Table of Content

6 Politeknik Negeri dan Swasta Di Indonesia

Politeknik Negeri dan Swasta Di Indonesia. Tujuan dari pendidikan di politeknik agar lulusan memiliki keahlian khusus sesuai kebutuhan dunia kerja.
Politeknik Negeri dan Swasta Di Indonesia


Jika anda saat ini sedang mencari informasi tempat perkuliahan, maka perlu anda ketahui bahwa selain universitas, ada pula tingkat pendidikan tinggi yang bernama politeknik. Politeknik adalah sebuah perguruan tinggi yang berfokus pada vokasi atau keahlian dan skill praktis dalam berbagai bidang.  Jika universitas lebih banyak memberikan kuliah teori daripada praktek, maka politeknik akan memberikan pengajaran lebih banyak praktek daripada teori kepada para mahasiswanya.


Cek Plagiasi Turnitin No Repository


Tujuan dari pendidikan di politeknik adalah agar semua lulusan dari politeknik bisa memiliki bekal masa depan yang kuat dengan keahlian mereka miliki. Politeknik menyelenggarakan pendidikan D3 dengan gelar A.md atau ahli madya, dan juga D4 atau Diploma dengan gelar S.ST, atau Sarjana sains terapan. #Khairpedia


Berikut ini adalah Politeknik Negeri dan Swasta Di Indonesia yang sangat terkenal, yaitu:


1. Politeknik Pekerjaan Umum

Politeknik Pekerjaan Umum adalah sebuah Kampus politeknik Negeri (PTN) yang dirintis oleh Kementerian Pekerjaan-Umum dan Perumahan-Rakyat (PUPR), yang dipimpin seorang Direktur, dan bertanggung jawab kepada Menteri-PUPR, yaitu lewat kepala Badan-Pengembangan Sumber-Daya-Manusia (BPSDM). Politeknik Pekerjaan Umum adalah sebuah terobosan dari Kementerian PUPR sebagai jawaban atas kebutuhan dunia-industri pada adanya para tenaga konstruksi yang terampil, khususnya untuk menghadapi tantangan nasional dan global pada pembangunan berbagai infrastruktur ke-PUan. 


2. Politeknik Meta Industri

Politeknik META Industri adalah sebuah tingkat pendidikan tinggi keahlian (vokasi/praktek) DIII yang menggunakan kurikulum Career-Based-Educational atau Vocational, yang sangat unggul dalam bidang inovasi dan riset terapan berkelanjutan, serta kemitraan yang kuat dengan pelaku industri lokal.


Politeknik META Industri merupakan salah satu tingkat pendidikan keahlian yang sesuai dengan program Kementrian Ristek-Dikti yang bertujuan untuk menciptakan sistem pendidikan tinggi yang kelak akan menghasilkan alumni dengan skill kompetitif di bidangnya. #Khairpedia


POliteknik ini didukung dengan fasilitas dan lingkungan kampus yang sangat kondusif dalam menumbuhkan lulusan-lulusan unggul dengan kompetensi intelektual yang kuat, lengkap dengan sisi emosional dan social yang menunjang. Gedung perkuliahan Politeknik META Industri diresmikan langsung oleh Menristekdikti Prof.H.Mohamad Nasir,Ph.D., Ak. Pada 09 September tahun 2015.


3. Politeknik Darussalam

Politeknik Darusalam adalah salah satu Perguruan Tinggi keahlian yang cukup terkenal di Indonesia, ia berlokasi di Jl.Basuki Rahmat No.1608 E-F Palembang, Sumatera Selatan.  Politeknik Darussalam mempunyai beberap program stud keahlian, diantaranya yaitu:

  • 1) D4 Administrasi Bisnis-Internasional
  • 2) D3 Administrasi-Niaga
  • 3) D3-Akuntansi
  • 4) D3 Paralegal
  • 5) D3 Usaha Perjalanan-Wisata


4. Politeknik Sahid Sudirman

Politeknik Sahid Sudirman sebenarnya bernama Politeknik Sahid saja, tambahan kata Sudirman pada namanya dikarenakan ia terletak di lokasi Sahid Sudirman Residence, tanah abang Jakarta pusat, sehingga ia lebih terkenal dengan sebutan Politeknik Sahid Sudirman. Politeknik ini adalah kampus pelopor bagi jurusan pendidikan tinggi pariwisata di Indonesia. Kampus ini berdiri tahun 1983, dan sudah mempunyai berbagai program studi keahian pariwasata unggulan, yaitu :

  • 1) Jurusan Perhotelan, 
  • 2) Jurusan Usaha Perjalanan Wisata, 
  • 3) Food Product, 
  • 4) Food & Beverage Service,
  • 5) Jurusan Room Division, 
  • 6) Jurusan MICE, 
  • 7) Jurusan Cruise Line.

5. Universitas Politeknik Bandung

Universitas Politeknik Bandung atau Politeknik Negeri Bandung –sering juga disingkat POLBAN- merupakan perguruan tinggi politeknik negeri yang berada di Jl.Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Parongpong, Bandung Barat. 


Saat masih menyandang nama Politeknik ITB, Polban menyelenggarakan Empat program studi, yaitu:

  • 1) D3-Teknik Sipil (Jurusan Teknik-Sipil)
  • 2) D3-Teknik Mesin (Jurusan Teknik-Mesin)
  • 3) D3-Teknik Elektronika (Jurusan Teknik-Elektro)
  • 4) D3-Teknik Listrik (Jurusan Teknik-Elektro)


6. Politeknik Piksi Ganesha

Politeknik Piksi Ganesha atau sering disebut juga Kampus Ungu, adalah sebuah perguruan tinggi berbentuk politeknik swasta yang ada di daerah kota Bandung Jawa Barat. Politeknik Piksi Ganesha yang ada di Bandung ini juga berafiliasi dengan sebuah Politeknik bernama Dharma-Patria yang ada di daerah Kebumen.  #Khairpedia


Politeknik Piksi Ganesha memiliki Fakultas dan juga Jurusan berikut:

  • 1) Fakultas Ilmu Kesehatan; terdiri dari jurusan Farmasi dan jurusan Kesehatan Masyarakat.
  • 2) Fakultas Teknik; terdiri dari jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika.
  • 3) Fakultas Ilmu Ekonomi; terdiri dari jurusan Akuntansi jurusan Ilmu Ekonomi.


Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar