-->

5 Program Beasiswa Pertukaran Pelajar yang Wajib Dicoba


Punya segudang prestasi di sekolah? Jangan sia-siakan masa muda hanya dengan pendidikan yang biasa-biasa saja. Ini saatnya untuk tingkatkan level belajar dengan beasiswa pertukaran pelajar ke luar negeri. Raihlah banyak kesempatan, membangun mental lebih baik dan menciptakan masa depan gemilang.

Beasiswa ke luar negeri tak hanya untuk mahasiswa, tetapi pelajar SMA pun punya kesempatan yang sama. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan beasiswa ini, salah satunya dengan program pertukaran pelajar. Berikut ini adalah beberapa program yang menyediakan beasiswa pertukaran pelajar:

1. KL Yes

KL Yes adalah program pertukaran pelajar yang ditujukan untuk semua kalangan pelajar. Program ini dijalankan melalui kerjasama lembaga Bina Antarbudaya dan pemerintah Amerika Serikat. Tujuannya adalah menjalin pengertian antar negara yang berlatar belakang berbeda.

Syarat mengikuti program ini adalah memiliki peringkat pertama dan kedua di sekolah. Nilai rata-rata minimal setiap pelajaran haruslah 80. Memiliki prestasi terbaik minimal selama 5 tahun terakhir. Tidak memegang paspor AS, lahir di AS, ataupun memiliki orang tua keturunan AS.

2. Youth for Understanding

Program ini selalu diselenggarakan setiap tahun. Ada 2 tipe program yang disediakan. Pertama, YFU Secondary School yang tujuannya ke Argentina, Belanda, Belgia, Finlandia, Italia, Norwegia, Jerman, Turki, Polandia, Perancis, dan USA. Kedua, YFU Summer Program dengan tujuan Uruguay, Tiongkok, Mongolia, Turki, dan Thailand.

Dalam program beasiswa student exchange ini, setiap siswa akan tinggal bersama host family atau keluarga angkat. Tujuannya adalah menciptakan rasa saling mengerti dari 2 budaya yang berbeda. Pendaftaran program ini telah dibuka sejak Oktober kemarin dengan negara tujuan awal USA.

3. United World College

Program ini berawal dari pergerakan pendidikan Internasional yang terdiri dari 16 sekolah Internasional. Sebagai program beasiswa exchange, UWC sangat mensupport siswa yang berbakat untuk dapat melakukan perubahan sosial sesuai dengan minat siswa.

Gerakan ini sudah sangat mendunia dan telah mencakup 4 benua dan lebih dari 150 negara. Program ini dilakuka dengan proses selektif yang sangat ketat, dan tidak eksekutif pada beberapa pihak. Beasiswa yang akan diberikan dapat berupa beasiswa penuh ataupun sebagian sesuai kondisi siswa.

4. Asia Kakehashi Full Scholarship

Program ini dibentuk atas kerjasama antar lembaga Bina Antarbudaya dan Asia Kakehashi Project. Setiap siswa yang ikut program beasiswa pertukaran pelajar sma ini akan dikirim ke Jepang. Siswa akan diberi 2 pilihan yaitu untuk tinggal di host family atau tinggal di asrama.

Syarat mengikuti program beasiswa ini, siswa harus setidaknya berada pada peringkat 2 besar di sekolah. Nilai minimal rapor untuk seluruh mata pelajaran adalah B. Bisa atau setidaknya pernah belajar bahasa Jepang entah dari pelajaran di sekolah, kursus, atau ekstrakulikuler.

5. Encompass Trust

Serangan maut di Bali pada tahun 2002 silam menjadi latar belakang terbentuknya gerakan ini. Para pemuda ini percaya bahwa peristiwa ini dilandasi bukan karena rasa kebencian melainkan pada kesalahpahaman. Encompass Trust berupaya untuk meningkatkan rasa saling paham antar lapisan masyarakat melalui pendidikan.

Dengan beasiswa pertukaran pelajar ini, para siswa akan dilatih untuk meningkatkan rasa empati, kejujuran, mental kolaboratif, serta sifat pemberani. Encompass Trust akan mengarahkan para pemuda untuk memanfaatkan energinya secara efektif dan maksimal untuk mencapai perubahan yang Lebih baik.

Banyak siswa berprestasi yang layak mendapatkan pendidikan lebih baik. Tetapi kekurangan informasi membuat siswa tersebut kehilangan kesempatannya. Melalui artikel beasiswa pertukaran pelajar ini, diharapkan banyak siswa yang tahu dan mau mencobanya. Belajarlah di tempat yang baik agar mencapai kehidupan yang lebih baik.



Baca Juga

LihatTutupKomentar