Digitalisasi Pendidikan

digitalisasi-pendidikan-adalah

Digitalisasi pendidikan adalah upaya untuk mendukung proses belajar mengajar melalui media online, tanpa harus mengurangi materi dan esensi materi pembelajaran yang dibahas. Dalam hal ini, berbagai jenis platform online menjadi fasilitas pendukung yang digunakan secara optimal dan fleksibel, untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang dilakukan.


Memasuki abad ke-21 di mana teknologi memasuki berbagai lini dan sektor kehidupan. Ini adalah fase perkembangan menyeluruh di mana teknologi mengambil alih setiap ruang dan sudut. #khairpedia


Laptop, smartphone, dan tablet bukan lagi suatu benda yang asing. Selama fase ini, sistem pendidikan berkembang demi perbaikan, karena siswa generasi milenial tidak dilahirkan untuk dibatasi oleh batas-batas pembelajaran sederhana, namun rasa ingin tahu mereka sangat luas dan tidak dapat dipenuhi dengan sistem pendidikan yang dirancang sebelumnya. 


Jika saat ini di dunia pendidikan formal terus-menerus memberika materi pelajaran kepada anak-anak, seperti yang diajarkan dengan sistem konvensional, tidak menutup kemungkinan akan terjadi gagap teknologi. 


Sistem pendidikan yang sudah usang tidak memiliki kemampuan untuk bertahan di abad ke-21. Jadi sangat dengan terpaksa seorang pendidik secara cepat atau lambat harus menguasai penggunaan sistem digitalisasi untuk mengikuti sistem pendidikan saat ini. 


1. Pendidikan di masa pandemi

Pendidikan di masa pandemi ini telah memberi gambaran yang jelas tentang dunia pendidikan masa depan, yang sebagian besarnya dilaksanakan dengan bantuan kemajuan teknologi. Meskipun demikian, teknologi tetap saja tidak akan dapat menggantikan fungsi dan peran guru, para dosen, khususnya saat interaksi selama proses pembelajaran berlangsung. Sebab, proses edukasi tidak hanya sekedar masalah pengetahuan, namun juga tentang penanaman nilai, stimulasi kerja sama, serta penanaman dan pencapaian kompetensi.


Saat Situasi dan keadaan pandemi seperti ini, menjaga kelangsungan proses pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap pengajar dalam menggunakan teknologi, khususnya untuk memanfaatkannya bagi kemajuan dunia pendidikan.#khairpedia


Saat ini, pandemi secara tidak langsung mendorong peningkatan kapasitas dan skill para tenaga pendidikan, khususnya dalam bidang kreativitas penggunaan teknologi. Sebab, pendidikan bukan hanya masalah transmisi pengetahuan, namun juga harus memastikan bahwa target capaian pembelajaran tersebut dapat dicapai dengan baik.

2. Digitalisasi

Digitisasi merupakan proses untuk mengubah bentuk berbagai hal maupun benda, ke dalam bentuk digital dengan menggunakan kemajuan teknologi.


Salah satu Dampak Positif dari kemajuan Teknologi dan Informasi bagi dunia Pendidikan adalah dengan munculnya berbagai sumber dan media pembelajaran elektronik, yang sangat mudah diakses dan digunakan sebagai sumber baru pengetahuan dalam berbagai tingkat pendidikan. 

3. Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk mengumpulkan data serta informasi yang lengkap dan diperlukan, untuk menentukan dan melihat sejauh mana dan seberapa besar proses dan capaian pembelajaran yang sudah berjalan, hal ini juga agar dapat dilakukan penilaian serta perbaikan di masa depan untuk lebih memaksimalkan hasil pembelajaran yang dilakukan. #khairpedia


Berdasarkan tujuannya,  Evaluasi pembelajaran dibagi menjadi lima macam evaluasi, yaitu :

  • 1) Evaluasi diagnostic; yaitu sebuah evaluasi yang bertujuan untuk memeriksa titik kelemahan seorang siswa pada bidang pengetahuan, sikap, dan juga keterampilan, serta untuk menganalisa berbagai faktor penyebabnya.
  • 2) Evaluasi selektif; yaitu sebuah evaluasi yang dilakukan untuk memilih siswa berdasarkan kompetensi pada bidang tertentu.
  • 3) Evaluasi penempatan; adalah evaluasi untuk memilih tempat penempatan bagi seorang siswa pada sebuah program pendidikan, biasanya disesuaikan dengan minat, bakat, dan karakteristik siswa.
  • 4) Evaluasi formatif; yaitu sebuah evaluasi yang dilakukan untuk perbaikan serta peningkatan kegiatan belajar dan mengajar.
  • 5) Evaluasi sumatif; yaitu sebuah evaluasi untuk melihat hasil dan juga kemajuan belajar para siswa.

4. Website Pendidikan

Website pendidikan adalah website tertentu yang secara khusus diperuntukkan untuk keperluan informasi, materi, dan juga hal lainnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan


Website dengan jenis ini dapat digunakan oleh para siswa maupun para tenaga pengajar saat mencari informasi tertentu seputar dunia pendidikan. Pada saat yang sama, website ini berperan juga sebagai sarana pendukung digital kegiatan pembelajaran.


Berikut ini adalah beberapa website dan aplikasi pendidikan yang perlu anda ketahui, yaitu:

  • 1) Coursera
  • 2) Akademi Khan
  • 3) edX
  • 4) FutureLearn
  • 5) OpenLearn
  • 6) SoloLearn
  • 7) Codecademy
  • 8) Udemy
  • 9) Skill Academy
  • 10) Bitlab


5. Paket Data Kemendikbud

Paket Data Kemendikbud adalah bantuan kuota internet dari Kemendikbud untuk para pelajar berbagai tingkat, yang merupakan kuota yang bersifat umum, serta dapat digunakan mengakses seluruh situs internet dan juga aplikasi, kecuali situs dan aplikasi yang telah diblokir oleh pihak Kemenkominfo. Kuota ini tersedia untuk siswa PAUD, siswa pendidikan dasar, dan juga siswa SMP/SMA. 


Program berupa bantuan pemberian paket kuota dan data internet ini diberikan tiga bulan secara berurutan, yakni dari bulan September 2021, hingga bulan November 2021, tepatnya setiap tanggal 11 sampai 15 bulan tersebut. #khairpedia

Baca Juga

LihatTutupKomentar