Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

6 Cara Mengatasi Pengunduhan Gagal Di WA Dengan Cepat


Cara mengatasi pengunduhan gagal di WA banyak dicari pengguna. Dalam menggunakan WA, pengguna mungkin pernah menemukan masalah pesan error yang terdapat di layar bahwa pengunduhan gagal. Pengunduhan tidak dapat diselesaikan. Biasanya pesan tersebut banyak ditemukan ketika gagal mengunduh status WA, file dokumen maupun gambar yang ada dalam chat.

Pengunduhan gagal di WA merupakan suatu hal yang lumrah ditemui pengguna. Dan pastinya dilatar belakangi oleh beberapa penyebab. Diantaranya masalah jaringan internet, penyimpanan internal penuh, salah dalam pengaturan tanggal dan lain sebagainya. Nah sebab itu berikut 6 cara mengatasi pengunduhan gagal di WA dengan cepat:

 1. Membersihkan Cache WhatsApp

Dalam mengatasi pengunduhan yang gagal di WA bisa menggunakan cara yang satu ini. Yaitu dengan cara membersihkan cache whatsapp. Mudah sekali membersihkan cache melalui pengaturan handphone.

Langkah awal yaitu membuka menu dalam pengaturan handphon. Kemudian pilih menu aplikasi atau Apps. Lalu pengguna memilih kelola aplikasi atau manage apps dan cari menu whatsapp. Lalu pilih hapus data dan pilih hapus cache. Kemudian silahkan coba kembali Whatsapp, lalu download file yang sebelumnya gagal untuk diunduh.

 2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Cara mengatasi pengunduhan gagal di WA salah satunya yaitu pastikan koneksi internet lancar atau stabil. Apabila koneksi internet bermasalah lemot, maka pengguna bisa beralih ke koneksi internet yang lebih stabil dan lancar. Seperti paket data maupun WiFi.

Dalam menggunakan wifi Indihome, pengguna bisa mengganti dengan DNS Indihome dengan yang lebih cepat. Jika koneksi internet sudah stabil dan lancar, akan tetapi gagal dalam pengunduhan, maka solusi nya yaitu merestart handphone terlebih dahulu.

 3. Update WhatsApp Ke Versi Terbaru

Apabila pengguna gagal mengunduh status, file dokumen maupun gambar yang ada di WhatsApp. Kemungkinan pengguna masih menggunakan versi yang lama. Oleh karena itu silahkan cek kembali kapan terakhir kali pengguna memperbarui WhatsApp.

Namun, jika pengguna masih menggunakan versi yang lama. Disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Caranya cukup mudah yang pertama membuka play store yang ada di handphone. Kemudian cari WhatsApp dan pilih tombol update untuk memperbaharui nya.

 4. Hapus File Yang Tidak Berguna Di Penyimpanan Internal

Cara mengatasi pengunduhan gagal di WA bisa dilakukan dengan menghapus sebagian file di penyimpanan internal. File yang kesimpan tersebut menyebabkan memori penuh. Jadi pengguna disarankan untuk menghapus file yang tidak berguna.

Pengguna bisa mencari melalui file manager ataupun melalui galeri untuk menghapus foto atau video yang sudah tidak terpakai. Pastikan bahwa file terletak di penyimpanan internal, karena berkas WhatsApp tersimpan di dalamnya.

 5. Tanggal dan Waktu Atur Secara Otomatis

Masalah dalam gagal pengunduhan di WA bisa juga disebabkan dengan kesalahan pengaturan tanggal dan waktu. Pengguna harus atur secara otomatis, supaya tidak terjadi kegagalan dalam pengunduhan di WA.

 6. Restart Handphone

Untuk mengatasi gagal pengunduhan di WA yaitu restart Handphone. Dengan hal tersebut maka koneksi internet, sistem dan memori handphone akan disegarkan kembali. Sehingga dengan merestart handphone maka akan mengatasi masalah pengunduhan gagal yang ada di WhatsApp.

Nah begitulah 6 cara mengatasi pengunduhan gagal di WA dengan cepat. Jika mengalami masalah seperti tersebut. Pengguna harus mengetahui beberapa faktor penghambat yang mempengaruhi pengunduhan. Oleh sebab itu pengguna smartphone dapat mencoba langkah diatas untuk mengatasi gagal pengunduhan pada WA.