Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Begini Cara Mengembalikan Pesan email yang Terhapus Permanen, Ternyata Mudah!

cara mengembalikan pesan email yang terhapus permanen


Beberapa orang mungkin dibuat bingung dengan adanya pesan email yang sudah dihapus namun tidak bisa dikembalikan. Namun sebenarnya ada beberapa cara mengembalikan pesan email yang terhapus permanen yang sangat mudah dicoba.

Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa dicoba dengan begitu mudah dengan fitur khusus yang tersedia. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Memakai Gmail Recovery Tool

Pertama, ada sebuah cara yang sederhana yang bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan dari Gmail Recovery Tool. Jika tertarik untuk mengetahui caranya, maka silahkan simak panduan lengkap yang ada di sini dahulu:

  • Awali dengan menyiapkan browser yang akan dipakai di perangkat HP masing-masing. Setelah itu, silakan coba akses Gmail melalui browser yang sudah tersedia.

  • Masuk ke akun email yang dimiliki dan pastikan memang sudah benar. Cek apakah memang bagian email dan kata sandi memang benar dimasukkan.

  • Lalu hanya perlu akses bagian bernama Alat Pemulihan Pesan Gmail. Jika sudah, hanya perlu menekan bagian tahap selanjutnya di sana.

  • Tunggu sampai ada keterangan terkait proses yang dilakukan di sana. Pastikan proses recovery bisa dilakukan dengan baik dengan menekan bagian Lanjutkan.

  • Nanti proses pemulihan pesan di email akan berlangsung cukup lama sesuai kondisi. Jika berhasil, maka pesan terhapus bisa di cek langsung di bagian Inbox email.

2. Menggunakan Fitur Sampah di HP

Kali ini, ada sebuah rekomendasi cara mengembalikan pesan email yang terhapus permanen yang jangan sampai dilewatkan. Hanya saja, cara yang kedua ini lebih direkomendasikan untuk yang memakai HP saat mengembalikan pesan email:

  • Awali terlebih dahulu dengan masuk ke dalam aplikasi Gmail di HP. Lalu bisa cari bagian icon garis tiga dan langsung tekan di sana.

  • Nanti akan ada banyak menu yang sudah tersedia di sana. Hanya perlu mencari menu khusus yang dikenal dengan nama menu Sampah.

  • Saat bagian dari menu Sampah terlihat, akan ada banyak pesannya. Termasuk pesan-pesan yang sudah dihapus dalam kurun waktu yang lama.

  • Lalu tinggal pilih mana saja pesan yang dihapus yang akan dikembalikan. Jangan lupa pula untuk menekan menu Pindahkan yang sudah ditampilkan.

  • Nanti hanya perlu memindahkan pesan yang dihapus ke bagian pesan masuk. Lalu kembali ke akun Gmail dan cek apakah pesannya sudah ada.

3. Memanfaatkan Bantuan dari Google

Jangan sampai diabaikan untuk dicoba, ada cara yang lainnya yang mungkin bisa jadi solusi yang terbaik. Hanya saja, mungkin akan memerlukan waktu yang jauh lebih lama demi menikmati hasil pesan yang sudah dihapus:

  • Awali dengan memeriksa kontak yang resmi dari pihak Google terlebih dahulu. Bisa dimulai dengan mengecek alamat email bantuan yang sudah tersedia.

  • Kemudian bisa menjadikan alamat email itu untuk alamat tujuan memberikan pesan. Jangan lupa menambahkan pesan yang memang lengkap sesuai masalah yang dialami.

  • Lalu pastikan keterangan terkait pesan yang ingin dikembalikan itu sudah jelas. Jika semuanya siap, hanya perlu menekan tombol Kirim di bagian pesan email.

4. Memanfaatkan Bantuan Tim Dukungan Gmail

Kemudian ada cara mengembalikan pesan email yang terhapus permanen lainnya yang masih memerlukan bantuan Gmail. Hanya dengan beberapa langkah saja, nikmati tata cara untuk mengembalikan pesan yang dihapus permanen di sini:

  • Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menekan menu tim dukungan Gmail. Nanti pastikan dulu mendapatkan formulir yang ada dan sudah disediakan.

  • Jika sudah, cukup masuk ke akun gmail yang sudah dimiliki sebelumnya. Lalu pastikan semua data di formulir tersebut diisi sesuai dengan kenyataan.

  • Terutama di bagian penjelasan masalah, harus diungkapkan dengan lebih detail. Cek sekali lagi sebelum nanti dimasukkan dan dikirimkan ke bagian teknis.

  • Setelah menekan Submit, maka tunggu terlebih dahulu hasil dari formulir yang dikirimkan. Jika berhasil dikembalikan, maka bisa cek pesan yang dihapus permanen di Inbox.

Demikian beberapa cara mengembalikan pesan email yang terhapus permanen yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Ada yang bisa dilakukan dengan fitur yang khusus dan ada yang memakai bantuan dari Google