui alamat [email protected]
  • Media sosial resmi melalui instagram @tanifoundationid

Profil Yayasan Khouw Kalbe

Khouw kalbe merupakan Yayasan nirlaba yang fokus bergerak pada bidang pendidikan dan juga pemberdayaan perempuan, khusus nya di berbagai wilayah daerah tertinggal. Yayasan ini memberikan beasiswa kepada banyak sekali anak anak perempuan yang berada dalam kondisi ekonomi keluarga tidak mampu, untuk bisa bersekolah dan melanjutkannya ke jenjang perguruan tinggi. Meskipun ada juga jenjang beasiswa pendidikan yang diberikan pada tingkat SMA dan sederajat, hingga ke perguruan tinggi (yaitu D3 atau juga S1).


Profil Yayasan Tani Foundation

Yayasan Tani Foundation merupakan sebuah yayasan yang berada di bawah Menteri Pertanian (Mentan).  Yayasan ini dilaunching dengan nama tani foundation tanihub pada Sabtu, 26 Juni tahun 2021 oleh Menteri Pertanian saat itu.

Dalam rangkaian pesannya, Mentan sangat berharap bahwa tani foundation akan mampu menghadirkan peningkatan pada kesejahteraan petani, sekaligus juga merangsang minat kalangan anak muda agar mau terjun langsung ke dalam sektor pertanian.