Table of Content

Program Guru Belajar Kemendikbud

Melalui situs belajar Kemendikbud, siswa dan guru dapat melakukan pembelajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

Program Guru Belajar Kemendikbud

Program guru Belajar Kemendikbud | Program Guru Belajar sebagai bagian dari program merdeka belajar merupakan sebuah upaya dari kemendikbud untuk membantu para guru dan juga sekolah untuk memahami tugas sebagai guru pada program merdeka belajar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan kompetensi guru, sekaligus juga sebagai sarana pengembangan jenjang karier para guru.


1. Situs Belajar Kemendikbud

Situs Belajar Kemendikbud merupakan sebuah Portal pembelajaran dengan berbagai bahan belajar dan pengetahuan pendukung lainnya yang menunjang proses pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan dasar dan menengah. Situs ini bertujuan untuk bisa membantu para siswa dan juga guru pada semua tingkat pendidikan dasar dan juga menengah (PAUD, SD, SMP, SMA/SMK sederajat). #khairpedia


Melalui situs belajar kemendikbud, siswa dan juga guru dapat melakukan pembelajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Semua konten pembelajaran yang ada situs Belajar ini adalah gratis dan bisa diakses siapa saja. Anda bisa mengaksesnya melalui situs resminya di https://belajar.kemdikbud.go.id/.


2. Kemendikbud Rumah Belajar

Kemendikbud Rumah Belajar merupakan sebuah aplikasi yang sangat inovatif dari kemendikbud, yang sangat bagus dan juga bermanfaat untuk membantu pembelajaran di pelosok daerah mana pun di Indonesia, dan bahkan meskipun daerah terpencil. Aplikasi ini bisa digunakan dengan catatan selama daerah tersebut memiliki akses jaringan internet yang memadai. Anda bisa mengakses kemendikbud rumah belajar melalui situs resminya di https://belajar.kemdikbud.go.id/.


3. Pelatihan Guru Merdeka Belajar

Pelatihan Guru Merdeka Belajar adalah sebuah program pelatihan untuk pengembangan keprofessionalan para guru di sekolah dalam mensukseskan program merdeka belajar. Program ini merupakan sarana berlatih para guru untuk meningkatkan skill, kemampuan aplikasi dan penilaian pembelajaran pedagogi, serta keterampilan untuk menggunakan teknologi di bidang pendidikan sebagai pendukung pembelajaran. 


4. Cara Membangun Pengetahuan Pada Pembelajaran Online

Cara Membangun Pengetahuan Pada Pembelajaran Online adalah sebagai berikut:

  • 1) Ajaklah siswa berpartisipasi dalam pembelajaran, misalnya dengan mengajukan pertanyaan yang mengundang minat siswa, soal-soal berbentuk kuis, praktek langsung, tugas yang menyenangkan dan menantang, dan lain-lain.
  • 2) Fokuslah pada ketersampaian konten belajar dalam bentuk praktek, bukan pada ceramah semata.
  • 3) Sesuaikan metode pemberian materi belajar dengan tingkat pemahaman siswa.
  • 4) Hubungkanlah konten belajar baru ke materi belajar yang lama, lalu berikanlah contoh.
  • 5) Selalu Berikan informasi baru dengan cara menarik kepada siswa.
  • 6) Selingi pembelajaran dengan hal-hal menarik yang tetap seru dilakukan oleh siswa, meskipun hanya secara online. 
  • 7) Berikan tugas tambahan pendukung secara langsung, bukan melalui media online.


5. Guru Merdeka Belajar

Guru merdeka belajar adalah kelompok guru yang dilatih secara khusus untuk membuat pengenalan, pemilihan, perencanaan, dan juga pengembangan karier mandiri dengan tetap menjalankan tugas utamanya mengajar di dalam kelas. Ada banyak sarana dan prasana yang khususkan untuk guru merdeka belajar, di antaranya yaitu kesempatan dan peluang berkarya mandiri, kesempatan dan peluang presentase karya di hadapan ribuan guru secara online, publikasi dan juga pameran karya mandiri secara online. #khairpedia


6. Guru Berbagi dan Belajar

Guru Berbagi dan Belajar atau yang lebih tepatnya adalah Guru Belajar dan Berbagi merupakan sebuah tempat online bertemunya para guru dari semua bidang pelajaran, yang berasal dari seluruh Indonesia untuk belajar dan berbagi metode pembelajaran.


Program Guru Belajar adalah sebuah gerakan dalam bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan berbagai komunitas dan juga organisasi yang peduli dan bergerak dalam ranah pengembangan GTK (guru dan tenaga kependidikan).


Adapun Program Guru Berbagi, ia merupakan sebuah gerakan yang juga dilakukan dengan kolaborasi antara pemerintah, organisasi guru, komunitas guru, dan juga para tokoh penggerak pendidikan yang bertujuan untuk berbagi berbagai hal yang berkaitan dengan metode belajar, masalah pembelajaran, dan juga administrasi belajar.  #khairpedia


Kedua program ini bertujuan agar seluruh siswa-siswi di sekolah mendapatkan pendidikan dan materi belajar terbaik dari para guru yang juga terbaik. Anda bisa mengakses situs resmi dari kedua program ini melalui link https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/.


7. Rumah Belajar Kemendikbud

Sebagaimana telah disebutkan pada pembahasan di atas (lihat: nomor 2), rumah belajar kemendikbud adalah sebuah situs online yang dirilis untuk membantu ketersediaan berbagai materi pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan dasar dan menengah (PAUD, SD, SMP, SMA, SMK). Ada beberapa hal yang bisa anda temukan pada situs belajar ini, yaitu:

  • 1) Materi dan Sumber belajar untuk sesuai kurikulum yang berlaku;
  • 2) Berbagai bahan untuk pembelajaran Kelas online (Maya);
  • 3) Lab online (Laboratorium Maya) untuk praktikum online; 
  • 4) Kumpulan soal berbagai materi pembelajaran (Bank Soal) baik untuk latihan, bahan ulangan, dan bahkan bahan ujian;


Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar