Tips Mencari Penerbitan Buku ber-ISBN yang Profesional

tips memilih penerbitan buku

IKATANCENDIKIA.COM - Hal yang paling diinginkan oleh seorang penulis yaitu tulisan dapat terbit menjadi sebuah buku dan banyak dibaca oleh orang lain. Sekarang ini banyak yang membuka jasa penerbitan buku. Baik penerbit mayor maupun penerbit minor.


Menerbitkan buku memang tidak semudah kedengarannya. Banyak prosedur yang perlu diperhatikan saat hendak menerbitkan buku. Salah satunya yaitu kode ISBN. Maka dari itu penulis perlu mencari jasa penerbitan yang ber-ISBN.


Dalam artikel ini terdapat beberapa cara untuk mencari jasa penerbitan yang ber-ISBN. Tetapi sebelum itu perlu kita ketahui apa itu ISBN dan bagaimana mendapatkannya.


Apa itu ISBN? - Memahami Pengertian ISBN

ISBN merupakan singkatan dari Internasional Standard Book Number. Dapat dikatakan bahwa ISBN ini merupakan kode atau nomor buku yang terletak pada bagian cover belakang. Nomor yang digunakan dalam buku terbitan ini memiliki jumlah 13 digit angka.


Pembuatan nomor ini bertujuan untuk mengidentifikasi buku yang akan diterbitkan. ISBN mencakup data yang terdapat dalam buku. Seperti judul buku, penerbitan, dan kelompok penerbit. Nomor ISBN dalam sebuah buku pasti akan berbeda dengan buku lainnya.


Lembaga yang memberikan nomor ISBN adalah Badan Internasional London, Inggris. Di Indonesia yang mengurus pemberian nomor ISBN yaitu Perpustakaan Nasional. Perpustakaan Nasional memiliki tugas untuk memberikan informasi mengenai pemberian nomor ISBN. Serta mencantumkan di Katalog Dalam Terbitan atau dapat disingkat KDT.


Jenis-jenis terbitan yang bisa mendapatkan nomor ISBN:

1. Buku monograf

2. Pamflet

3. Rekaman audio berupa DVD, dan CD

4. Software yang edukatif

5. Cetakan monograf yang disalin dalam bentuk digital

6. Terbitan elektronik, braille dan microform

7. Teks yang terkandung dalam mixed-media publications


Selain itu, juga terdapat terbitan yang tidak bisa mendapat nomor ISBN. Terbitan tersebut berupa:

1. Terbitan yang berjenis majalah, buletin, dan semacamnya

2. Game

3. Software yang bukan edukasi

4. Hasil rekaman musik

5. Kartu ucapan

6. Dokumen yang berisi data pribadi, seperti biodata dan sebagainya


Cara Mendapatkan ISBN dari Perpusnas

Ada du acara mendapatkan ISBN buku dari perpusnas. Pertama dengan cara mendiri melalui self publishing dan yang kedua dengan cara menggunakan penerbit buku Mayor. Berikut penjelasannya:


1. Menerbitkan Buku Secara Mandiri

Cara pertama mendapatkan ISBN pada buku adalah dengan cara menerbitkannya sendiri. Kendati demikian, kamu tidak bisa menerbitkan buku secara personal, namun tetap harus menggunakan bantuan penerbit buku indie atau sering dikenal dengan Self Publishing.


Penerbit buku self publishing bisa membantu para penulis untuk mendapatkan nomer ISBN pada karya tulisnya. Proses penerbitan buku melalui self publishing relative cepat, karena tidak ada proses seleksi naskah di dalamnya.


Yang ada hanyalah perbaikan naskah, mulai dari editing, layouting, desain cover hingga proses pencetakan. Kelebihannya penulis bisa mendapatkan ISBN secara cepat, dan bisa mencetak buku tanpa Batasan minimal cetak.


Penerbit Buku self publishing biasanya digunakan oleh dosen atau peneliti sebagai pelantara mendapatkan ISBN. Sebab, menerbitkan buku ber-ISBN bisa menambah angka kredit poin bagi dosen/peneliti secara cepat. Dengan demikian dosen/peneliti akan semakin mudah naik jabatan.


Ada banyak penerbit buku self publishing di Indonesia. Diantaranya adalah penerbitbuku.co.id yang fokus menerbitkan buku Pendidikan bagi dosen.

 

2. Menerbitkan Buku Secara Mayor

Untuk mendapatkan ISBN pada buku berikutnya adalah dengan cara mengirimkan naskah kepada penerbit buku Mayor. Kelebihannya adalah penulis bisa menerbitkan buku dengan pasar yang luas. Sebab, penerbit mayor biasanya melakukan minimal cetak diangka 1000 eksemplar.


Selain itu, menerbitkan buku secara mayor, kamu bisa mendapatkan pasar yang lebih luas. Karena buku yang sudah diterbitkan biasanya dipajang di took buku besar yang sudah terkenal, seperti Gramedia.


Namun, kekurangannya adalah tidak setiap penulis buku bisa menerbitkan secara mayor. Karena tulisan yang akan diterbitkan menjadi buku harus benar-benar berkualitas. Dan tentu, ini melalui tahap seleksi yang panjang.


Sehingga penulis tidak bisa mendapatkan ISBN dengan cepat, dan tidak bisa mencetak bukunya sesuai kebutuhan.


Tips Sebelum Memilih Jasa Penerbitan Buku ber-ISBN

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipahami penulis, sebelum menerbitkan naskah menjadi buku ber-ISBN


1. Penulis Harus Memahami ISBN Dan Prosedurnya

Seperti yang yang telah dibahas sebelumnya, ISBN merupakan singkatan dari Internasional Standard Book Number. ISBN berisi kode unik sebanyak 13 digit. Biasanya terletak pada cover belakang bagian bawah.

 

Membuat ISBN tidak dapat sembarangan. Maka kamu perlu mencari penerbit yang bisa mengurusnya. Penerbit buku yang dapat mengurus ISBN adalah penerbit yang telah teregristrasi di Perpustakaan Nasional seperti penerbitbuku.co.id.

 

Untuk membuat nomor ISBN, penerbit perlu mengirimkan berkas ke Perpustakaan Nasional. Kemudian, perpustakaan nasional mengirimkannya ke Badan Internasional yang berada di London, Inggris untuk segera diproses.

 

2. Mencari Penerbit Yang Dapat Mengurus ISBN dengan Baik

Tips mencari jasa penerbitan buku yang kedua yaitu penulis perlu mencari informasi mengenai penerbit yang memiliki kemampuan baik dalam mengurus ISBN. Karena ISBN ini sangat penting untuk buku, maka penulis harus benar-benar memastikan bahwa penerbit yang dituju dapat mengurus ISBN tersebut dengan baik.

 

Sekarang ini, banyak sekali jasa penerbitan buku yang ada. Pastikan penerbitan yang dipilih benar-benar yang sudah berpengalaman. Tentunya harus sudah jelas legalitas perusahaannya.

 

3. Persiapkan Berkas Untuk ISBN

Tips selanjutnya yaitu menyiapkan berkas untuk mengurus ISBN. Setelah kamu menemukan penerbit yang sesuai, maka segeralah menyiapkan berkas yang diperlukan.

 

Saat hendak menerbitkan buku yang ber-ISBN, pihak penerbit akan memberikan syarat yang harus dipenuhi dan biaya yang dibutuhkan. Saat kamu telah mendapat informasi tersebut, segera persiapkan semua agar buku kamu segera diproses.

 

Jika semua berkas permohonan selesai, penerbit akan langsung memproses buku kamu untuk diterbitkan. Buku yang telah memiliki ISBN, dapat dipasarkan dan dibaca oleh orang di seluruh dunia.


Itu dia beberapa cara untuk memilih jasa penerbitan buku ber-ISBN. Buat kamu yang ingin menerbitkan buku yang ber-ISBN, sebaiknya pilih penerbitan yang memiliki kompeten dalam hal ISBN seperti penerbitbuku.co.id. Cara diatas mungkin dapat dicoba untuk bisa mendapatkan penerbitan yang baik. Semoga bermanfaat ya. (Penulis : Tyas Nurul Hidayah)

#khairpedia

Baca Juga

LihatTutupKomentar