Ingin Masuk PTN Tanpa Tes? Ini Tips Lulus SPAN PTKIN yang Harus Diperhatikan

tips lulus span ptkin

Untuk bisa berkuliah di Perguruan Tinggi (PT) idaman memang harus mengikuti proses seleksi. Terdapat berbagai macam seleksi guna masuk ke PT idaman, salah satu diantaranya ialah SPAN PTKIN. Jika lolos calon mahasiswa dapat masuk ke perguruan tinggi Islam yang menyediakannya. Untuk calon mahasiswa yang berminat masuk ke PT Islam, tips lulus SPAN PTKIN tidak hanya patut diketahui tetapi harus dilaksanakan dengan baik dan tepat seperti arahan.


Terdapat beberapa poin yang memang perlu diperhatikan calon mahasiswa agar lolos. Tips berikut dikumpulkan dari mereka yang sudah lolos ujian di jalur undangan tersebut. Langsung saja simak tips berikut:


1. Tepat Memilih Jurusan Kuliah


Barangkali tips lulus SPAN PTKIN yang paling mendasar adalah memilih jurusan. yang terbaik adalah jurusan yang sinkron dengan jurusan sewaktu di SMA. Terlalu riskan untuk melakukan lintas jurusan karena bisa ada kemungkinan gagal di tes masuk.


Jadi kalau di SMA jurusannya IPA, lebih baik memilih jurusan yang berkaitan dengan teknik, science, medis sebagai contohnya. Bagi yang di SMA jurusannya IPS bisa memilih jurusan sastra, bahasa, sosiologi, jurnalistik dan sebagainya. Dengan memilih jurusan yang sudah dipelajari di Sma, kemungkinan lolos lebih besar.


2. Memperhatikan Passing Grade Jurusan Pilihan


Adapun yang dimaksud dengan passing grade ialah tingkatan kemungkinan lolos di suatu jurusan. Jadi hal ini teramat penting untuk diperhitungkan. Makin populer sebuah jurusan, biasanya peminatnya juga makin besar. Bila bertekad memilih jurusan dengan peminat besar sedangkan portofolio diri hanya di kisaran standar, resiko gagal akan besar.


Bila mungkin selaraskan passing grade jurusan yang dipilih dengan kemampuan diri. Ingat ketatnya persaingan calon mahasiswa. Perhitungan matang amat dibutuhkan. Agar diterima sebaiknya memilih jurusan yang passing grade-nya terjangkau.


3. Memperhitungkan Faktor Alumni Sekolah


Tips lulus SPAN PTKIN selanjutnya memberi perhatian pada pengaruh alumni dari SMA calon mahasiswa. Ternyata pengaruh dari faktor ini sangat besar dan ini tidak disangka-sangka oleh calon mahasiswa. Peluang calon bisa besar bila alumni SMA-nya yang sudah berkuliah di PT pilihan punya catatan baik di jurusan pada kampus yang dipilih.


Dari sisi sekolah, bila akreditasi dan peringkat dari SMA atau SMK baik, kemungkinan lolos akan semakin meningkat. Logikanya universitas atau PT pasti mau memilih mahasiswa yang baik. Karena itu prestasi akademik alumni dan sekolah jadi suatu faktor pertimbangan yang penting.


4. Melakukan Pemeringkatan Jurusan dengan Tepat


Meletakkan dengan tepat urutan peringkat jurusan amat penting juga untuk diperhatikan dan dilakukan dengan cermat. Masih ada banyak kesalahan saat melakukan pemeringkatan. Saat mengurutkan, calon mahasiswa harus memastikan yang berada di urutan satu ialah jurusan yang paling diminati, paling tinggi passing grade-nya, juga terbanyak saingannya.


Jurusan kedua yang diminati sebaiknya masih punya hubungan dengan jurusan di SMA dan jurusan pertama. Taruh jurusan yang passing grade-nya rendah pada urutan paling akhir. Tiga urutan ini mesti benar supaya peluang lolos jadi lebih tinggi.


5. Lengkapi Persyaratan yang Diperlukan


Kelengkapan berkas persyaratan ialah hal akhir dari tips lulus SPAN PTKIN yang tidak bisa diabaikan. Walau hal nomor satu sampai empat sudah dipenuhi, nilai dan prestasi bagus, bila berkas tidak lengkap semua hal lain akan menjadi sia-sia. Berkas tidak lengkap membuat calon gugur. Karena itu pastikan semua berkas sudah lengkap.


Demikian tadi tips lulus SPAN PTKIN yang harus disimak dan diikuti. Kelima hal diatas sangatlah penting, hingga tidak ada satupun yang bisa ditinggalkan. Tiap poin punya pengaruh di tiap tahap seleksi. Seringkali calon mahasiswa gagal sebab ada satu faktur yang diabaikan. Sebaiknya calon mahasiswa melakukan persiapan kelima hal tersebut secara teliti agar dapat lolos sesuai dengan yang dicita-citakan.

Baca Juga

LihatTutupKomentar