Ini 5 Jurusan UI yang Sepi Peminat dan Berpeluang Dimasuki

jurusan ui yang sepi peminat


Bagi calon mahasiswa yang bermimpi untuk menjadi mahasiswa Universitas Indonesia atau UI. Tidak ada salahnya untuk menjajal masuk pada jurusan UI yang sepi peminat. Karena dengan mendaftar pada jurusan-jurusan ini. Artinya harapan untuk masuk masih sangat tinggi.


Apalagi jurusan yang sepi peminat itu artinya persaingan mencari kerja tidaklah seketat jurusan dengan banyak peminatnya. Bisa saja karir setelah lulus akan menjadi cerah karena bisa cepat mendapatkan kerja. Apalagi jika lulusannya dari Universitas Indonesia, jurusan apa saja yang masih sepi peminat di UI. Ini adalah ulasannya:


1. Jurusan Ilmu Ekonomi Islam di FEB UI


Untuk calon mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UI. Bisa menjajal untuk tes masuk ke jurusan Ilmu Ekonomi Islam. Peminat jurusan ini dari tahun ke tahun memang menjadi lebih banyak.


Namun jika dilihat jumlahnya jumlahnya belum pernah sampai 300 pendaftar sehingga peluangnya pasti masih sangat besar.Pada tahun 2019 saja pendaftarnya hanya 188 orang di jalur SNMPTN dan 297 orang di jalur SBMPTN. Sayangnya, jurusan ini masih menjadi jurusan dengan akreditasi C di UI.


2. Arkeologi Indonesia di FIB UI


Jika ada calon mahasiswa yang memiliki passion di bidang penelitian artefak bisa mendaftar di jurusan Arkeologi Indonesia. Jurusan ini menjadi bagian dari fakultas Ilmu Budaya di Universitas Indonesia. Langkah calon mahasiswa juga semakin mudah karena jumlah peminat jurusan ini di UI sangatlah rendah.


Bahkan jumlah pendaftarnya tidak pernah lebih dari 400 orang. Pada jalur SNMPTN pada tahun 2019 misalnya hanya ada 141 pendaftar. Sedangkan untuk jalur SBMPTNnya hanya 366 pendaftar. Padahal jurusan ini sudah terakreditasi A sejak tahun 2018.


3. Jurusan Sastra Indonesia di FIB UI


Termasuk bagian dari fakultas Ilmu Budaya di Universitas Indonesia juga. Walaupun tinggal di Indonesia sepertinya tidak banyak orang yang tertarik dengan jurusan Sastra Indonesia. Hal ini membuat jurusan UI satu ini juga termasuk yang paling sepi di Universitas Indonesia.


Contohnya saja pada tahun 2019 lalu, jurusan ini hanya punya 217 pendaftar di jalur SNMPTN. Jumlah peminat di jalur SBMPTN memang banyak namun hanya 292 pendaftar saja. Padahal sudah dari tahun 2018 jurusan ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT.


4. Ilmu Sejarah di FIB UI


Jurusan UI yang sepi peminat selanjutnya masih berasal dari Fakultas Ilmu Budaya yaitu jurusan Ilmu Sejarah. Sudah terakreditasi A sejak tahun 2017, tidak membuat jurusan ini dilirik banyak pendaftar.


Contohnya saja pada tahun 2019 kemarin di mana jurusan ini hanya diminati oleh 154 pendaftar saja di jalur SNMPTN. Pada Jalur SBMPTNnya ada lebih banyak orang yang mendaftar yaitu sebanyak 357 pendaftar.


5. Jurusan Teknik Mesin di Fakultas Teknik UI


Walaupun merupakan jurusan yang dinilai cukup sulit dan berada di bidang yang memiliki peminat tinggi. Namun ternyata jurusan Teknik Mesin di Fakultas Teknik UI malah termasuk yang sepi dengan pendaftar. Hal ini bisa ditinjau dari pendaftaran yang dibuka pada tahun 2019 lalu.


Pada saat itu di jalur SNMPTN hanya ada 233 pendaftar saja yang melamar di jurusan ini. Pada jalur SBMPTN pun jalurnya tidak jauh berbeda di mana hanya ada 295 pendaftar yang tercatat melamar di jurusan ini. Padahal jurusan ini sudah memiliki akreditasi A sejak tahun 2015 lalu.


Itulah 5 jurusan UI yang sepi peminat, ternyata masih ada harapan untuk para calon mahasiswa. Agar bisa menjadi bagian dari kampus terbaik di Indonesia satu ini. Karena itu jangan menyerah terlebih dahulu.

Baca Juga

LihatTutupKomentar