Table of Content

Cek Plagiasi Turnitin Di Kampus UMA (Universitas Medan Area)

Cek Turnitin Di Kampus UMA (Universitas Medan Area) dilakukan secara personal melalui dosen pembimbing ataupun petugas cek turnitin di perpustakaan.
cek-turnitin-unimed

Latar belakang untuk mendirikan Universitas Medan Area ialah sebagai salah satu bentuk penjabaran UUD 1945 yakni ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga merupakan suatu wadah penampungan bagi aspirasi dan hasrat masyarakat yang semakin terus berkembang untuk menikmati tingkat pendidikan tinggi. Nama “Universitas Medan Area” diambil sebagai suatu penghargaan atas perjuangan para pejuang-pejuang tahun 1945 dalam mempertahankan kemerdekaan khususnya di sekitaran kota Medan, yang lebih dikenal dengan sebutan  “Pejuang-Pejuang Medan Area”.


Fakultas Di UNIMED.

Di tahun 1983-1984 merupakan tahun akademik pertama dibukanya Universitas Medan Area yang sudah memiliki lima Fakultas yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Hukum. Masing-masing Fakultas tersebut semuanya telah berstatus izin operasional untuk menyelenggarakan suatu program pendidikan strata satu (S1). Di dalam waktu yang cukup singkat di pertengahan tahun 1984 semua Fakultas tersebut telah memperoleh status “Terdaftar”.  #khairpedia

Parafrase Menurunkan Hasil Cek Turnitin


Kemudian pada tahun akademik (1985-1986), Universitas Medan Area telah membuka Fakultas baru yakni Fakultas Psikologi. Fakultas tersebut adalah satu-satunya Fakultas Psikologi  yang berada di luar pulau Jawa. Di tahun akademik pertama Fakultas ini telah menampung sejumlah 204 orang mahasiswa. Di tahun akademik (1988-1989) Universitas Medan  Area tersebut telah kembali membuka satu Fakultas baru, yakni Fakultas Biologi. Fakultas tersebut juga adalah satu-satunya Fakultas Biologi yang berada di luar pulau Jawa.


Hingga saat ini, Universitas Medan Area telah mempunyai tujuh Fakultas “16 program studi untuk Strata 1 (S1), 4 program studi untuk Strata 2 (S2) serta 1 program Doktor (S3)”. Ketujuh Fakultas tersebut yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Psikologi yang telah memiliki status “TERAKREDITASI” untuk seluruh program studi yang  telah diselenggarakannya dengan grade “A“ dan juga grade "B".


Cek Turnitin Di Kampus UMA (Universitas Medan Area).

Plagiarisme merupakan penjiplakan atau pengakuan atas suatu hasil karya orang lain yang dilakukan oleh seseorang dan menjadikan karya tersebut sebagai hasil karya atau ciptaannya. Pelaku dari plagiarism sering disebut dengan plagiaris/plagiator. Dengan demikian, plagiarism ialah pencurian (dalam bahasa kasarnya disebut pembajakan). Definisi lainnya plagiat yaitu memperkenalkan hasil karya orang lain sebagai milik sendiri, dimana segala sumbernya berasal dari jurnal, buku atau sumber tercetak yang lainnya ataupun sumber elektronik yakni sumber internet (Maet.al, 2007: 69-82).


Untuk dapat mengetahui adanya suatu unsur plagiarism di dalam hasil sebuah karya tulis, hasil publikasi suatu penelitian dan juga makalah maka perlu adanya kejelasan tentang apa saja yang termasuk hasil dari plagiarisme atau tidak di dalam menentukan suatu hasil karya ilmiah. Tentunya terdapat aturan pemerintah yang dapat dijadikan sebagai acuan dan sumber lain yang sangat akurat dijadikan pedoman untuk menangani suatu tindakan plagiarisme.


Sebagai sebuah aplikasi, Turnitin adalah aplikasi yang paling banyak digunakan oleh perguruan-perguruan tinggi di dunia terutama dalam pengecekan tingkat keaslian atau originality dari suatu karya. Aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk dapat menjamin tingkat keaslian suatu hasil karya Ilmiah sebelum dipublikasi atau diterbitkan. Sehingga para civitas akademika (dari perguruan tinggi yang bersangkutan) bisa terhindar dari semua tindak plagiarisme. #khairpedia


Pemanfaatan Aplikasi Cek Turnitin.

Penggunaan aplikasi turnitin ini mempunyai peran yang sangat strategis di dalam menurunkan tingkat dari suatu tindak plagiarisme, dan oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk dapat diterapkan di seluruh perguruan tinggi yang berada di Indonesia. Dalam hal ini di Indonesia terdapat beberapa universitas yang telah menerapkan program sistem cek plagiasi menggunakan aplikasi cek turnitin, termasuk Universitas Medan Area (UMA).


Pihak universitas UMA telah memberikan pemberitahuan Kepada Para Mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, Bahwasanya yang menjadi “Salah Satu Syarat Untuk Berkas Seminar Hasil” adalah “ACC UNTUK SELESAI BIMBINGAN SKRIPSI (BAB IV & V)” yakni berupa hasil Pengecekan dari Turnitin Similirity .


Adapun Langkah-Langkah yang dilakukan dalam rangka Pengecekan Turnitin Similirity Skripsi adalah sebagai berikut :

  • Mahasiswa/i membawa file Softcopy BAB I, IV, V (Digabung satu file) dan Form Pengecekan Turnitin Smilirity( dapatkan diarsip formulir website) ke IT Support.
  • IT Support akan mengeluarkan hasil pengecekan turitin similirity.
Note : presentase plagiarism < 20 % (Lulus pengecekan turnitin simlirity)
  • Hasil pengecekan turnitin similarity akan dikirim dalam bentuk softcopy. Pdf kepada Mahasiswa/i.
  • Jika hasil pengecekan turnitin similarity dibawah 20% Maka Form Pengecekan Turnitin Similirity dan Hasil Turnitin Similirity dapat diberikan kepada dosen pembimbing untuk meminta TTD Acc untuk pengecekan turnitin dan selesai bimbingan (BAB IV & V) sebagai syarat Pengajuan Berkas Seminar Hasil.
  • Jika hasil pengecekan turnitin similarity diatas 20 % maka mahasiswa/i harus menurunkan presentase tersebut sampai dibawah 20 %. (Dapat  Melakukan Pengecekan Kembali ke IT Support).

Setelah dilakukan cek turnitin dan dinyatakan lolos sesuai syarat yang ditentukan, maka akan mendapatkan surat resmi atau legalitas yang menerangkan lolos cek plagiarisme. Namun apabila belum memenuhi persyaratan, maka harus direvisi dengan cara parafrase.  #khairpedia
Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar