5 Universitas Swasta Jurusan DKV Terbaik di Indonesia, Terakreditasi A

universitas swasta jurusan dkv terbaik di indonesia

Jurusan DKV merupakan singkatan dari desain komunikasi visual menjadi jurusan banyak peminat di Indonesia. Jika gagal mendapatkan jurusan ini di Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, tidak perlu bersedih dulu. Karena banyak universitas swasta jurusan DKV terbaik di Indonesia. Tidak kalah dengan TN, universitas swasta ini juga sudah mengantongi akreditasi A.


Khususnya untuk jurusan DKV nya sendiri dijamin sudah memiliki akreditasi A. Seperti 5 universitas swasta yang akan diulas di bawah ini. Universitas ini bisa membuktikan diri jika jurusan DKV mereka tidak kalah dengan jurusan DKV PTN dan sudah mengantongi akreditasi tertinggi. Berikut ini diantaranya:


1. IKJ (Institut Kesenian Jakarta)


Seperti namanya,  IKJ fokus pada pendidikan bidang seni. Tidak heran jika DKV menjadi salah satu jurusan yang ada di IKJ. DKV sendiri merupakan bagian dari Fakultas Seni Rupa dalam IKJ. Sejak tahun 2019 lalu, jurusan ini sudah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT. Akreditasi ini dipastikan akan tetap berlaku hingga tahun 2024 mendatang.


Sebagai kampus yang berfokus pada pendidikan kesenian. Tidak perlu diragukan lagi, materi dan pendidikan desain komunikasi visual di kampus ini. Pasti bisa mendukung mahasiswanya untuk berkreativitas dan menjadi orang yang kompeten di bidangnya.


2. Telkom University


Universitas swasta jurusan DKV terbaik di Indonesia selanjutnya dimiliki oleh Telkom University atau Universitas Telkom. Peringkat A pada jurusan satu ini sudah diberikan oleh BAN-PT sejak tahun 2017 lalu. Hal ini membuktikan bahwa kualitas jurusan DKV Telkom University sudah diakui sejak lama.


Berbeda dengan IKJ, jurusan DKV di Telkom University masuk ke dalam bagian Fakultas Industri Kreatif. Selain itu terdapat 5 fakultas lain di universitas swasta satu ini dengan cabang ilmunya masing-masing. Mulai dari ilmu teknik sampai ilmu sosial rata-rata jurusan di Telkom University sudah memiliki akreditasi yang cukup baik. #khairpedia


3. Universitas Tarumanegara


Menjadi bagian dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, jurusan ini di Universitas Tarumanegara sudah meraih akreditasi A dari BAN-PT. Pada jurusan ini, para mahasiswanya diharapkan untuk memiliki keterampilan. Utamanya pada bidang memadukan elemen kesenian visual mulai dari citra, huruf, sampai bahasa pada teknologi digital maupun cetak.


Universitas swasta yang sudah berdiri dari tahun 1959 ini berdiri dengan nama Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanegara. Kemudian berkembang bentuknya menjadi Universitas, seiring dengan bertambahnya cabang ilmu yang diajarkan pada lembaga pendidikan satu ini.


4. Universitas Kristen Petra (UKP)


Jurusan Desain Komunikasi Visual terbaik berikutnya dimiliki oleh Universitas Kristen Petra. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1961 ini memiliki 4 fakultas saja yaitu fakultas Bahasa dan Sastra, Teknologi Industri, Teknik Sipil, dan yang menjadi unggulannya adalah Bisnis dan Ekonomi.


Jurusan DKV pada Universitas Kristen Petra memiliki dua program lagi di dalamnya. Program pertama adalah program International digital media kemudian selanjutnya adalah desain fashion dan tekstil. Program yang kedua memfokuskan desain dan kemampuan mahasiswa di bidang fashion.


5. Universitas Dian Nuswantoro


Universitas Dian Nuswantoro sudah mengantongi akreditasi A untuk jurusan DKV sejak tahun 2017. Berdiri dari tahun 1990, universitas swasta satu ini berhasil bertahan dan saat ini sudah memiliki 5 fakultas.Mulai dari bidang teknik, sosial, ekonomi, sampai bidang kesehatan. Jurusan DKV sendiri bergabung dengan Fakultas Ilmu Komputer di Universitas ini. #khairpedia


Itulah 5 universitas swasta jurusan DKV terbaik di Indonesia. Kelima universitas di atas bisa menjadi pilihan para mahasiswa baru yang ingin kuliah di jurusan DKV. Tidak perlu khawatir, karena kualitas dan akreditasinya setara dan tidak kalah saing dengan perguruan tinggi negeri.

Baca Juga

LihatTutupKomentar