Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

9 Kampus Di Semarang, Pusat Pendidikan Di Kota Pesisir

Ikatancendikia.com | Kampus Di Semarang | Kota Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dan menjadi kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. 

 Selain itu, Semarang juga dikenal sebagai kota pesisir, yang membuat banyak hidangannya menggunakan ikan sebagai bahan utama, seperti Bandeng Presto. 

 Bandeng Presto Semarang pertama kali diperkenalkan oleh Hanna Budimulya pada tahun 1977 dan telah menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang terkenal. 

Kampus Di Semarang 

Kampus Di Semarang


1. Universitas Negeri Semarang (UNNES) 

UNNES atau Universitas Negeri Semarang hadir dengan visi menjadi kampus konservasi bertaraf internasional. 

 Visi ini berarti mengadopsi cara pandang dan perilaku yang berorientasi pada prinsip konservasi, seperti pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian, dan pengembangan sumber daya alam serta nilai-nilai sosial budaya. 

 Selain itu, UNNES bertujuan untuk memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi di tingkat internasional. 

2. Poltekkes Semarang 

Kampus ini berdiri pada tahun 2001, yang merupakan penyatuan 11 akademi kesehatan di bawah Departemen Kesehatan Indonesia di wilayah Jawa Tengah. Poltekkes Semarang adalah satu-satunya Politeknik Kesehatan yang memiliki Program Pascasarjana. 

Selain itu, pada tahun 2022, Poltekkes Semarang berhasil menduduki peringkat 1 sebagai Politeknik Kesehatan Kemenkes Terbaik versi Webometrics. 

3. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) 

Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) didirikan pada tahun 1999 berkat kerja sama para pemimpin Muhammadiyah di Jawa Tengah. 

 Kehadiran Unimus merupakan hasil penggabungan beberapa perguruan tinggi Muhammadiyah, seperti akademi keperawatan, akademi gizi, dan akademi analis kesehatan. 

 Oleh karena itu, studi di bidang kesehatan menjadi salah satu andalan di Unimus. Selain itu, Unimus juga memperluas jaringan kerja sama hingga ke Jepang. 

4. Universitas Semarang 

Kampus ini mulai dirintis pada 1987 dengan berdirinya Politeknik Semarang. Namanya resmi berubah menjadi Universitas Semarang pada tahun 1994 dan kini berada di bawah naungan Yayasan Alumni Universitas Diponegoro. 

 Untuk menghadapi persaingan global, 30% materi pembelajaran di Universitas Semarang disampaikan dalam Bahasa Inggris. Selain itu, para mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi dan informasi. 

5. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang 

Kampus ini berdiri pada tahun 1951 menggunakan nama Sekolah Pelayaran Semarang (SPS). Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah perguruan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 

 Politeknik ini menyediakan jurusan D4 Tata Laksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan, D4 Teknika, dan D4 Nautika. Para lulusan akan meraih gelar Sarjana Terapan Pelayaran (S.Tr.Pel.). 

6. Universitas Diponegoro (Undip) 

Awalnya, Universitas Diponegoro berdiri tahun 1957 dengan nama Universitas Semarang. Pada tahun 1960, nama tersebut resmi berubah menjadi Universitas Diponegoro (Undip). Undip merupakan salah satu kampus negeri unggulan yang memiliki banyak prestasi. 

 Beberapa di antaranya adalah meraih peringkat pertama dalam kategori THE Datapoints Impact Award pada acara Times Higher Education (THE) Asia Universities Summit 2022, serta menempati peringkat kesepuluh dalam daftar Top Universities in Indonesia 2023 oleh UniRank. 

7. Binus University Semarang 

Pasti sudah tidak asing dengan Universitas Bina Nusantara, atau Binus University. Kampus swasta ini memiliki lokasi yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Bandung, Malang, dan Semarang. 

 Kualitasnya sudah teruji dengan berbagai prestasi yang diraih, baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain mendapatkan akreditasi 'Unggul' dari BAN-PT, Binus University juga berhasil meraih gelar "World's 5-Star University" dari QS. 

Dengan segudang prestasi tersebut, alumni Binus memiliki peluang besar di dunia kerja. Bahkan, 75% lulusannya sudah bekerja sebelum wisuda, dan 65% di antaranya bekerja di perusahaan multinasional.

 Kampus ini juga menawarkan berbagai program dan kegiatan internasional untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman internasional. 

8. Universitas Dian Nuswantoro 

Kampus ini merupakan milik Yayasan Dian Nuswantoro Semarang, yang juga menjadi pemilik sejumlah sekolah tinggi: 

  • Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, 
  •  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, 
  •  Sekolah Tinggi Bahasa Asing, dan 
  •  Sekolah Tinggi Kesehatan. 

 Pada tahun 1990, semua sekolah tinggi ini resmi bergabung menjadi Universitas Dian Nuswantoro. Dalam penggabungan tersebut: 

  • STMIK menjadi Fakultas Ilmu Komputer, 
  • STIE menjadi Fakultas Ekonomi, 
  • STBA menjadi Fakultas Bahasa dan Sastra, dan 
  • STKes menjadi Fakultas Kesehatan, 
  • Dengan tambahan satu fakultas baru yaitu Fakultas Teknik. 

 Penggabungan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kelembagaan, sehingga menjadi organisasi yang lebih sehat dalam mengelola pendidikan. 

9. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang 

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang berafiliasi dengan agama Islam. 

 Di antara banyak universitas Islam di Indonesia, UIN Walisongo di Semarang memiliki reputasi yang setara dengan universitas negeri lainnya. Kampus ini mendapat nilai akreditasi B oleh BAN-PT 2015.