Table of Content

Cara Mengetahui Typo di Word

Cara Mengetahui Typo di Word | Salah pengetikan kata atau typo saat seseorang menulis memang wajar terjadi. Namun, hal itu tidak boleh dibiarkan

Cara Mengetahui Typo di Word | Salah pengetikan kata atau typo saat seseorang menulis memang yang wajar terjadi. Namun, jika hal itu dibiarkan bisa menjadi sebuah masalah besar saat anda membuat sebuah tulisan ilmiah sejenis skripsi, dan lainnya. Jika anda biarkan, kesalahan ketik yang parah akan berakibat pada nilai yang buruk atau bahkan juga revisi berulang terus-menerus. Biasanya, semua tulisan ilmiah itu dituliskan dengan Microsoft Word.

Hingga saat ini masih sangat banyak orang yang belum pernah mengetahui cara cek tulisan typo di word, dan bahwa aplikasi microsoft word memiliki sebuah fitur untuk memeriksa kesalahan dalam pengetikan saat membuat sebuah tulisan. Hal ini karena fitur tersebut tersembunyi dan tidak secara otomatis aktif sebagaimana fitur microsoft word yang lain.

Cara Mengetahui Typo di Word


Cara mengecek typo di word

Untuk bisa menerapkan cara mengecek typo di word otomatis terhadap kesalahan pengetikan atau tipo menggunakan microsoft word satu anda membuat sebuah tulisan, anda perlu mengaktifkan sebuah fitur yang bernama fitur proofing. Fitur proofing merupakan sebuah fitur yang berperan secara otomatis memberikan tanda bahwa terjadi kesalahan pengetikan pada sebuah kata atau kalimat. Dengan menggunakan fitur ini, anda akan bisa dengan sangat mudah mengetahui berbagai kesalahan pengetikan pada kata-kata dalam tulisan anda.

Akan tetapi, anda hanya bisa menggunakan fitur ini pada microsoft word 2010, 2013, , 2016 dan 2019.

Adapun langkah-langkah cara cek tulisan typo di word adalah sebagai berikut:

1. Mengunduh typo bahasa indonesia

Pada pengaturan dasarnya, fitur proofing dalam microsoft word hanya tersedia untuk bahasa inggris. Oleh karena itu, anda perlu mengunduh terlebih dahulu script typo untuk bahasa indonesia yang nantinya akan ditambahkan pada microsoft word anda. Caranya yaitu:

  • 1) bukalah microsoft word.
  • 2) pilih menu file, kemudian klik option.
  • 3) setelah pilihan sub option muncul, silahkan anda klik language.
  • 4) setelah itu, silahkan anda lihat pada opsi Office authoring language and proofing.
  • 5) anda perlu memastikan pada kolom tersebut sudah terdapat pilihan bahasa indonesia. Jika anda belum menemukan pilihan bahasa indonesia dalam kolom tersebut, maka klik pada tombol add a language.
  • 6) scroll ke bawah dan temukan bahasa indonesia. Lalu klik add.
  • 7) jika pilihan bahasa indonesia sudah muncul pada kolom sebelumnya, maka silahkan anda klik Proofing available yang ada tepat pada samping tulisan bahasa indonesia atau indonesian.
  • 8) berikutnya, anda akan secara otomatis mengunduh kamus besar bahasa indonesia dari halaman resmi microsoft word.
  • 9) click download, lalu tunggulah sampai proses pengunduhan selesai.
  • 10) jika berhasil selesai, bukalah file tersebut kemudian lakukan penginstalan bahasa indonesia pada microsoft word anda sampai selesai.

2. Pengaturan Proofing Options

Setelah penginstalan pilihan bahasa indonesia pada microsoft pertanda selesai, maka berikutnya anda perlu melakukan pengaturan bahasa indonesia di microsoft word anda dengan cara berikut:

  • 1) pada bagian Language, pilihlah bahasa indonesia, kemudian pilih Set as Preferred.
  • 2) bukalah pilihan Proofing, kemudian pilih semua pilihan yang muncul, kecuali pada bagian show readibility statistics yang ada pada bagian when correcting spelling-and-grammar in word.
  • 3) pilih ok jika sudah selesai.

3. Melakukan pengecekan typo

Jika semua tahapan dalam langkah-langkah di atas sudah anda lakukan dengan baik dan berhasil, maka saatnya anda untuk mencoba menggunakan cara cek tulisan typo di word pada tulisan anda.

Semua kata yang mengalami typo sehat anda menulis, akan muncul tanda garis merah pada bagian bawah kata yang salah tersebut.

Jika anda menemukan bahwa semua kata yang ada dalam tulisan anda bertanda merah, maka hal itu berarti anda bilang menerapkan kamus bahasa indonesia sudah anda unduh sebelumnya.

Untuk bisa memperbaiki hal ini, silahkan anda blok seluruh bagian tulisan anda menggunakan tombol CTRL+A, kemudian bukanlah pilihan review dan pilih Language. Berikutnya, pilih set proofing language, dan pilih indonesian.

Jika hal ini berhasil anda lakukan, maka cara memeriksa typo di word sudah bisa anda gunakan. Berikutnya, seluruh kata yang mengalami kesalahan pengetikan akan bisa anda perbaiki dengan cek typo otomatis ataupun manual.

Cara cek typo online bahasa indonesia microsoft word

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk cek typo online dalam tulisan anda, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan kamus bahasa indonesia edisi 5 online

Kamus besar bahasa indonesia, adalah kumpulan kata-kata baru yang menjadi acuan dalam bahasa indonesia. Anda bisa menggunakan kamus ini untuk memeriksa berbagai kesalahan pengetikan yang anda lakukan saat menulis. Anda bisa mengakses kamus bahasa indonesia online untuk keperluan. Cek typo online ini melalui link kbbi.kemdikbud.go.id.

2. Menggunakan google docs

Google docs yang merupakan singkatan dari google dokumen adalah salah satu fitur yang dimiliki boleh google docs untuk kepentingan pengecekan tipo dalam berbagai dokumen. Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • 1) udahlah dokumen anda dengan format .doc atau juga .docx pada google drive.
  • 2) bukalah dokumen anda menggunakan aplikasi google docs.
  • 3) gantilah bahasa yang ada pada google docs menjadi bahasa indonesia dengan cara pilih File>Language>bahasa Indonesia.
  • 4) kemudian pilihlah Tools>Spelling-and-grammar, lalu beri centang pada kolom Show spelling suggestion, dan juga pada kolom Show spelling Grammar.
  • 5) setelah semua proses diatas selesai, anda akan melihat anda garis merah pada semua kata yang mengalami kesalahan pengetikan.

3. Menggunakan situs cek typo online

Saat ini sudah banyak situs-situs yang menyediakan layanan cek typo online secara gratis, salah satunya yaitu typoonline.com.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, anda akan diminta menggunakan akun gmail, twitter, dan juga facebook untuk mendaftar.

Ikuti semua proses pendaftarannya, dan jika sudah selesai, maka anda akan bisa melakukan cek typo online pada situs tersebut dengan terlebih dahulu mengupload dokumen anda.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • 1) bukalah situs typoonline.com, gunakan salah satu browser yang anda miliki.
  • 2) klik dokumen, maka anda akan secara otomatis membuka pada halaman baru.
  • 3) pilih pada ikon kotak untuk mengunggah dokumen microsoft word anda pada situs ini.
  • 4) pilihlah file mana yang akan anda cek kesalahan pengetikan nya.
  • 5) masuklah menggunakan gmail, twitter, dan juga facebook.
  • 6) tunggulah sampai semua dokumen anda ter upload dengan baik.
  • 7) anda akan dialihkan ke halaman yang baru setelah proses upload berhasil. Setelah itu, anda akan melihat halaman hasil cek typo online koreksi tulisan anda.

Blogger Muda Alumni Program Studi Tafsir-Hadits UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar