Table of Content

Cek Plagiasi Turnitin di Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal

Semua naskah karya tulis ilmiah yang telah dikirimkan akan diperiksa kembali untuk melihat tingkat plagiasi menggunakan dua pendeteksi plagiarisme.
Cek Plagiasi Universitas Panca Sakti Tegal

Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal ialah salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang berlokasi tepatnya di Kota Tegal. Penyelenggaraan pendidikan pertama kali pada tanggal 1 Maret tahun 1980. Mulanya bernama “Universitas Pancasila Tegal” (Akta Pendirian Nomor 26 Tahun 1979) dengan harapan bisa menjadi suatu Benteng Pancasila disekitar wilayah Pantura, khususnya Eks-Karesidenan Pekalongan. 


Cek Plagiasi Turnitin di Universitas Panca Sakti Tegal | Berdasarkan pada Surat Edaran Mendikbud RI No.07/MPK/1984, tentang tidak diperbolehkannya jika ada 2 (dua) Perguruan Tinggi yang memiliki kesamaan nama yakni “Universitas Pancasila di Jakarta”. Pada tanggal 1 Oktober tahun 1984, Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal sesuai surat nomor C.IPRB/SK/YPP/1984 yang mengubah nama dari “Yayasan Pendidikan Pancasila Tegal” menjadi “Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal” serta “Universitas Pancasila Tegal” telah diubah menjadi “Universitas Pancasakti Tegal”, disingkat dengan UPS Tegal, yang memiliki makna Pancasila Sakti. #khairpedia


Historis Universitas Pancasakti Tegal.

Hal ini telah tertuang pada akta perubahan No.45 tanggal 27 November tahun 1986 yang dibuat oleh seorang Notaris yakni Ratna Sintawati Tanujdjojo, SH di kota Tegal, dan terakhir berlakunya UU Nomor 16 Tahun 2001 tentang suatu Yayasan maka kepengurusan pada Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal telah berhasil menyesuaikan susunan kepengurusannya serta AD/RT Yayasan berdasarkan UU No.16 tahu 2001.


Perubahan status Yayasan tersebut dan telah terbit akta perubahan Yayasan No.39 tanggal 9 November tahun 2002 oleh Notaris Nya yakni Hertanti Pindayani, SH di Tegal dan telah dicatat dalam buku register oleh yayasan sejak tanggal 6 September tahun 2004 di (Departemen Kehakiman dan HAM Republik Indonesia). #khairpedia


Pengembangan Ilmu Pengetahuan.

Dengan demikian, maka UPS Tegal di dalam penyelenggaraan operasionalnya akan tetap konsisten berlandaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, yakni tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka dari itu Universitas Pancasakti Tegal bertekad untuk mengembangkan serta meningkatkan peran ilmu pengetahuan dan teknologi agar tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional. 


Adapun tujuan Pendidikan Nasional yang dimaksud adalah berkembangnya potensi para Mahasiswa/I agar menjadi manusia yang beriman, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menjadi warga negara yang berjiwa demokratis dan penuh tanggung jawab. #khairpedia


Pengelolaan Pendidikan Secara Profesional.

Menyadari akan adanya dinamika serta perubahan dalam kehidupan di era globalisasi, Universitas Pancasakti Tegal selalu berupaya untuk meningkatkan kemampuan profesionalitasnya dengan cara menggunakan paradigm-paradigma baru kedalam proses penyelenggaraan serta pengelolaan pendidikan yang bermutu.


Oleh sebab itu, pelaksanaan “Tri Dharma” Perguruan Tinggi selalu dilakukan secara berimbang agar menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik, inovatif, pembaharuan yang kreatif dalam kerangka pengabdiannya terhadap bangsa dan negara.


Fakultas di UPS Tegal.

Universitas Pancasakti Tegal mempunyai 6 Fakultas dengan 17 program studi (Prodi), yaitu : Fakultas Hukum (1 program study) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (6 program studi), Fakultas Ekonomi (3 program study) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1 program studi), Fakultas Teknik (4 program studi) dan Fakultas Perikanan (2 program studi). Masing-masing dari program studi tersebut sudah memiliki ijin penyelenggaraan yang masih berlaku. #khairpedia


Di samping itu, pada masing-masing program studi sudah terakreditasi dengan “predikat B”. Universitas Pancasakti Tegal tersebut dalam pelaksanaannya tidak melaksanakan kelas jauh ataupun kelas yang dipadatkan dan juga tidak dalam sengketa. Dalam pelaksanaan kuliahnya semua program studi tersebut telah dipusatkandidalam satu kampus terpadu yakni beradadi jalan Halmahera Kota Tegal.


Didalam pelaksanaan kuliah semua program studi juga sudah memiliki dosen tetap (Yayasan dan PNS) yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi. Evaluasi Diri secara periodic juga sudah disusun yang memperlihatkan kinerja akademik yang cukup baik, terutama dalam proses belajar mengajar telah sesuai dengan pedoman yang berlaku.


Sampai saat ini, semua program studi tersebut telah berhasil mewisuda lulusannya lebih dari satu kali. Maka  untuk menyelenggarakan proses pendidikan, Universitas Panca Sakti Tegal sudah berhasil membangun sebuah kampus terpadu yang terletak di Jalan Halmahera KM 1 Kota Tegal, dengan segala sarana prasarana yang sudah cukup memadai. #khairpedia

 

Penyaringan Plagiarisme JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) Kampus Panca Sakti Tegal.

Komitmen Terhadap Anti plagiarisme.

Program studi Ilmu Pemerintahan FISIP mengelolah jurnal yang biasa dikenal dengan Jurnal Ilmu Pemerintahan (JIP). Prodi FISIP pada Universitas Pancasakti (UPS) Tegal ini telah menerima sertifikat akeditasi jurnal dari “Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia” (Kemenristekdikti RI).


Dalam upaya penyaringan plagiarisme di area Universitas Panca Sakti Tegal khususnya pada Jurnal Ilmu Pemerintahan ini. Semua naskah karya tulis ilmiah yang telah dikirimkan akan diperiksa kembali untuk tingkat plagiarisme menggunakan dua pendeteksi anti-plagiarisme (unicheck.com dan Ithenticate) dan JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) yakni Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah deteksi unik plagiarisme. #khairpedia


Universitas Panca Sakti Tegal dalam penggunaan program Cek Plagiasi Turnitin, dapat dilakukan melalui perpustakaan Fakultas maupun perpustakaan Pusat. Naskah yang diserahkan akan disubmit dalam kondisi 100%. Jika presentase kurang dari syarat plagiasi naskah yang diterbitkan yaitu antara (20% - 25%) ataupun terdeteksi plagiasi tinggi, maka naskah tersebut dinyatakan hasil plagiat, sehingga akan dimasukkan kedalam Balcklist, penulisnya akan dilaporkan ke ANJANI (Anjungan Integritas Akademik Indonesia).


Visi dan Misi Perpustakaan UPS Tegal.

VISI.

Mewujudkan perpustakaan sebagai pusat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mutakhir.

MISI.

Mengembangkan, mengorganisasi dan mendayagunakan koleksi;

Menyelenggarakan pendidikan pengguna;

Meningkatkan literasi informasi pengguna;

Mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi yang ada dan yang akan ada;

Melestarikan materi perpustakaan.


Kolaborasi Perpustakaan.

Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal membuat perjanjian kerjasama dengan beberapa kantor / instansi di daerah sekitar Kota Tegal. Kerja sama tersebut adalah :

  • Perjanjian Kerja Sama antara Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan  Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal Tentang Pengembangan Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Perjanjian Kerja Sama antara Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan  AMIK YMI  Tegal.
  • Perjanjian Kerja Sama antara Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan  Kantor  Arsip  Dan  Perpustakaan  Daerah  Kota  Tegal  Tentang  Kerja  Sama Perpustakaan.
  • Perjanjian Kerja Sama antara Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan  Kantor Perpustakaan  Dan  Arsip Daerah Kota Pekalongan  Tentang  Kerja Sama Perpustakaan.

Para Pihak  bekerja  sama  untuk  saling  menunjang  dan  saling  membantu  dalam melaksanakan berbagai program kerjasama dengan saling memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang ada di lingkungan masing-masing. #khairpedia

Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar