Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Begini Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi dengan Mudah!

cara memperbaiki charger hp lambat mengisi


Kini, semakin banyak ditemukan beberapa pengguna yang mengalami masalah saat sedang mengisi daya baterai HP. Untuk cara memperbaiki charger HP lambat mengisi sendiri bisa dilakukan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Setidaknya ada tujuh cara yang nantinya bisa dijadikan sebagai rekomendasi terbaik untuk dicoba demi mengatasi masalahnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara yang dapat dilakukan berikut ini:

1. Mencoba Ganti Adaptor HP

Untuk cara yang pertama ini mungkin sempat membuat banyak orang ragu karena takut merasa ribet nantinya. Namun sebenarnya, cara pertama ini sangat direkomendasikan agar nanti proses pengisian daya baterai menjadi lebih mudah.

Setiap pengguna bisa memulainya dengan memeriksa adaptor dari charger HP apakah dalam kondisi yang baik. Diperiksa sejak awal apakah ada bagian fisik yang ternyata rusak atau malah komponen yang dalam.

Oleh karena itu, pengguna bisa mengatasi masalahnya dengan mencoba mengganti adaptor dari charger HP tersebut. Nantinya, proses pengisian daya baterai di HP yang dimiliki itu bisa dilakukan dengan lebih cepat sesuai keinginan.

2. Mematikan Ponsel Saat Pengisian

Kemudian ada cara yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk dicoba, saat charger HP lambat digunakan. Kali ini, caranya pun tak perlu memerlukan waktu yang lama apalagi sampai harga yang mahal.

Setiap pengguna hanya perlu mencoba untuk mematikan ponsel yang akan diisi daya baterainya sesuai ketentuan waktu. Selain itu, hindari untuk menggunakan  HP tersebut saat masih di-charge dan bisa berdampak pada prosesnya nanti.

3. Memeriksa Bagian Port USB

Ketiga, ada sebuah cara memperbaiki charger HP lambat mengisi lainnya yang jangan sampai tidak diketahui. Beda dari cara yang sebelumnya, cara ini mungkin dianggap lebih rumit bagi para pengguna yang pemula.

Untuk solusi yang ketiga ini, pengguna bisa memulainya dengan melakukan proses pemeriksaan di bagian port USB. Pasalnya, masih banyak pengguna yang meremehkan kondisi di bagian tersebut dan dibiarkan dalam kondisi kotor.

Jika ternyata benar menemukan bagian yang kotor di port USB, maka jangan dibiarkan saja nantinya. Bisa dimulai dengan mengambil sikat yang berukuran kecil saja untuk membersihkan port USB dan nanti dicoba lagi.

4. Mengganti Kabel USB Charger

Hampir mirip dengan cara yang pertama, ada solusi mengatasi charger HP lainnya yang terasa lambat. Pengguna kali ini bisa mencoba untuk mengganti bagian dari kabel USB yang dipakai oleh charger tersebut.

Belum lagi, tidak semua kabel USB yang dibeli terkadang asli sehingga lebih mudah untuk rusak. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan kabel USB yang dipakai memang cocok dengan bagian adaptor charger.

5. Menonaktifkan Aplikasi Banyak Daya

Selanjutnya, ada sebuah cara memperbaiki charger HP lambat mengisi lainnya yang bisa dicoba secara langsung. Jika ternyata charger berjalan lebih lambat dari biasanya, maka bisa mencoba untuk memeriksa aplikasi di HP.

Coba cari tahu mana saja aplikasi yang masih aktif dan digunakan oleh pengguna rutin setiap hari. Cari tahu mana saja aplikasinya yang memang bisa memakan daya baterai yang banyak dan rutin.

Jika sudah ditemukan daftar lengkapnya, maka bisa mencoba untuk tidak menggunakan aplikasinya saat sedang mengisi baterai. Bisa juga dengan mencoba untuk menonaktifkan aplikasi yang menghabiskan banyak daya sampai proses pengisian daya baterai selesai.

6. Melakukan Proses Update System

Jangan sampai tidak tahu juga, ada  cara yang mudah lainnya dengan mencoba melakukan proses update system. Kali ini, setiap pengguna harus mencoba cara yang waktunya lebih lama karena harus melalui proses pembaharuan sistem.

Untuk proses pembaharuan sistem di HP tersebut bisa memakan waktu yang sebentar atau lama sesuai kondisi. Selain itu, biasanya proses ini akan membantu untuk mengatasi beberapa bug yang muncul di HP sehingga charging melambat.

7. Mengganti Baterai HP Dahulu

Terakhir, sebuah solusi yang juga bisa dijadikan sebagai pilihan tepat adalah dengan memeriksa kondisi fisik baterainya. Setiap orang hanya perlu membuka bagian belakang dari HP dan cek apakah baterainya memang mengembang.

Jika ternyata kondisi baterai HP sudah tidak baik dan tidak dapat diandalkan, maka segera ganti. Namun tentu saja penting untuk mengganti produk baterai tersebut dengan model yang asli dan tidak palsu.

Demikian beberapa cara memperbaiki charger HP lambat mengisi tersebut yang bisa dicoba dengan mudah. Ada yang bisa dilakukan dengan mengganti baterai yang sudah rusak sampai pada melakukan proses pembaharuan sistem.