Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mendaftar Politeknik Sahid Sudirman? Kenali Dulu Kampusnya


Dari sekian banyak pendidikan dalam bidang pariwisata dan perhotelan, Politeknik Sahid adalah yang sudah memiliki nama besar. Kampus ini terhitung tua dan mengawali pendidikan pariwisata Indonesia. Artikel ini akan membahas tentang kampus ini khususnya salah satu kampusnya yaitu Politeknik Sahid Sudirman.

Awal Berdiri dan Perkembangannya

Pada tahun 1982, dibawah naungan Yayasan Sahid Jaya Politeknik Sahid didirikan. Politeknik ini sendiri memiliki 4 kampus yang salah satunya terletak di Jalan Sudirman. Setelah didirikan, pada tahun 1983 politeknik ini didaftarkan pada lembaga pendidikan tinggi. Pada tahun yang sama, status terdaftar bisa didapatkan.

Dalam perjalanannya, Kampus milik Yayasan Sahid Jaya ini mengalami beberapa perubahan nama. Masa awal pendiriannya, nama yang disetujui adalah Akademi Perhotelan dan Pariwisata Sahid. Beberapa saat kemudian timbul wacana pemekaran akademi menjadi universitas non gelar. Namun dengan peraturan menteri baru, nama Universitas Pariwisata Sahid dikembalikan menjadi Akademi Pariwisata hingga mendapat nama politeknik sekarang.

Fokus Akademik

Politeknik ini merupakan pendidikan tinggi yang terfokus dalam bidang pariwisata dan perhotelan. Perguruan tinggi ini menyediakan pendidikan diploma atau vokasi. Seperti pendidikan diploma dan vokasi lainnya, pembelajaran di kampus ini cenderung terfokus pada pembelajaran praktek. Berikut adalah beberapa jurusannya:

1. Jenjang D1

Sebagai sekolah vokasi, Kampus Sahid memfasilitasi mahasiswanya dengan jenjang pendidikan Diploma 1. Salah satu program studi pada tingkat Diploma 1 yang bisa diambil oleh mahasiswa adalah prodi D1 Perhotelan yang kini telah terakreditasi A. Kampus Sahid pernah membuka D1 Usaha Perjalanan Wisata namun kini prodi tersebut sudah tidak aktif.

2. Jenjang D2

Politeknik ini baru saja membuka satu program studi dengan jenjang D2. Program Studi yang bisa diambil oleh mahasiswa yang menginginkan pendidikan Diploma 2 adalah Perhotelan. Karena jurusan ini masih baru maka jurusan ini belum mendapatkan peringkat akreditasi.

3. Jenjang D3

Jenjang pendidikan yang cukup menarik banyak peminat Kampus Sahid ini adalah jenjang Diploma 3. Pendidikan D3 Perhotelan sudah menjadi andalan kampus ini sejak dulu dan sudah memiliki peringkat akreditasi sangat baik yaitu A. Untuk peminat Seni Kuliner, prodi D3 Seni Kuliner juga tersedia di kampus Sahid yang ini.

4. Jenjang D4

Tak lengkap rasanya jika sebuah sekolah vokasi tidak menyediakan jenjang D4. Begitu pula dengan Politeknik Sahid Sudirman. Di Kampus ini, mahasiswa bisa mengambil jenjang pendidikan D4 atau setara dengan S1 dengan berbagai pilihan program studi. Program Studi andalannya antara lain: Pengelolaan Perhotelan, Perhotelan, dan Usaha Perjalanan Wisata.

Jejak Mahasiswa dan Alumni

Saat ini Politeknik Sahid  telah mencatat 2112 Mahasiswa. 1146 diantaranya adalah mahasiswa laku-laku. 966 Sisanya adalah Mahasiswa perempuan. 2112 mahasiswa politeknik tersebar di program studi diploma 1 hingga diploma 3. Mayoritas mahasiswa mengambil program studi diploma 4.

Para alumni yang lulus dari politeknik ini memiliki jenjang karir yang beragam. Sebagian besar alumni Sahid Sudirman memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang diambil. Rujukan pekerjaan para alumni seputar Hotel, Perusahaan, Restoran, dan beberapa lainnya. Sebagian besar alumni telah mendapat pekerjaan sebelum dinyatakan lulus.

Dari penjelasan singkat diatas, akan muncul gambaran jelas tentang apa itu Politeknik Sahid Sudirman. Gambaran ini diharapkan bisa membantu para calon pendaftar. Dengan akreditasi dan fasilitas yang dimiliki, politeknik ini bisa menjadi tujuan pendidikan lanjutan untuk para mahasiswa.