Tips Lulus SNMPTN Paling Mudah Dijamin Lulus

tips lulus snmptn

Menjadi seorang mahasiswa merupakan impian banyak orang. Berbagai cara pun dilakukan demi bisa memasuki dunia perkuliahan. Salah satu jalur untuk dapat masuk ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) adalah SNMPTN atau lebih sering disebut dengan jalur nilai raport. Beberapa tips lulus SNMPTN harus diperhatikan berikut ini:


1. Lihatlah Grafik Nilai Raport


Pertama yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa adalah dengan melihat nilai raport terlebih dahulu. Nilai yang digunakan adalah dari semester 1 sampai semester 5. Pastikan nilai tersebut grafiknya naik terus setiap semesternya. Apabila ada yang turun namun hanya sedikit dan satu semester saja tidak masalah.


Perhatikan pula nilai yang paling tinggi dalam raport tersebut untuk dipertimbangkan ketika akan memilih jurusan. Pendaftaran menggunakan raport ini merupakan jalur yang paling mudah dibandingkan dengan jalur lainnya karena tidak perlu pusing mengerjakan tes. Cukup lihat nilai dan pertimbangkan jurusan apa yang ingin diambil berdasarkan nilai raport tersebut.


2. Siapkan Piagam Prestasi yang Dimiliki


Bagi calon mahasiswa yang ingin memasuki perguruan tinggi, penting sekali melampirkan portofolio berupa piagam prestasi yang pernah didapat. Penting sekali melampirkan piagam ini agar dianggap lebih unggul dibandingkan peserta yang lainnya. Pastikan pula bahwa piagam yang dilampirkan selaras dengan jurusan yang dipilih.


Calon mahasiswa yang masih duduk dibangku kelas 10 ataupun kelas 11 bisa memperhatikan tips lulus SNMPTN ini dengan mengoleksi banyak penghargaan. Manfaatkanlah sisa waktu yang dimiliki untuk mengikuti perlombaan baik tingkan provinsi maupun nasional. Pilihlah perlombaan yang sesuai dengan bakat dan juga minatnya.


3. Pilihlah Jurusan dan Universitas yang Tepat


Jurusan yang diminati tentu sudah sangat hafal sekali, namun ternyata banyak pertimbangan lain yang harus diperhatikan. Jumlah pendaftar, peluang masuk jurusan tersebut, daya tampung jurusan tersebut, nilai orang yang sudah diterima, hingga perguruan tinggi mana yang cocok tidak boleh dilupakan. Poin-poin tersebut sangat vital sekali dalam pendaftaran SNMPTN.


Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai jurusan yang diminati beserta dengan prospek kerjanya. Hal tersebut memang harus diperhatikan dengan baik karena berhubungan dengan masa depan. Jangan lupa juga cari tahu mata kuliah apa saja yang ada pada jurusan tersebut sehingga calon mahasiswa tidak merasa tertekan ketika sudah mulai kuliah.


4. Memilih Jurusan Cadangan


Tak boleh egois dalam memilih jurusan ini karena dengan banyaknya peminat di jurusan tersebut akan memperkecil peluang untuk bisa memasukinya. Alternatif yang paling tepat adalah dengan memilih jurusan cadangan yang masih memiliki ranah yang sama. Poin yang perlu ditekankan adalah pemilihan jurusan cadangan ini harus sesuai dengan bakat dan minat agar tidak salah masuk jurusan.


5. Pantau Terus Jadwal Pendaftaran


Jadwal pendaftaran biasanya akan diberitahu oleh sekolah, namun tidak ada salahnya jika sering mengeceknya sendiri melalui website resminya. Dengan mengetahui jadwal pastinya, tentu calon mahasiswa tidak akan tertinggal informasinya. Siapkan pula berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran agar tidak ada yang terlupakan.


Biasanya pendaftaran SNMPTN dibuka sebelum Ujian Nasional dimulai sehingga harus dipersiapkan sejak awal semester 2. Jalur SNMPTN ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan karena tidak semua orang dapat masuk sehingga harus melirik jalur yang lainnya juga. SBMPTN merupakan jalur kedua yang bisa dipilih.


Kelima tips lulus SNMPTN tersebut harus diperhatikan oleh calon mahasiswa agar bisa masuk melalui jalur ini. Persiapan yang matang sejak duduk dibangku SMA merupakan langkah yang tepat karena nilai raport dari semester 1 sampai 5 menjadi acuan utamanya. Jadi, jangan sampai bermalas-malasan ketika bersekolah.

Baca Juga

LihatTutupKomentar