Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Inilah Cara Menggunakan Shutterstock untuk Mahasiswa DKV



Shutterstock menjadi platform yang menyediakan foto stock paling populer di dunia. Bagi mahasiswa, platform ini bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang tambahan. Cara menggunakan Shutterstock untuk mahasiswa DKV ini yaitu dapat berperan sebagai kontributor. Tugas dari kontributor ini akan mengunggah gambar ke website untuk dijual.

Nantinya foto tersebut akan dijual dan pengguna akan mendapatkan penghasilan yang langsung dibayarkan lewat PayPal. Inilah pembahasan tentang apa itu Shutterstock dan cara menggunakannya bagi mahasiswa DKV yang perlu disimak.

Mengenal Shutterstock dan Peluangnya

Shutterstock dikenal sebagai platform microstock yang paling populer serta memiliki tingkat penjualan tertinggi. Berkantor pusat di New York, Shutterstock ini didirikan dan dikembangkan oleh Jon Oringer sejak tahun 2003. Platform ini mengusung misi untuk menghubungkan kontributor serta profesional di bidang bisnis kreatif di seluruh dunia.

Platform ini bisa menjadi peluang bagus bagi mahasiswa DKV yang ingin mengembangkan kreativitas serta mendapatkan penghasilan. Cara daftar Shutterstock 2022 dapat dilakukan dengan bergabung menjadi kontributor untuk mahasiswa DKV yang menjual vektor maupun gambar dengan free royalty.

Selain gambar dan vektor, kontributor dapat membagikan video maupun musik dengan kriteria tertentu. Nantinya pihak Shutterstock akan melakukan review  untuk memastikan karya dari kontributor telah memenuhi kriteria. Kemudian, hasil karya bisa diterbitkan di platform dan kontributor akan menerima notifikasi jika terjual.

Cara Menggunakan Shutterstock 

Bagi Mahasiswa DKV, hasil fotografi maupun desain bisa dijual melalui Shutterstock. Terdapat sejumlah cara menggunakan Shutterstock untuk mahasiswa DKV yang dapat diterapkan untuk dapat menjadi kontributor. Inilah cara yang perlu diketahui, antara lain:

1. Mendaftar Sebagai Contributor di Shutterstock

Mahasiswa DKV bisa memulai menjadi kontributor di Shutterstock dengan melakukan registrasi. Proses registrasi ini cukup gampang dengan mengakses situs Shutterstock, lalui cari opsi untuk mendaftar sebagai kontributor. Kemudian, isi formulir dengan detail dan tepat supaya mendapatkan akses menjual hasil foto.

Setelah itu, konfirmasi e-mail yang sudah terdaftar di Shutterstock. Apabila proses konfirmasi berhasil, pengguna telah otomatis bergabung serta bisa melakukan Shutterstock contributor log in dengan akun tersebut.

2. Melakukan Konfirmasi Akun

Proses konfirmasi akun perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum menjualnya di Shutterstock. Pihak dari Shutterstock biasanya akan meminta mengisi kata sandi atau mengunggah KTP. Pastikan untuk menyiapkan persyaratan tersebut dengan baik supaya registrasi bisa berhasil dilakukan.

3. Memiliki Akun PayPal

Dalam mempermudah transaksi penjualan, Shutterstock menyediakan akun PayPal sebagai metode pembayaran. PayPal ini dikenal sebagai dompet digital yang sering digunakan untuk transaksi jual beli karena jauh lebih aman. Jadi, pengguna disarankan mempunyai akun PayPal sebelum melakukan pendaftaran.

4. Mengikuti Seleksi Foto

Kontributor dapat mulai menjual gambar di Shutterstock dengan persyaratan tertentu. Pengguna bisa langsung mengunggah foto yang berkualitas bagus dan hasil karya sendiri. Model release diperlukan bagi yang menggunakan objek orang di foto. Hindari watermark maupun brand di foto yang akan diunggah.

5. Menunggu Proses Review dari Shutterstock

Setelah berhasil, pihak Shutterstock akan melakukan penilaian serta review terhadap foto yang diunggah. Nantinya foto tersebut akan dimasukkan ke situs Shutterstock. Sedangkan, foto yang diterbitkan, biasanya akan ditunda dengan catatan perbaikan dan saran untuk hasil foto yang kurang memenuhi persyaratan.

Pengguna diharapkan bisa melakukan perbaikan sebelum mengunggahnya ke website. Pengguna bisa memperoleh pendapatan jika foto telah lolos seleksi yang akan dikirimkan ke akun PayPal. Selain itu, pembeli bisa mengunduh foto tersebut melalui Shutter stock downloader.

Demikian pembahasan tentang cara menggunakan Shutterstock untuk mahasiswa DKV. Para mahasiswa bisa mengembangkan kemampuannya di bidang desain dan fotografi untuk menjual karyanya lewat Shutterstock. Melalui platform ini,  pengguna dapat memperoleh penghasilan dari jual beli foto atau vektor jika berhasil lolos seleksi dari pihak Shutterstock.