Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Beasiswa Kemenag Santri Berprestasi Tahun 2022

Beasiswa-Kemenag-Santri-Berprestasi

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2022 telah dibuka oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Masa pendaftaran dari bulan 15 Maret sampai dengan 15 April 2022.


Tahun ini telah disediakan 600 (enam ratus) kuota PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi). Kuota tersebut mencakup 80 pilihan program studi di 26 Perguruan Tinggi Mitra PBSB dalam negeri.

Pilihan Program Studi PBSB

Prodi yang dapat dipilih yaitu Keagamaan, Sains dan Teknologi, Manajemen Pendidikan, Kedokteran, Ekonomi, Kesehatan, Pertanian, Sosial Humaniora, serta beberapa Program Studi Jurusan Vokasi. Santri calon mahasiswa yang akan mendaftar hanya bisa memilih satu program studi sesuai minat dan passionnya. #khairpedia

PBSB adalah program penegasan dari negara yang berkepentingan bagi kalangan santri supaya memperoleh berbagai kesempatan untuk melanjutkan studi sarjana dan magister. Seleksi ini dapat diikuti santri dengan pendaftaran online dengan klik tautan: Pendaftaran Beasiswa Santri 2022


Santri yang diharapkan segera mempersiapkan syarat secara lengkap dan tepat sesuai Booklet PBSB Tahun 2022, silahkan klik: Booklet Pendaftaran Beasiswa Santri.

Proses pendaftaran dan seleksi dikelola oleh admin PBSB, sehingga supaya proses tata kelola dan manajemen pelaksanaan seleksi dilakukan secara akuntabel dan terbuka. Hal tersebut bertujuan supaya semua santri dapat memperoleh kesempatan yang sama dan bisa memanfaatkan peluang terbaik.

Jangka Waktu Beasiswa Santri Berprestasi

Pelaksanaan PBSB berbentuk pemberian beasiswa penuh untuk santri yang memiliki kemampuan, kemampuan penalaran, penyesuaian pribadi dan potensi mengikuti program pendidikan tinggi. #khairpedia

Jenis beasiswa PBSB yaitu:

  • Beasiswa penuh untuk Program Sarjana (S1) paling lama 48 bulan;
  • Beasiswa penuh untuk Pendidikan Profesi paling lama 24 bulan; dan
  • Beasiswa penuh untuk Program Magister (S2) paling lama 24 bulan.


Seleksi calon mahasiswa PBSB melalui sistem terbuka dan berbasis digital atau elektronik. Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Basnang mengingatkan supaya pesantren memahami prosedur pendaftaran PBSB online, termasuk ketika memilih perguruan tinggi mitra, program studi hingga domisili kampus yang diminati.

Kemudian pesantren mendaftar melalui link pendaftaran online PBSB, sebaiknya harus hati-hati serta memastikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang terdaftar di Kementerian Agama. 


Santri yang didaftarkan oleh pihak Pesantren dengan cara memilih nama santri pada sistem berdasarkan pemutakhiran data santri yang tercantum dalam databse EMIS Ditjen Pendidikan Islam.

Kuota PBSB sangat terbatas, dengan demikian diharapkan santri yang dinyatakan lulus tidak mengundurkan diri, karena konsekuensinya adalah tidak diperbolehkan mendaftar PBSB lagi pada tahun depan.

beasiswa-santri-berprrestasi-unwahas


Syarat Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022

Beberapa persyaratan bagi para santri calon mahasiswa antara lain:

  1. Santri Warga Negara Indonesia.
  2. Santri yang berasal dari Pesantren yang tercatat di Kementerian Agama, yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang terdaftar di Kementerian Agama.
  3. Santri yang berasal dari Satuan Pendidikan (MAS/PDF/SPM/PKPPS/Ma'had Aly) yang dikelola oleh Pesantren dan/atau (MAN/SMA/SMK) yang dikelola/atau terintegrasi/ berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.
  4. Santri mukim minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut yang dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir).
  5. Memiliki akhlaq terpuji dan layak untuk mengikuti seleksi PBSB yang direkomendasikan oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri.
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Arab.
  7. Memiliki kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.
  8. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil'alamin.
  9. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai nasionalisme, patriotisme serta integritas.
  10. Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan nilai rapor 1 (satu) tahun terakhir, piagam atau sertifikat.
  11. Pilihan Program Sarjana (S1) : Santri tingkat akhir atau santri lulusan tahun 2020, 2021 dan 2022 pada Satuan Pendidikan Muadalah (SPM), Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS), Madrasah Aliyah Swasta (MAS), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) , Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dikelola dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren. Berusia maksimal (per 1 Juli 2022): (1) 20 (dua puluh) tahun untuk santri tingkat akhir pada MAS/MAN/SMA/SMK yang dikelola dan/atau terintegrasi di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pondok Pesantren (lahir pada tanggal 1 Juli 2002, 2 Juli 2002, dan seterusnya ); (2) 23 (dua puluh tiga) tahun untuk santri lulusan SPM/PDF/PKPPS (lahir pada tanggal 1 Juli 1998, 2 Juli 1998, dan seterusnya).
  12. 12. Pilihan Program Magister (S2) : Santri Sarjana yang berasal dari SPM/PDF/PKPPS dan MAS/MAN/SMA/SMK yang dikelola dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pondok Pesantren. Berusia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun per tanggal 1 Juli 2022.

Info PBSB 2022

Bapak/Ibu/Santri, mohon izin mengingatkan dan menyampaikan hal penting berikut:
  • Bahwa santri pendaftar yang sudah melengkapi dokumen pendaftaran terpantau masih minim.
  • Bahwa ketika Pesantren sudah mendaftarkan santrinya, prosesnya masih belum dinyatakan selesai.
  • Santri yang didaftarkan akan mendapatkan username dan password berupa Nomor Registrasi.
  • Santri bersangkutan harus melengkapi dokumen dengan cara login aplikasi PBSB menggunakan Nomor Registrasi nya pada isian user dan password nya masing2.
  • Silakan diikuti petunjuknya dan dilengkapi dokumen-dokumennya. #khairpedia

Terima kasih
(Admin PBSB)

#Santri Siaga Jiwa dan Raga
#Santri Sehat, Indonesia Kuat
#Santri Unggul, Indonesia Makmur