Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cara Mengecek Plagiarisme Skripsi Tanpa Pungutan Biaya


Dewasa ini sering sekali terjadi plagiarisme skripsi sehingga perlu adanya pengecekan untuk melihat kemiripannya tersebut. Tersedia beberapa alat yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekannya. Cara mengecek plagiarisme skripsi menggunakan alat tersebut pun relatif mudah. Berikut beberapa caranya:

Cara Pengecekan Plagiarisme Skripsi

Mengerjakan skripsi bukanlah perkara yang mudah karena tidak boleh dianggap mirip dengan karya orang lain. Untuk melakukan pengecekannya pun bisa dilakukan dengan beberapa website yang telah disediakan secara gratis. Berikut cara cek plagiat dengan beberapa website:

1. SmallSEOtools

Ketenaran aplikasi ini memang tidak perlu diragukan lagi. Beberapa blogger tentu sudah sering menggunakannya. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia dalam bentuk desktop sehingga bagi yang ingin menggunakannya harus mengunjungi websitenya terlebih dahulu. Berikut cara mengecek plagiarisme skripsi via SmallSEOtools:

  • Mulanya pengguna harus membuka websitenya terlebih dahulu melalui browser yang ada di laptop.
  • Pilih plagiarisme checker jika pengguna sudah masuk ke halamannya.
  • Selanjutnya cek seberapa mirip skripsi tersebut dengan milik orang lain yang sudah ada terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa batasan untuk mengecek jumlah katanya adalah 1000 kata saja sehingga apabila katanya lebih dari itu harus dilakukan secara bertahap.
  • Silahkan salin tulisan yang sudah dibuat dan tempelkan ke dalam kotak yang sudah tersedia. cara mengecek plagiarisme skripsi lain bisa dilakukan dengan melakukan import file dalam format word. Namun, pastikan terlebih dahulu jumlah katanya tidak lebih dari 1000.
  • Segera tekan tombol Check Plagiarisme apabila sudah yakin dengan hasil tulisan tersebut.
  • Tunggu alat tersebut melakukan kerjanya untuk mengecek plagiasi.
  •  Nantinya akan segera muncul indikator warna yaitu ada warna hijau dan merah. Jelas bahwa warna hijau menunjukkan bahwa skripsi tersebut bebas dari plagiasi. Apabila warna yang ditunjukkan adalah merah berarti terdapat plagiasinya yang dinyatakan dalam format persen.
  • Pengguna bisa mengubah kata-kata yang mengalami plagiasi tersebut dan nanti bisa dilakukan pengecekan kembali.

2. Plagscan

Situs pengecekan plagiat ini tak perlu mengeluarkan uang untuk mencobanya. Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat batasan yang harus diperhatikan untuk menggunakan versi yang gratis. Beberapa cara mengecek plagiarisme skripsi pun harus ditempuh untuk bisa melihat hasilnya. Ini dia yang haru dilakukan:

  • Pengguna harus membuka websitenya terlebih dahulu dengan membuka situs Plagscan
  • Silahkan membuat akunnya terlebih dahulu untuk bisa melakukan pengecekan skripsi
  • Setelah selesai, akan muncul halaman yang bisa digunakan untuk cek plagiat.
  • Terdapat 3 pilihan untuk melakukan pengecekannya. Pengguna pun bisa memilih salah satu yang paling dianggap mudah. Dimana pengguna bisa melakukan copy paste atau import file atau yang terakhir yaitu mengakses link web.
  • Apabila filenya sudah tersedia pada situsnya, silahkan tekan tombol Check.
  •  Tunggulah sistem melakukan pengecekannya secara akurat untuk memperlihatkan hasilnya.
  • Cara mengecek plagiarisme skripsi selanjutnya yaitu dengan klik Report untuk melihat hasil dari pengecekan yang telah dilakukan. Apabila terdapat tulisan yang plagiat, maka akan ditandai dengan warna merah
  • Segera ubah kalimat yang masih dianggap sama dengan tulisan orang lain tersebut dan lakukan pengecekan lagi.
  • Pengecekan secara gratis ini hanya dibatasi 20 kredit saja sehingga manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Selebihnya silahkan gunakan versi premium dengan membayarnya terlebih dahulu.

3. Turnitin

Di kalangan dosen maupun mahasiswa pasti sudah sering sekali mendengar alat cek plagiat ini. Nyatanya, turnitin memang bisa digunakan untuk mengecek plagiat skripsi secara gratis. Namun, harus punya Class ID beserta Class Enrollment Key terlebih dahulu. Berikut cara yang bisa ditempuh mahasiswa:

  • Bukanlah website dari turnitin terlebih dahulu
  • Lakukan login dengan menggunakan Class ID beserta dengan Enrollment Keynya.
  •  Pilih menu Assignments dan klik pula Add
  • Isilah data yang diperlukan tersebut sesuai dengan keadaannya dan pilih Single Upload File Only.
  • Klik pada bagian Turnitin Service dan pilihlah opsi Turnitin yang paling pas
  • Segera tekan post untuk mencantumkan filenya dan menunggu hasil plagiasinya.

Tips Supaya Terhindari Dari Plagiat

Plagiat memang sebenarnya sulit untuk dihindari, namun tetap saja ada tips yang bisa dilakukan agar terhindari dari kesamaan tulisan tersebut. Bagi orang awam tentu masih bingung bagaimana cara menyiasatinya, oleh sebab itu perlu menyimak tips menghindari skripsi yang plagiat seperti di bawah ini:

1. Lakukan Parafrase

Parafrase yaitu kegiatan membaca karya orang lain kemudian menulisnya kembali dengan bahasa yang telah dikembangkan sendiri. Dengan cara ini, maka akan bebas dari plagiat asalkan tulisannya tidak mirip namun inti dari tulisannya sama. Meskipun sudah dilakukan parafrase, maka sumber harus tetap dicantumkan di dalam skripsi.

2. Cantumkan Tanda Kutip

Pengguna yang memang mengambil kutipan dari orang lain, silahkan untuk mencantumkan tanda kutip tersebut guna mempertegas bahwa memang diambil dari tulisan orang lain. Hal ini tentu akan semakin memperkuat posisi bahwa tulisan tersebut diambil dari sumber lain sehingga bisa menghindari dari plagiat.

3. Tulis Daftar Pustaka

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa daftar pustaka berisi sekumpulan sumber yang memang dijadikan sebagai referensi ketika menulis skripsi. Mencantumkan daftar pustaka artinya penulis mengakui bahwa di dalam skripsinya terdapat pendapat atau hasil penelitian dari orang lain.

Informasi terkait cara mengecek plagiarisme skripsi tersebut sangat membantu sekali bagi para pejuang skripsi yang sampai saat ini belum selesai juga. Tak perlu khawatir karena cara tersebut tidak akan menyulitkan bagi siapapun. Segera cek skripsinya dan perbaiki bagian yang memang masih terkena plagiat.