Table of Content

Cek Plagiasi Turnitin Di UNPAD (Universitas Padjadjaran)

Upaya peningkatan peringkat dan kualitas, Direktorat Sumber Daya Pembelajaran dan Perpustakaan Unpad menjalankan strategi uji plagiasi turnitin.

Cek-Plagiasi-Turnitin-Di-UNPAD

Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Jawa Barat, tepatnya di Bandung. Unpad didirikan pada 11 September tahun 1957, dengan lokasi utama kampusnya di Bandung. Hingga Saat ini, Unpad mempunyai status sebagai sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berbadan Hukum.


Pada era 1950-an, di kota Bandung sebenarnya sudah ada perguruan tinggi, misalnya Fakultas Teknik dan juga Fakultas MIPA cabang  Universitas Indonesia (UI), dan juga Perguruan-Tinggi Pendidikan-Guru (PTPG). #khairpedia

Akan tetapi, kebanyakan masyarakat Bandung saat itu menghendaki berdirinya sebuah universitas negeri, dengan bidang pendidikan dari berbagai bidang dan disiplin ilmu.


Oleh sebab itu, pada 14 Oktober tahun 1956 dibentuklah sebuah Panitia-Pembentukan Universitas-Negeri (PPUN) di kota Bandung. Rapat Pembentukan tim PPUN tersebut diadakan di Balai Kotapraja kota Bandung.

Pada rapatnya yang kedua (tanggal 3 Desember 1956), tim panitia tersebut membentuk sebuah delegasi yang di dalamnya terdiri atas Prof.Muh.Yamin, Mr.Soenardi, Mr.Bushar Muhammad, dan juga beberapa tokoh masyarakat kota Bandung Jawa Barat lainnya. #khairpedia


Tugas utama dari delegasi tersebut adalah untuk menyampaikan aspirasi dari rakyat Jawa Barat, tentang pendirian sebuah universitas negeri di kota Bandung kepada Pemerintah daerah, DPR Kabupaten dan DPR Kota Bandung, Gubernur Jawa-Barat, Pejabat Presiden UI, tokoh Ketua Parlemen, pejabat Menteri PPK, dan bahkan juga langsung kepada Presiden RI saat itu.

Nama “Padjadjaran” sendiri diambil dari nama sebuah Kerajaan Sunda, yaitu Kerajaan Padjadjaran dengan rajanya Prabu Siliwangi (Prabu-Dewantaprana Sri Baduga-Maharaja di-Pakuan-Padjadjaran) yang hidup tahun 1473-1513. Nama raja ini adalah nama raja yang paling terkenal dan sangat dikenang oleh seluruh rakyat Jawa Barat, dikarenakan ketokohan dan kemashuran sosoknya, dari seluruh raja-raja yang berada di tatar tanah Sunda saat itu.


Saat didirikan, Unpad mempunyai 4 fakultas, yaitu Fakultas Hukum dan Pengetahuan-Masyarakat, Fakultas Ekonomi (kedua fakultas ini berasal dari Yayasan Universitas-Merdeka Bandung), Fakultas Keguruan dan Ilmu-Pendidikan –disingkat FKIP-, sebagai penjelmaan dari bantuk  PTPG di Bandung, dan juga Fakultas Kedokteran.

  

Cek Plagiasi Turnitin Di UNPAD

Dengan tujuan untuk mendukung upaya peningkatan peringkat dan kualitas perguruan tinggi, Direktorat Sumber-Daya-Pembelajaran dan Perpustakaan Unpad mensosialisasikan berbagai strategi dan program untuk meningkatan aktivitas jurnal dan juga publikasi karya ilmiah di kalangan civitas academica.

Tiga program unggulan dari strategi tersebut diantaranya yaitu:

1) Penguatan jurnal berbasis fakultas;

2) Peluncuran website kandaga.unpad.ac.id;

3) Langganan program aplikasi “Turnitin” untuk pencegahan plagiat karya tulis.


Dalam hal Jurnal, para mahasiswa wajib untuk menyertakan dokumen karya tulis versi digital, di samping juga versi cetaknya. Prof.Budi juga menyatakan bahwa Dengan dibuatnya jurnal versi digital yang merangkum banyak karya tulis, maka hal itu akan memudahkan berbagai proses publikasi karya ilmiah yang juga dilakukan para mahasiswa sebagai syarat kelulusannya. #khairpedia


Jurnal UNPAD Versi digital ditargetkan akan mampu mempublikasikan antara 30 hingga 40 artikel, dalam setiap periode terbitnya. Adapun Versi Jurnal cetaknya, hanya terbatas 12 artikel setiap kali terbitannya.


Jurnal UNPAD versi digital akan ditampilkan juga pada laman khusus di website kandaga.unpad.ac.id. Laman web tersebut adalah portal untuk semua kekayaan ilmiah milik civitas academica Unpad, dimulai dari data-data repositorty karya dosen dan seluruh mahasiswa, jurnal-jurnal digital, berbagai katalog buku elektronik terbitan Unpad, dan juga akses untuk masuk pada jurnal-jurnal nasional dan internasional yang sudah jadi langgananan Unpad.


Prof. Budi juga mengatakan bahwa katalog buku elektronik UNPAD merupakan hasil kumpulan semua karya para dosen, dalam bentuk buku ajar, kumpulan referensi, kumpulan modul, dan lain-lain, yang telah di-layout oleh pihak Direktorat dan juga sudah disunting oleh pihak tim fakultas masing-masing.

Seluruh buku dalam masuk katalog web kandaga UNPAD sudah terindeks oleh ISBN. Jika ada di antara buku-buku tersebut ada yang memiliki potensi pasar yang sangat bagus, maka pihak kampus akan menawarkan kepada para penerbit nasional, untuk melakukan cetak dengan bentuk sistem royalti.


Selain itu, untuk para Pengunjung halaman katalog buku pada website Kandaga juga akan bisa melakukan pemesanan versi cetak dari semua buku tersebut. Meski demikian, pihak kampus hanya akan mencetak jumlah dan judul buku berdasarkan jumlah pemesanan.


Adapun Untuk mengantisipasi terjadinya tindak plagiasi pada berbagai hasil karya tulis ilmiah, pihak Unpad sendiri menyatakan sudah lama berlangganan dengan aplikasi Turnitin, yaitu sebuah laman aplikasi online khusus untuk mendeteksi berbagai kemungkinan adanya tindakan plagiasi pada berbagai hasil karya tulis ilmiah para dosen dan mahasiswa.

Bahkan, ditargetkan bahwa Seluruh dosen, mahasiswa, dan juga tenaga pustakawan di Unpad akan memiliki masing-masing account untuk mengakses Turnitin. #khairpedia


Meski sudah lama berlangganan turnitin, namun informasi mengenai tata cara pengajuan cek turnitin di UNPAD nampaknya masih terbatas di kalangan internal UNPAD saja. Sebab, belum ditemukan adanya sebuah artikel di halaman website resmi UNPAD yang menjelaskan mengenai cara pengajuan cek turnitin di UNPAD.

Pengembangan jurnal Online UNPAD bertujuan menampung berbagai karya tulis ilmiah mahasiswa dan dosen, berupa hasil penelitian hingga tulisan ilmiah seperti hasil studi kepustakaan. Melalui media jurnal online diharapkan menambah khasanah pengetahuan dan saling mentransformasi informasi ilmiah, khususnya hasil penelitian yang bermanfaat untuk pembangunan Indonesia.


Jurnal Terakreditasi Di UNPAD

Padjadjaran Journal of Dentistry

Jurnal Kedokteran Gigi Padjadjaran fokus sebagai media informasi dan ilmu pengetahuan. Penerbitan naskah penelitian dari spesialisasi penelitian kedokteran gigi secara menyeluruh, termasuk biologi oral; bedah mulut dan maksilofasial; ilmu dan teknologi bahan kedokteran gigi;  kedokteran gigi anak; epidemiologi, kesehatan masyarakat gigi, preventif dan kedokteran gigi komunitas; obat mulut; periodontik; kedokteran gigi konservatif; ortodontik; prostodontik; odontologi forensik dan radiologi dentomaxillofacial dan. 

Jurnal-Terakreditasi-Di-UNPAD

Padjadjaran Jurnal Ilmu Hukum

PJIH fokus dengan penelitian berkualitas terbaik kepada sivitas akademika. Tujuan editorial yaitu menawarkan platform akademik untuk penelitian hukum lintas batas. Namun tidak terbatas pada berbagai bidang seperti teori hukum dan filsafat, sosiologi hukum, perbandingan hukum, hukum tata negara, hukum internasional, hukum ekonomi, hukum privat, hukum pidana, hukum lingkungan, hukum agraria, hukum administrasi, hak asasi manusia hukum dan hukum siber.


Jurnal Keperawatan Padjadjaran

Jurnal Keperawatan Padjadjaran adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Semula disebut dengan Jurnal Keperawatan Padjadjaran berdasarkan SK LIPI No. 0005.145/JI.3.2/SK.ISSN/2015.03 tahun 2015, selanjutnya pembaharuan menjadi Jurnal Keperawatan Padjadjaran sesuai Surat Keputusan LIPI No ID 1425969371 pada tanggal 22 Januari , 2020. Jurnal ini ber-nomor ISSN Cetak (2338 5324) dan sejak tahun 2015 ber- ISSN Elektronik No ID 1425969371 tanggal 22 Januari 2020. Jurnal Keperawatan Padjadjaran ber- nomor ISSN Cetak (2338 5324) dan sejak tahun 2015 ber- nomor ISSN Cetak (2338 5324). ISSN Elektronik No. (2442 7276).

Jurnal Kajian Komunikasi

Revisi pedoman penulisan pada bulan Juni 2016 pada antarmuka artikel. Template jurnal yang digunakan sejak edisi Desember 2017 terdapat tambahan sumber judul di halaman pertama. Pada edisi yang sama, dilakukan revisi pada ruang lingkup dan fokus. Tertanggal 5 Mei 2017, nama Jurnal pada header website berubah, yang semula Jurnal Kajian Komunikasi menjadi Jurnal Kajian Komunikasi untuk menyesuaikan data nama asli ketika akan mengajukan Jurnal ISSN.

Jurnal Bisnis dan Manajemen

JBM terakreditasi/terindeks SINTA 2 oleh Kemenristek/BRIN sesuai Surat Keputusan Nomor 200/M/KPT Tahun 2020 . Jurnal Bisnis Manajemen sebelumnya terakreditasi “B” oleh Kemristek Dikti RI. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM), ber-ISSN 1412 - 3681 (cetak) dan  ISSN 2442 - 4617 (Online) , Lembaga penerbitan LMFE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran.  #khairpedia. Penerbitan dengan durasi dua kali setahun (Maret dan September). JBM pada masing-masing edisi menerima artikel dan harus melalui proses review oleh editor internal maupun eksternal. Kemudian, penijauan artikel oleh resensi yang memiliki keahlian tertentu. Peninjauan artikel oleh peer review double-blind. Penerbitan makalah yang dipilih di bawah Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Anestesi Perioperatif

Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP) adalah jurnal publikasi ilmiah dengan durasi penerbitan pada bulan April, Agustus dan Desember, seleksi artikel jurnal menggunakan sistem peer review. JAP menerima artikel penelitian relevan dan asli pada bidang anestesiologi dan terapi intensif serta laporan kasus anestesi. JAP telah terindeks nasional dan internasional seperti Indonesian Publication Index (IPI), Portal Garuda Dikti, Google Scholar, Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), Worldcat, Directory of Open Access Journal (DOAJ) dan CrossRef/DOI (Digital Object Identifier).

Jurnal Farmasi Klinik Indonesia

IJCP (Indonesian Journal of Clinical Pharmacy/ Jurnal Farmasi Klinik Indonesia) terakreditasi ulang oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RISTEKDIKTI) tahun 2019 dengan Peringkat II (Peringkat 2/Sinta 2, berlaku 2019-2023) (No .30/E/KPT/2019). #khairpedia.  Penambahan jumlah artikel untuk setiap edisi dari lima menjadi delapan artikel yang dimulai edisi Maret 2015 supaya meningkatkan kualitas jurnal dan menampung kuota permintaan penulis artikel terbaik dari dalam negeri maupun manca negara.

Majalah Kedokteran Bandung

MKB (Majalah Kedokteran Bandung) adalahn majalah publikasi ilmiah, diterbitkan setiap bulan Maret, Juni, September, dan Desember. MKB memakai sistem peer review untuk seleksi artikel. MKB menerima artikel penelitian relevan dan asli pada bidang kesehatan, terapan dan kesehatan serta ilmu kedokteran dasar. MKB telah terindeks nasional maupun internasional antara lain: Terakreditasi DIKTI (SK No. 58/DIKTI/Kep/2013) sampai tahun 2018, Indonesian Publication Index (IPI), Portal Garuda Dikti, Google Scholar, Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), Sherpa/Romeo, Worldcat, CrossRef/DOI (Digital Object Identifier), Directory of Open Access Journal (DOAJ), Directory of Research Journal Indexing (DRJI), dan dalam proses Scopus. #khairpedia.

Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar