Ini 5 Tips Lolos Ujian Mandiri, Jangan Patah Semangat Dulu

tips lolos ujian mandiri

Jika gagal di jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN, para calon mahasiswa masih punya harapan untuk masuk dengan jalur mandiri. Walaupun sering dianggap jalur terakhir yang sulit ditempuh untuk masuk PTN, namun jangan putus asa. Ada beberapa tips lolos ujian mandiri yang bisa dilakukan.


Masuk ke PTN impian bukanlah hal yang mudah. Walaupun banyak jalur yang disediakan untuk tes masuk. Namun dengan ketatnya persaingan dan terbatasnya kuota yang tersedia, tidak semua orang akhirnya bisa berhasil menjadi bagian PTN yang diidamkan. Namun, jangan terburu untuk patah semangat. Berikut ini tersedia tips-tips yang bisa dilakukan dan diketahui, agar nantinya para calon mahasiswa sukses menembus ujian mandiri:


1. Menggali Lebih Dalam Informasi Mengenai Universitas dan Jurusan Target


Informasi adalah kunci dari segalanya, karena itu sebelum mengikuti ujian carilah informasi sedalam mungkin mengenai universitas dan jurusan yang menjadi tujuan. Mulai dari kapasitas murid yang diterima melalui jalur mandiri. Kemudian jumlah pelamar pada tahun-tahun sebelumnya, hingga peluang masuknya untuk masukan jurusan tersebut.


Tidak ada salahnya untuk menghubungi senior-senior yang sudah masuk ke universitas atau jurusan yang menjadi target. Apalagi jika senior tersebut juga masuk melalui jalur mandiri, sehingga terdapat gambaran yang jelas mengenai apa yang dihadapi.


2. Mencari Jurusan dengan Peluang Masuk Paling Besar


Jurusan yang dipilih juga akan sangat menentukan penerimaan mahasiswa baru. Karena itu perlu diterapkan strategi agar peluang untuk masuk kampus impian menjadi lebih besar. Masih berkaitan dengan tips sebelumnya dengan mencari informasi yang mendalam mengenai kampus dan jurusan.


Para calon mahasiswa jadi lebih mengetahui, jurusan mana yang paling berpeluang. Hal ini bisa dilihat dari kursi yang disediakan dan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar. Melalui perbandingan kedua jumlah tersebut. Dapat terlihat peluang masing-masing jurusan untuk dimasuki.


3. Menyiapkan Dana yang Cukup


Tips lolos ujian mandiri selanjutnya adalah menyiapkan dana yang cukup. Memang jika dibandingkan dengan jalur tes yang lainnya. Jalur mandiri akan lebih banyak menelan biaya. Apalagi biaya yang dikenakan jalur ini akan relatif lebih mahal daripada yang diterima melalui jalur lainnya. Seperti jalur SBMPTN dan jalur SNMPTN.


Karena itu sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke jalur mandiri. Perlu dipikirkan kembali apakah ada dana yang cukup untuk melanjutkan. Tidak hanya sekedar sampai di tes saja namun juga sampai di kegiatan akademiknya. Karena tes melalui jalur mandiri ini akan dikenakan cukup banyak biaya dibandingkan jalur lain.


4. Mempelajari Ulang Soal Ujian SBMPTN


Banyak kampus yang menjadikan nilai SBMPTN sebagai patokan penerimaan. Beberapa kampus akan menyelenggarakan tes ulang untuk menguji kelayakan. Untuk kampus yang mengadakan ujian lagi. Tidak ada salahnya bagi calon mahasiswa untuk mempelajari ulang soal dari SBMPTN.


Karena selain nilai, standar soal yang diujikan di SBMPTN biasanya juga menjadi patokan penerimaan tes ujian mandiri. Karena itu sangat disarankan untuk mempelajari ulang soal-soal yang diujikan pada SBMPTN.


5. Tetap Fokus dan Optimis


Walaupun sudah gagal di tahap yang sebelumnya, bukan berarti calon mahasiswa adalah orang-orang yang gagal. Hanya belum memiliki kesempatan yang sama saja dengan orang lain. Karena itu saat mengikuti ujian mandiri. Calon mahasiswa harus tetap optimis dan percaya diri.


Selain itu walaupun ujian mandiri selalu dianggap lebih mudah daripada jalr tes yang lainnya. Calon mahasiswa juga tidak boleh terlalu meremehkannya. Harus tetap fokus dan berusaha dengan tujuan. Itulah 5 tips lolos ujian mandiri karena itu jangan patah semangat lebih dahulu. Masih banyak kesempatan untuk mewujudkan impian kuliah di kampus idaman. Karena itu jangan menyerah lebih dulu.

Baca Juga

LihatTutupKomentar