Table of Content

Cek Turnitin Di Undip Semarang

cek-turnitin-undip-semarang

Cek Turnitin di Undip Semarang | Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP) adalah salah satu kampus yang terletak kota semarang. Awalnya kampus ini bertempat di pusat kota semarang di daerah Pleburan. Akan tetapi karena jumlah mahasiswa yang semakin banyak, maka sebagian besar aktivitas perkuliahan dilakukan di kampus kedua yang berada di daerah Tembalang.


Syarat Lolos Cek Turnitin Undip.

Seperti halnya di kampus-kampus lainnya diseluruh indonesia, Kampus UNDIP sudah mewajibkan dan menggunakan pengecekan plagiasi dengan Aplikasi Turnitin untuk mengantisipasi adanya tindak plagiarisme penulisan karya tulis ilmiah. 

Cek Turnitin No Repository



Dalam dunia akademis, Plagiarisme menjadi masalah serius yang selalu terjadi. Problematika plagiarisme semakin kompleks Seiring berkembangnya teknologi Informasi dan komunikasi, yang mana plagiarisme dapat dengan mudah dan cepat dikerjakan. #khairpedia


Akun Turnitin Student.

Pihak kampus Universitas Diponegoro sangat menyadari potensi problem plagiarisme dikalangan sivitas akademisi. Oleh karena itu, sejak tahun 2015 tepatnya bulan September, Universitas Diponegoro memulai penggunaan Aplikasi Turnitin dengan 1000 password student di lingkungan para sivitas akademika.


Dengan pengelolaan aplikasinya diserahkan sepenuhnya kepada pihak perpustakaan UNDIP. Pihak UNDIP memandang perlu pemanfaatan aplikasi turnitin dikalangan sivitas akademika UNDIP dalam rangka evaluasi peningkatan kuantitas dan kualitas.

 

UNDIP menggunakan aplikasi  turnitin sebagai alat untuk mendeteksi tingkat kemiripan (similarity) karya ilmiah dengan karya ilmiah yang lain. Fungsi lain dari turnitin yaitu dapat digunakan untuk melakukan peer-checking dalam karya ilmiah, sehingga jika terdapat tingkat kemiripan yang cukup tinggi pada karya ilmiah sebelum di terbitkan, bisa direvisi terlebih dahulu. 


Selain itu, Hadirnya aplikasi turnitin juga memberi kemudahan para sivitas akademika dalam meminimalisir kesalahan dalam pengutipan kalimat, karena aplikasi turntin mampu mengungkap kelemahan – kelemahan dalam sebuah tulisan (tata bahasa yang tidak tepat, parafrasa yang kurang sesuai, daftar rujukan tidak tercantum). #khairpedia

 

Cara Menggunakan Akun Turnitin.

Cara penggunaan turnitin adalah dengan mengunggah data tulisan ilmiah para civita akademik UNDIP ke dalam aplikasi turnitin, selanjutnya diklasifikasi sesuai tahun pengunggahan. berikutnya, Pemanfaatan aplikasi turnitin pada UNDIP diklasifikasi menjadi dua yaitu pemanfaatan berdasar kualitas dan pemanfaatan berdasar kuantitas.

 

Pemanfaatan berdasar kualitas adalah pengkajian tingkat feedback dari aplikasi turnitin terhadap karya tulis ilmiah dan respon balik dari penulis terhadap feedback tersebut. Pemanfaatan berdasar kuantitas adalah mengacu pada jumlah submissions berdasar tahun dan persentasenya.

 

Fitur Plagiarisme detection tool (PDT) salah satunya Ithenticate yang digunakan untuk mendeteksi jumlah persentase kesamaan antara naskah yang baru dengan berbagai sumber data lainnya. Persentase ini kerap kali dijadikan indikator ada tidaknya tindak plagiarisme dalam karya ilmiah. Meskipun tidak ada ketentuan umum dalam standar minimum persentase kesamaan yang jadi indokator plagiat. Akan tetapi beberapa lembaga menetapkan jika tingkat persentase diatas 20 % maka akan ditolak karena sudah tergolong tindak sesuai persyaratan lolos cek plagiasi..

 

Secara singkat jumlah penggunaan aplikasi turnitin UNDIP tahun 2016 – 2019 tahun 2016 pengguna turnitin sebanyak 173 pengguna. tahun 2017 pengguna turnitin sebanyak 473 pengguna. tahun 2018 sebanyak 903 pengguna. tahun 2019 717 pengguna. Dengan jumlah keseluruhan karya ilmiah yang diupload 10.891. #khairpedia

 

Adapun tingkat kemiripan karya ilmiah yang diunggah ke aplikasi turnitin dari tahun 2016 terdapat 11% similarity, tahun 2017 sebanyak 9 % similarity, tahun 2018 berkurang jadi 6 % similarity, tahun 2019 menjadi 8 % similarity. Ini menunjukkan tingkat kemiripan semakin menurun.

 

Bagi para Dosen, pemanfaatan PDT sangat penting. Baik bagi dirinya sendiri dan dalam meminimalisir tingkat plagiat dikalangan para mahasiswanya. Walaupun Pemanfaatan PDT di UNDIP masih sebatas pada pencocokan suatu naskah dengan laman yang ada didalam web. #khairpedia

 

Manfaat Pengecekan Turnitin.

Sebenarnya Fungsi Aplikasi turnitin bukan hanya sebatas pencocokan suatu teks atau naskah, fungsi turnitin yang lain seperti mark digital Assessment (untuk mengecek suatu tulisan secara otomatis) grade book (mengecek atau memberi tugas suatu kelas atau kelompok mahasiswa melalui online). 

 

Para pengguna sangat cenderung memakai menu filter dan exclude untuk artikel demi mendapatkan kesamaan yang dipersyaratkan dari masing masing fakultas di UNDIP.

 

Adapun fitur yang seringkali dipakai adalah fitur originality check, sedangkan fitur lain, grading form mask created, feedback (comment and mark), peer reviews, quickmarks, inline text-comments, bubble comments, strikethrough marks, voice comments masih jarang digunakan. #khairpedia

 

Aplikasi turnitin sangat berperan besar dalam proses menerbitkan jurnal, Karena setiap jurnal yang sudah diterjemahkan masih perlu dilakukan tes proofreading untuk mengecek ejaan, pemilihan kata yang tepat dan susunan kalimat. Hal ini dilakukan Karena terkadang penulis memaparkan sesuatu memakai kalimat yang kompleks, akibatnya membingungkan para pembaca. Maka disinilah peran proofeader bekerja dengan menyederhanakan kalimat tersebut. Hasilnya pun akan menjadi beberapa kalimat.

 

Dalam hal ini, pihak mahasiswa dan dosen kampus UNDIP dapat menggunakan jasa cek plagiasi dan parafrase dari KhairPedia untuk keperluan Lolos Cek Plagiasi Turnitin, Proofreading, teknik parafrase, dan sitasi mendeley. Sejauh ini, sudah banyak mahasiswa maupun Dosen UNDIP yang telah menggunakan jasa dari Khairpedia, baik itu dalam hal pengerjaan Jurnal Nasional - Internasional, Skripsi, Tesis dan disertasi. #khairpedia

Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar