Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

6 Kampus Negeri Di Malang, Terbaik dan Terfavorit

Ikatan Cendikia | Kampus Negeri Di Malang | Malang menjadi salah satu tujuan utama untuk menempuh pendidikan tinggi. Tingginya persepsi masyarakat terhadap kualitas pendidikan didukung oleh keberadaan banyak universitas negeri di kota ini. 

 Ditambah lagi dengan keindahan tempat wisata yang ada di sekitar Malang, membuat banyak pelajar tertarik untuk melanjutkan studi di sana. Saat ini, ada enam universitas negeri yang berada di Malang. Semua universitas tersebut memiliki reputasi yang baik, dan minat para pelajar untuk bergabung sangat tinggi. 

Selain itu, tersedia juga beragam jurusan yang menarik minat. Hal ini mendorong semangat para pelajar untuk mendaftar di jurusan favorit mereka. Anda penasaran dengan universitas negeri apa saja yang ada di Malang dan jurusan-jurusannya yang diminati oleh banyak orang? Simak penjelasannya berikut ini! 

Kampus Negeri Di Malang 


1. Politeknik Pembangunan Pertanian Malang 

Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, sebuah institusi pendidikan negeri di Malang, dapat dianggap sebagai sebuah "hidden gem" di kota tersebut. Sebelumnya dikenal sebagai Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, politeknik ini telah menerima akreditasi B dari BAN PT.

 Politeknik Pembangunan Pertanian Malang menawarkan tiga jurusan: Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Agribisnis Peternakan, dan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan. 

 Saat ini, ada kesempatan besar dalam rekrutmen CPNS untuk penyuluh pertanian, mengingat Indonesia akan fokus untuk mengembalikan kejayaan sebagi negara agraris dalam beberapa tahun mendatang. 

2. Politeknik Negeri Malang (Polinema) 

Politeknik Negeri Malang (Polinema) merupakan kebanggaan bagi penduduk Malang. Di institusi ini, teknisi yang handal ditempa dan dilatih untuk menjadi profesional di bidangnya. Polinema telah meraih akreditasi A dari BAN PT. 

Polinema menawarkan 14 program studi D3 dan 11 program studi D4. Program studi yang paling diminati meliputi D3 Administrasi Niaga, D4 Teknik Informatika, dan D4 Akuntansi Manajemen, dengan lebih dari 3000 peminat pada saat pembukaan pendaftaran. 

3. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang 

Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang merupakan penyuplai utama tenaga kesehatan di Malang dan Jawa Timur. Hal ini tidak mengherankan mengingat institusi ini menawarkan kurikulum dan sistem pembelajaran yang unggul, menghasilkan tenaga kesehatan yang terampil dan profesional. 

Saat ini, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang menyediakan 4 jurusan dengan total 24 program studi. Beberapa jurusan yang baru dan menjanjikan peluang kerja yang besar meliputi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, D3 Asuransi Kesehatan, serta D3 Teknologi Bank Darah. 

4. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, atau yang dikenal sebagai Universitas Islam Negeri Malang, adalah sebuah institusi pendidikan tinggi yang berlokasi di Malang. Nama "UIN Malang" yang mencakup Maulana Malik Ibrahim diambil dari salah satu Walisongo yang terkenal, yaitu Sunan Gresik. Beliau merupakan figur utama dalam penyebaran agama Islam di wilayah Jawa. 

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah pusat pendidikan Islam yang menjadi kebanggaan masyarakat Malang. Institusi ini menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan sekaligus mendalami ajaran agama Islam. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah meraih akreditasi A dan diakui secara resmi oleh BAN PT. 

Dengan 8 fakultas dan 32 jurusan yang tersedia, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menawarkan beragam pilihan. Meskipun Kedokteran menjadi jurusan yang paling diminati, institusi ini juga menawarkan jurusan-jurusan dengan ciri khas keislamannya. 

 Namun, tidak tertutup kemungkinan bagi mahasiswa untuk memilih jurusan dari berbagai bidang, termasuk soshum dan humaniora. 

5. Universitas Negeri Malang (UM) 

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan kebanggaan bagi warga Malang. Sebagai salah satu institusi pendidikan ternama di Indonesia, UM telah berhasil melahirkan banyak guru berprestasi. Universitas Negeri Malang memegang akreditasi A yang mengukuhkan reputasinya. 

 Tidak mengherankan jika banyak program studi di UM juga memiliki akreditasi A. Dengan total 59 program studi, UM menawarkan beragam pilihan kepada mahasiswanya. 

Beberapa jurusan yang paling diminati antara lain Ilmu Kesehatan Masyarakat, Teknik Informatika, Psikologi, Pendidikan Guru SD, Akuntansi, dan Manajemen. Meskipun UM dikenal dengan slogan "Learning University", institusi ini juga menyediakan jurusan-jurusan di luar bidang pendidikan. 

6. Universitas Brawijaya (UB) 

Universitas Brawijaya (UB) telah menjadi institusi pendidikan terkemuka di Malang sejak lama hingga saat ini. Dikenal sebagai salah satu universitas negeri terbaik di kota ini, UB telah meraih akreditasi A yang menegaskan kualitasnya. Berita baiknya, sejumlah jurusan di UB juga telah mendapatkan akreditasi A, terutama pada jurusan-jurusan favorit. 

Tentu saja, Kedokteran adalah salah satu jurusan paling diminati di UB. Selain itu, jurusan-jurusan lain yang populer di antaranya Ilmu Hukum, Administrasi Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Komunikasi. Tidak jarang jumlah peminat yang mendaftar untuk SBMPTN mencapai lebih dari 2000 orang! 

Selain itu, UB juga menawarkan beberapa jurusan baru yang masih kurang dikenal, seperti D4 Manajemen Perhotelan dan D4 Desain Grafis. Meskipun relatif baru, jurusan-jurusan ini memiliki prospek karir yang cerah, itulah sebabnya UB memilih untuk menghadirkannya.