Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Beasiswa Kuliah di Turki 2022 untuk S1, S2 dan S3



Turki banyak menjadi pilihan para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah. Selain karena kualitas pendidikan, Turki juga memiliki banyak beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa agar bisa melanjutkan kuliah di negara tersebut. Beasiswa kuliah di Turki 2022 sudah mulai dibuka.

Apabila ingin melanjutkan studi ke negara Turki sebaiknya segera mempersiapkannya sedini mungkin. Beberapa informasi terkait beasiswa dapat membantu untuk mempersiapkannya. Untuk itu simak ulasan mengenai beasiswa kuliah di Turki berikut ini:

Macam Macam Beasiswa ke Turki

Turki memberikan banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa asing termasuk dari Indonesia untuk melanjutkan studi ke negara tersebut. Beasiswa kuliah di Turki ini beragam, mulai dari beasiswa dari pemerintah Turki, kementerian agama, hingga yayasan. Bagi para pejuang beasiswa, simak beberapa beasiswa kuliah di Turki 2022 berikut ini:

1. Turkiye Burslari

Rekomendasi beasiswa pertama yang patut dicoba oleh para pencari beasiswa kuliah di Turki adalah beasiswa dari pemerintah Turki yang satu ini. Turkiye burslari ini memberikan banyak benefit kepada penerimanya. Pendaftaran beasiswa Turkiye burslari ini terus dibuka setiap tahunnya untuk jenjang S1, S2 dan S3.

Untuk itu, calon penerima beasiswa harus siap-siap apabila pendaftaran sudah dibuka. Lantas kapan beasiswa Turki 2022 dibuka? Jika ingin mendaftar Turkiye Burslari pendaftaran sudah mulai dibuka bulan Januari hingga Februari. Selain menerima biaya kuliah, akomodasi dan tempat tinggal, Setiap bulannya penerima beasiswa juga mendapatkan uang saku sebesar 1,6 juta.

2. Turkiye Diyanet Foundation (TDV) 

Selain beasiswa dari Turkiye Burslari, Turkiye Diyanet Foundation juga menjadi salah satu beasiswa yang banyak diburu oleh mahasiswa Indonesia. Pendaftaran untuk beasiswa ini dibuka pada bulan Maret dan bisa diikuti oleh calon mahasiswa asing yang ingin berkuliah di Turki.

Beasiswa yang satu ini tersedia untuk jenjang S1,S2 dan S3. Cakupan beasiswa yang diberikan oleh program ini juga banyak. Selain biaya pendidikan, mahasiswa juga bisa mendapatkan uang saku, tempat tinggal dan masih banyak lainnya. Besarnya uang saku yang diberikan menyesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ditempuh.

3. General Directorate of Foundations Scholarship

Berikutnya, calon pelajar indonesia juga bisa memilih beasiswa General Directorate of Foundations Scholarship untuk berkuliah di Turki. Program beasiswa tersebut ditujukan kepada semua mahasiswa yang berkuliah di Turki. Pendaftaran beasiswa kuliah di Turki untuk program ini dibuka mulai bulan September hingga Oktober.

Untuk uang saku beasiswa Turki dari General Directorate of Foundations Scholarship adalah sebesar 500 TL per bulan. Atau apabila dirupiahkan adalah sekitar Rp. 500.000 per bulan. Beasiswa ini diberikan selama 8 bulan saja.

Cara Mendapatkan Beasiswa ke Turki

Bagi yang ingin berkuliah di Turki secara gratis tentu sangat menanti-nanti pendaftaran beasiswa kuliah di Turki 2022 dibuka. Beasiswa di Turki tersebut beragam dan masing-masing memiliki tanggal pembukaannya sendiri. Untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di Turki lakukan cara berikut:

1. Mencari Informasi Beasiswa yang Diinginkan

Beasiswa kuliah di Turki ada banyak dan beragam serta memiliki tanggal pendaftaran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu sebelum mendaftar beasiswa perbanyak riset untuk mencari informasi beasiswa yang diinginkan. Mulai dari benefit yang didapatkan, cara mendaftar hingga tanggal pendaftaran.

2. Mendaftar Secara Online

Setelah menentukan pilihan beasiswa yang ingin diambil, lakukan pendaftaran secara online. Kebanyakan beasiswa kuliah di Turki melakukan pendaftaran secara online bagi calon mahasiswanya. Misalnya untuk mendaftar beasiswa dari Turkiye Burslari, kunjungi  https://tbbs.Turkiyeburslari.gov.tr/.

Menariknya dari beasiswa kuliah di Turki adalah mahasiswa bisa mendaftar beasiswa dan universitas sekaligus. Oleh sebab itu saat melakukan pendaftaran tentukan sekaligus universitas dan jurusan yang diminati. Dengan demikian ketika lolos masuk ke universitas tersebut otomatis juga mendapatkan beasiswa.

3. Melengkapi Persyaratan

Berikutnya melengkapi semua persyaratan yang diberikan oleh pemberi beasiswa. Untuk dokumen-dokumen yang diupload dalam pendaftaran harus diterjemahkan ke dalam bahasa Turki atau Inggris sesuai dengan permintaan. Setelah menyelesaikan pendaftaran maka pelamar beasiswa hanya perlu menunggu konfirmasi selanjutnya.

4. Melakukan Wawancara

Apabila lolos pada tahap administrasi, maka pelamar akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu wawancara. Tahap ini yang akan menentukan lolos atau tidaknya untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Turki. Oleh sebab itu persiapkan wawancara dengan sebaik mungkin.

Iti tadi adalah sekilas informasi mengenai beasiswa kuliah di Turki 2022. Para pejuang beasiswa harus segera mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa yang buka. Selain dari pemerintah resmi, ada banyak yayasan swasta di Turki yang juga memberikan beasiswa kuliah bagi mahasiswa asing untuk berkuliah disana.