Ristek Brin Fasilitasi Publikasi Jurnal Melalui Portal Garuda

portal garuda jurnal keperawatan


Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia memberikan fasilitas kepada para dosen hingga peneliti untuk mempublikasikan jurnalnya melalui portal garuda. Portal garuda jurnal keperawatan hingga portal garuda judul skripsi apapun mudah diakses.


Portal Garba Rujukan Digital (Garuda) adalah wadah untuk peneliti dalam indeksasi hingga pemantauan standar kualitas publikasi yang ada di Indonesia. Portal yang dibuat oleh The Indonesian Publication Index ini memberikan akses yang mudah untuk memperolah referensi dalam riset dan lainnya.


Tidak hanya dalam memperoleh referensi, portal garuda juga memudahkan untuk mempromosikan riset pribadi yang sudah terindeks ISSN. Tentunya publikasi tersebut, bisa diakses dari dalam negeri hingga luar negeri. #khairpedia


Fasilitas Portal Garuda

Pada laman website portal Garba Rujukan Digital ini menyediakan 5 menu utama pada bagian atas. Menu pertama adalah home atau beranda yang memberikan informasi jumlah artikel hingga jurnal yang telah dipublikasikan.


Kemudian menu selanjutnya adalah publisher, yang mana menyediakan informasi instansi terkait yang telah mempercayakan publikasi jurnal ilmiahnya pada portal garuda. Kemudian menu selanjutnya adalah Journal/ Conference, yang mana didalamnya menyediakan pencarian jurnal berdasarkan per dokumen.


Tidak jauh berbeda dengan menu sebelumnya, menu subject juga menyediakan pencarian jurnal berdasarkan bidang ilmunya, seperti portal garuda jurnal keperawatan hingga pendidikan. Menu utama yang terakhir adalah suggest, menu yang menfasilitasi pengguna untuk indeksasi jurnalnya.


Sedangkan pada bagian bawah laman, terdapat menu untuk mengakses jurnal melalui simlitabmas ristekdikti, Scopus, Arjuna hingga Rama portal. Untuk scopus sendiri merupakan portal jurnal terkenal untuk publikasi internasional.


Jadi tidak hanya pada portal garuda jurnal keperawatan saja yang bisa diakses. Namun portal lainnya bisa dikunjungi untuk mengakses bidang yang sama.


Akses Portal Garuda Jurnal Keperawatan dan Lainnya

Terdapat berbagai subjek ilmu jurnal yang dapat diakses pada portal garuda, salah satunya bidang kesehatan. Terdapat 490 jurnal bidang keperawatan yang telah dipublikasikan melalui portal ini. Selain itu, untuk bidang ilmu teknik memiliki 664 jurnal yang telah terpublikasi melalui portal ini dan bidang ilmu lainnya.


Dalam mengakses portal garuda jurnal keperawatan dan lainnya tidaklah sulit, cukup mengunjungi laman https://garuda.ristekbrin.go.id/. Langsung mengarahkan kursor untuk mengklik menu subject pada bagian atas laman website. Setelah itu, dalam portal garuda jurnal akan terlihat berbagai subjek ilmu yang bisa diakses, salah satunya adalah nursing atau keperawatan.


Selama 1 hingga 2 detik, arahkan kursor pada bagian bawah laman website, yang mana terdapat pilihan jurnal sesuai bidang yang telah dipilih sebelumnya. Untuk mencari jurnal tertentu, bisa langsung saja mengecek sesuai dengan nama, ISSN atau EISSNnya.


Akses Portal Garuda Judul Skripsi

Selain mengakses sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, akses judul skripsi apapun juga bisa dilakukan. Mungkin dalam hal ini, terlebih dahulu sudah mengetahui jurnal yang akan dicari. Caranya tidak jauh berbeda dengan akses portal garuda jurnal keperawatan diatas.

portal garuda judul skripsi


Terlebih dahulu mengunjungi laman website yang sama seperti penjelasan sebelumnya, lalu langsung mengarahkan kursor untuk mengklik menu Journal/Conference. Saat sudah terbuka, akan tersedia menu pencarian sesuai dengan nama skripsi atau jurnal yang diinginkan.


Terdapat 12.443 yang telah terpublikasi pada protal garuda jurnal ini. Tersedia jurnal dari abjad A hingga Z yang bisa diakses dengan mudah. Setelah menemukan jurnal yang dicari, langsung klik saja pada nama jurnal tersebut. Kemudian akan muncul data jurnal beserta dengan semua daftar jurnal ilmiah didalamnya.


Akses per judul bisa langsung di klik saja nama yang tertera, maka akan tampil informasi beserta abstrak dari jurnal tersebut. Versi utuh juga disediakan pada link yang tertera di laman.


Indeks Jurnal di Portal Garuda

Jika memang tertarik untuk mengindeksasi jurnal di portal garuda, terlebih dahulu harus memenuhi beberapa syarat. Syarat utamanya adalah jurnal sudah memiliki nomor ISSN, selain itu jurnal yang akan di submit telah diterbitkan sekali dengan memiliki nomor issue.


Indeksasi jurnal di portal garuda juga bisa dimanfaatkan universitas dalam menyediakan wadah untuk mempublikasikan jurnal yang dimiliki dosen hingga mahasiswa. Data dosen hingga mahasiswa pastinya harus terdaftar dalam forlap ristek atau ristekdikti. Pada laman forlap ristekdikti, mahasiswa dan dosen terdata pada menu yang sama yaitu di statistik.


Setelah persyaratan semua telah terpenuhi, buka laman website kembali di https://garuda.ristekbrin.go.id/. Kemudian langsung pilih menu suggest pada bagian atas laman website. Selanjutnya, akan terlihat form untuk mengisi informasi jurnal yang akan diindeksasi.


Informasi dari form tersebut harus terisi dengan lengkap. Kemudian langkah selanjutnya adalah klik submit My Suggestion. Jurnal tersebut sudah berhasil di kirim ke portal garuda.


Ketika pengisian dianggap berhasil, akan dapat informasi melalui email terkait pemberitahuan. Setelah itu, pihak pengelola akan memutuskan layak atau tidaknya jurnal untuk diindeksasi pada portal garuda.


Tanpa perlu khawatir untuk mencari referensi ilmiah kedepannya, portal garuda bisa membantu dalam menyediakan referensi lengkap. Tidak hanya portal garuda jurnal keperawatan, namun portal garuda judul skripsi juga lengkap. #khairpedia

Baca Juga

LihatTutupKomentar