Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Sedang Bingung Milih Jurusan Kuliah? Ikuti 8 Tips Ini!


Sedang bingung milih jurusan kuliah yang akan diambil ketika lulus SMA? Hal ini memang kerap kali terjadi oleh siswa yang sedang berada di masa SMA, khususnya siswa kelas 12. Tentulah perlu dipikirkan secara matang-matang agar tidak salah memilihnya.

Sebelum mendaftar kuliah, siswa perlu mempersiapkan beberapa hal akan jurusan serta kampus yang akan dipilih nantinya. Jangan sampai ketika sudah berjalan, malah merasa salah jurusan dan ternyata tidak sesuai dengan minat serta kemampuan.

1. Memahami Minat dan Bakat

Solusi pertama untuk atasi ketika bingung milih jurusan kuliah yakni cari tahu serta pahami minat serta bakat, pada diri sendiri. Ini mampu menjadi alasan yang kuat untuk seseorang memilih jurusan kuliah.

Memilih jurusan tidak seperti memilih menu makanan, yang ketika bosan atau tidak sesuai dapat menggantinya.Jika seseorang tahu akan minat serta potensi dalam dirinya dalam bidang apa, itu dapat menjadi indikator untuk memilih jurusan. Setidaknya, itu akan membuatnya bertahan ketika belajar ilmu dan skill di kuliah.

2. Menggali Potensi Diri Sendiri

Setiap manusia pastinya memiliki potensi pada dirinya masing-masing. Cara lain untuk memilih jurusan bisa dengan menggali potensi dalam diri sendiri. Potensi tersebut bisa menjadi landasan atau pertimbangan untuk ambil jurusan di perkuliahan.

Dengan mengetahui kemampuan serta keunggulan yang dimiliki di suatu bidang, tentu semakin mempermudah untuk menjalani jurusan yang sesuai. Satu dari sekian cara guna mengetahui potensi diri yakni dengan menekuni hobi yang disukai.

3. Melakukan Riset Jurusan yang menjadi Pilihan

Selain itu, perlu juga melakukan riset dahulu terhadap jurusan yang dirasa minat dan cocok. Cari dan gali informasi sebanyak-banyaknya terkait jurusan kuliah yang tersedia. Pelajari dari masing-masing jurusan, seperti apa prospek alumninya, dan hal lainnya yang dirasa penting.

Setelahnya, lakukan study and compare. Buatlah perbandingan antara daftar pilihan dari jurusan tadi. Pelajari fakta-fakta yang sudah didapatkan untuk bisa menspesifik lebih lagi pada jurusan yang akan dipilih.

4. Melakukan Konsultasi dengan Tenaga Profesional

Cara lain yang bisa membantu untuk menemukan jawaban atas masalah ini yaitu dengan melakukan konsultasi pada orang yang ahli dalam bidangnya. Bisa mendatangi seorang psikolog pendidikan yang paham dan profesional untuk mengurai jawabannya.

Tentu seorang psikolog memiliki analisis yang ditemukannya sertai hasil tes yang telah diikuti. Tenaga profesional tentu memiliki kapasitas dan lebih berpengalaman dalam memberikan sudut pandang serta pengetahuan yang baru. Hasil riset tersebut bisa dijadikan bahan diskusi lebih lanjut.

5. Menghindari Pilih Jurusan karena Ikutan Teman

Salah satu yang terpenting dan harus diingat adalah ketika hendak memilih jurusan kuliah, janganlah memilih karena ikutan teman atau orang lain. Masih banyak orang yang memilih jurusan karena alasan ini. Padahal, yang akan menjalankannya adalah diri sendiri bukan orang lain.

Jika alasan memilih karena demikian, saat menjalankan perkuliahan ternyata jurusan tersebut tidak cocok dengan bidang yang diinginkan, tentu akan repot. Selama kegiatan belajar akan merasa kesulitan dan tertekan menjalaninya. Maka dari itu, pilihlah memang sesuai passion dan minat masing-masing.

6. Menentukan Ingin Berkarir di Bidang Apa

Tips ketika bingung milih jurusan kuliah lainnya yaitu bisa dengan menentukan ingin berkarir di bidang apa saat bekerja nanti. Ketika lulus pendidikan sarjana, bisa jadi akan melanjutkan pendidikan magister atau bekerja. Ada juga sebagian yang ingin berbisnis.

Oleh karena itu, pastikan sudah tahu jika kedepannya ingin berkarir di bidang apa. Ini bisa membantu untuk menemukan jurusan yang tepat agar bisa tercapai pekerjaan yang diinginkan. Peluang untuk bekerja di bidang yang selinier dengan jurusan perkuliahan tentu akan lebih besar.

7. Memilih Kampus yang Tepat

Selain jurusan untuk kuliah, jangan lupa untuk mempertimbangkan kampus mana yang akan dituju. Masuk ke kampus yang bergengsi tentu sebuah kesempatan yang sangat bagus dan tidak semua mendapatkan kesempatan tersebut. Pastikan jika jurusan yang diinginkan terdapat di kampus mana saja.

Lulusan dari suatu kampus ternama memberikan banyak keuntungan. Misalnya saja, terkadang perusahaan membuka lowongan pekerjaan dengan syarat tertentu, yakni lulusan dari perguruan tinggi tertentu. Jika pun tak tertulis, saat proses seleksi, alumni dari suatu perguruan tinggi besar tentu menjadi prioritas.

8. Memperhatikan Peluang Kerja

Terakhir, opsi untuk memilih jurusan bisa dengan memperhatikan prospek kerja kedepannya seperti apa. Telusuri dan risetlah, kira-kira di masa yang akan datang, jurusan apa yang sekiranya berguna dan memiliki peluang kerja yang bagus.

Ini cara yang bisa dilakukan jika merasa kebingungan saat memilih jurusan kuliah. Jurusan yang banyak digunakan serta dicari, pastinya memiliki peluang kerja yang bagus dan besar.

Itulah sejumlah tips saat bingung milih jurusan kuliah yang akan diambil. Sebagian orang pastinya mengalami hal yang serupa, maka dari itu, bisa ikuti beberapa tips di atas untuk atasinya.