-->

Berkenalan Dengan Politeknik Meta Industri dan Jurusan Andalannya


Dari berbagai macam pendidikan tinggi, Politeknik adalah salah satu jenis yang lumayan banyak memiliki peminat. Jika dibandingkan dengan Universitas, Politeknik dianggap lebih banyak memberikan pengalaman kerja. Artikel kali ini akan membahas salah satu Politeknik di Indonesia yang belum banyak diketahui yaitu Politeknik Meta Industri.

Apa Itu Politeknik Meta Industri?

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih lanjut, ada baiknya untuk mengenal identitas kampus terlebih dahulu. Politeknik Meta Industri yang beralamatkan di Lippo Cikarang Bekasi ini didirikan pada tahun 2011. Kemudian Politeknik ini telah terdaftar dalam PDDikti sejak tahun 2014 dan diresmikan oleh Menteri Ristekdikti pada tahun 2015.

Politeknik yang bergerak dalam naungan Yayasan META Edutech ini mengusung model pendidikan tinggi diploma III. Karenanya bisa dikatakan kampus ini adalah kampus khusus untuk pendidikan vokasi. Seperti kebanyakan sekolah vokasi, Meta Industri juga memfokuskan mahasiswanya untuk terus meningkatkan soft-skill dan hard-skill.

Program Studi yang Disediakan dan Akreditasi

Hingga saat ini, kampus ini menyediakan 3 program studi unggulannya. Yang pertama adalah program studi Farmasi. Jurusan ini cocok bagi para mahasiswa yang tertarik dalam dunia farmasi dan obat-obatan. Dengan mengambil program D3 Farmasi, mahasiswa akan diterjunkan langsung untuk bekerja sebagai ahli farmasi.

Selanjutnya adalah prodi D3 Teknik Industri. Program studi ini mengarahkan mahasiswa untuk melakukan studi dan penelitian tentang sumber daya dan Inovasi dalam pembangunan. Yang terakhir adalah D3 Teknik Komputer. Dalam program studi ini, mahasiswa dilatih untuk menjadi tenaga profesional komputer untuk keperluan Industri.

Secara keseluruhan, Meta Industri menyandang peringkat akreditasi Baik Sekali atau biasa dilambangkan dengan B. Peringkat Akreditasi ini telah diperbarui berdasarkan BAN PT & LAMP-TKES. Akreditasi kampus terakhir dilaksanakan pada tahun 2018.

Bersamaan dengan akreditasi kampus, dilakukan pula akreditasi jurusan pada tahun yang sama yaitu 2018. Program Studi Farmasi mendapatkan peringkat akreditasi C. Sama seperti Farmasi,  prodi Teknik Industri Terakreditasi  C. Program Studi Teknik Komputer sejauh ini masih paling unggul dengan peringkat akreditasi B.

Civitas Akademika dan Partner Kampus

Untuk pendukung proses pembelajaran, Meta Industri memiliki dosen tetap sebanyak 22 orang. 12 orang diantaranya adalah laki-laki dan 10 lainnya perempuan. Seluruh dosen pengajar di politeknik ini telah memenuhi syarat sebagai dosen dengan pendidikan minimal S2. Politeknik ini juga memiliki 4 orang dosen tidak tetap untuk mendukung pembelajaran.

Kemudian, kampus ini memiliki 553 orang mahasiswa yang tercatat. Mahasiswa laki-laki sejumlah 375 orang dan mahasiswa perempuan 178 orang. Dari jumlah total yang disebutkan, 166 diantaranya adalah mahasiswa baru tahun pertama. 3 Mahasiswa telah berhasil lulus dari politeknik ini. Sisanya masih merupakan mahasiswa aktif.

Untuk mendukung berlangsungnya pembelajaran dan praktek, Meta Industri bekerja sama dengan beberapa partner. Untuk mendukung pembelajaran prodi Farmasi, kampus bekerja sama dengan beberapa perusahaan farmasi terkemuka. Perusahaan tersebut antara lain Ferron, Kimia Farma, PT. Global Genetika Indonesia(Genetics), dan PT. Pharos Indonesia.

Untuk prodi Teknik Industri, kampus juga menjalin kerjasama dengan perusahaan bisnis di berbagai bidang. Perusahaan tersebut adalah PT. Dharma Polimetal, Triputra Group, MAD, dan PT. trimitra Chitrahasta. Serta untuk mendukung program studi Teknik Komputer, lembaga yang diajak bekerjasama adalah COMTRONICS yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Dengan akreditasi dan fasilitas yang dimiliki, Politeknik Meta Industri bisa dijadikan sebagai pilihan pendidikan tinggi. Jurusan yang disediakan oleh politeknik ini juga mutakhir dan sesuai dengan kebutuhan zaman modern ini. Meski masih terhitung baru, Politeknik ini bisa menjadi rujukan untuk pendidikan lanjutan sesuai bidangnya.


Baca Juga

LihatTutupKomentar