Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

5 Universitas Dengan Program Studi Zoologi Terbaik Di Dunia 2022


Jurusan Zoologi merupakan salah satu fakultas yang berhubungan dengan hewan. Hingga sekarang di Indonesia masih belum tersedia Universitas dengan Program Studi Zoologi. Namun jurusan ini bisa di ambil di kampus luar negeri tetapi bila tidak ingin jauh bisa juga mengambil mata kuliah yang ada peminatan zoology.

Ada pun kampus dalam negeri yang terdapat mata kuliah tersebut yaitu Universitas Jambi, UGM, Universitas Jenderal Soedirman dan juga Universitas Makassar. Selain itu tidak tersedia, namun bila di luar negeri, para pelajar bisa mengambil jurusan murni zoology. Sebenarnya karena dapat berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di alam baik itu yang hidup di darat ataupun air.

Pengertian Zoologi

Sebelum membahas perguruan tinggi terbaik untuk program studi zoology, lebih baik perlu mengenal Program Studi Zoologi. Adapun penjelasannya yaitu zoology merupakan cabang dari ilmu biologi. Didalamnya belajar dan memahami tentang perilaku hewan dari berbagai macam spesies di lingkungan alam.

Selain itu juga zoologi adalah ilmu yang mempelajari tentang anatomi tubuh makhluk tersebut, fungsi dan juga karakteristik fisiknya. Jadi artinya zoologi adalah ilmu yang mempelajari dan mendalami tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan hewan. 

Dimana pada dasarnya, para ahli biologi ataupun zoologi memantau perkembangan dan juga langsung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan. Bahkan yang mengambil jurusan tersebut harus menghabiskan sebagian waktunya berada di laboratorium. Ataupun di lapangan untuk digunakan meneliti dari segi anatomi hingga habitatnya.

Fakultas ini sangat menyenangkan dan yang pasti juga menguntungkan. Program tersebut fokus dalam melakukan perlindungan dan juga melestarikan makhluk tersebut di lingkungan alam.

Universitas Terbaik dengan Program Studi Zoologi

Akhir-akhir ini banyak yang mencari Universitas dengan Program Studi Zoologi karena berminat untuk masuk pada jurusan yang berhungungan dengan hewan tersebut. Namun sayangnya di Indonesia masih belum ada kampus yang murni menyediakan jurusan tersebut. 

Bila ingin mendalami program studi zoologi ini, solusi yang bisa diambil yaitu dengan berkuliah di luar negeri. Adapun universitas terbaik yang bisa dijadikan untuk menimba ilmu dalam bidang zoologi adalah:

  • University of Cambridge. Perguruan tinggi ini menyediakan jurusan ilmu biologi dimana itu akan mempelajari tentang zoologi didalamnya. Selain itu di Kampus tersebut juga terdapat UC Museum of Zoology. Menjadikan universitas tersebut masuk kategori terbaik di bidang yang berkaitan dengan hewan tersebut.
  • Universitas of Oxford. Universitas dengan Program Studi Zoologi yang satu ini merupakan suatu lembaga yang menyediakan jurusan tersebut dengan tingkat sarjana dan juga pascasarjana .
  • Harvard University. Untuk kampus yang satu ini letaknya juga di daerah Cambridge yang berdiri sejak tahun 1636. Perguruan tinggi yang satu ini popular dengan penelitian dan pengajaran program sarjana dibidang ilmu zoology.
  • University of Melbourne. Kampus ini sudah populer di seluruh belahan dunia sebagai universitas terbaik di program studi yang berkaitan dengan hewan tersebut. Perguruan tinggi ini didirikan sejak tahun 1853 silam dan sudan mencapai 48,088 pelajar yang mendaftar di kampus tersebut.
  • Stanford University. Satu lagi yang masuk dalam kategori terbaik di bidang zoology yaitu kampus Stanford. Sebenarnya perguruan tinggi yang stau ini masuk dalam jajaran kampus swasta yang berada di daerah California. Selain jurusan zoology, masih banyak juga fakultas lain yang terdapat pada uiversitas ini.

Itulah tadi penjelasan dan juga beberapa Universitas dengan Program Studi Zoologi yang ada di dunia. Sebenarnya jurusan yang berhubungan dengan hewan liar ini memiliki resiko yang sangat tinggi. Namun juga sangat menguntungkan bila sebelumnya mendapatkan pelatihan secara formal terlebih dahulu.