Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi Di Hp Samsung



Memori penyimpanan Hp Samsung penuh tentu akan sangat mengganggu aktivitas. Biasanya untuk mengosongkan ruang penyimpanan pengguna akan menghapus sebagian file yang dimiliki termasuk instalasi aplikasi. Namun bagaimana jika semua aplikasi yang terpasang itu penting? Tak perlu khawatir, sebab ada cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di Hp Samsung yang bisa pengguna lakukan.

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah memori penuh pada Hp Samsung tanpa harus kehilangan banyak file. Pengguna bisa memindahkan semua file aplikasi yang dimiliki ke kartu SD agar penyimpanan Hp menjadi lebih luas. Untuk mengetahui caranya, simak penjelasan berikut:

Cara Mengosongkan Penyimpanan Tanpa Root

Tanpa melalui proses root dan menghapus aplikasi di Hp pengguna bisa mengatasi masalah memori penuh dengan mudah. Dengan cara ini pengguna bisa mengosongkan penyimpanan yang dimiliki agar lebih luas. Untuk mengetahui apa saja caranya simak berikut ini:

1. Pindahkan Aplikasi dan File ke Kartu SD

Cara pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi memori penuh tanpa harus menghapus aplikasi adalah dengan memindahkan aplikasi tersebut ke kartu SD. Jadi, sebelumnya pastikan pengguna sudah memasang kartu SD sebagai penyimpanan tambahan di Hp. Untuk mengetahui cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di Hp Samsung, simak penjelasannya berikut:

  • Buka pengaturan pada Hp Samsung.
  • Pilih pada menu aplikasi.
  • Setelah daftar aplikasi yang terpasang di Hp muncul, klik pada aplikasi yang ingin dipindah.
  • Pada menu 'ganti penyimpanan' Pindah penyimpanan aplikasi ke memori SD.

2. Cadangkan File

Selain memindahkan file ke kartu memori, agar penyimpanan lebih luas pengguna juga bisa mencadangkan file yang dimiliki ke penyimpanan cloud. Unggah foto, maupun dokumen ke Google drive atau OneDrive. Dengan demikian, penyimpanan perangkat bisa luas karena file sudah disimpan di cloud.

Cara Mengosongkan Penyimpanan Dengan Root

Memiliki penyimpanan yang kecil membuat pengguna tidak bisa mengunduh banyak aplikasi di Hp. Oleh sebab itu agar bisa menggunakan banyak aplikasi pengguna harus sering membersihkan file dan lepas pasang aplikasi. Namun ternyata ada cara yang lebih efektif agar penyimpanan Hp Samsung yang kecil menjadi lebih besar.

Untuk melakukannya pengguna bisa mengubah kartu SD menjadi memori internal. Dengan cara ini, masalah memori penuh akan dapat diatasi sebab kapasitas memori internal bertambah. Cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di Hp Samsung melalui root bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Pasang Kartu SD

Untuk mengubah kartu SD menjadi memori internal di Hp Samsung pengguna bisa memilih kartu SD dengan kapasitas yang besar. Pastikan juga untuk memilih kartu SD yang memiliki kualitas yang baik. Setelah itu pasang kartu SD ke Hp dan pastikan kartu SD sudah terpasang.

2. Ubah Kartu SD Menjadi Memori Internal

Setelah kartu SD terpasang, buka menu Pengaturan pada Hp lalu pilih menu penyimpanan. Klik pada kartu SD yang sudah pengguna pasang sebelumnya. Di sebelah kanan terdapat menu yang berisi berbagai opsi setelan. Klik pada tulisan 'setelan penyimpanan'.

Setelah itu akan muncul 2 opsi, pilihan pada tulisan format as internal. Konfirmasi proses format dan tunggu hingga selesai. Dengan demikian kartu SD tersebut sudah menjadi memori internal Hp dan kapasitas penyimpanan menjadi bertambah sesuai dengan besarnya kapasitas kartu SD yang digunakan.

3. Pindahkan File dan Aplikasi

Setelah melalui cara di atas pengguna Hp Samsung bisa memiliki penyimpanan yang lebih luas. Pindahkan semua file dan juga aplikasi yang dimiliki pada kartu SD yang sudah diubah menjadi memori internal tersebut. Dengan demikian, pengguna tak perlu lagi menghapus aplikasi untuk mengatasi masalah memori penuh.

Itu tadi adalah cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di Hp Samsung. Pengguna bisa menggunakan cara di atas agar memiliki ruang penyimpanan yang lebih luas. Namun perlu diketahui jika menggunakan root, kartu SD yang dipasang tidak akan bisa digunakan lagi pada Hp lain.