Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Beasiswa pancakarsa pemda bogor untuk mahasiswa s1

Untuk anda mahasiswa S1 yang berada atau berdomisili di kabupaten bogor, tanggal 17 oktober 2022 pemerintah daerah kabupaten bogor membuka pendaftaran program beasiswa yang diberi nama dengan program beasiswa pancakarsa. Program beasiswa diperuntukkan untuk para mahasiswa yang berasal dari kabupaten bogor untuk tahun ajaran 2022 ini.

Program beasiswa panca karsa adalah program beasiswa yang ditujukan untuk para mahasiswa berprestasi yang berasal dari kabupaten bogor dalam bentuk bantuan uang tunai untuk biaya perkuliahan dari semester awal hingga semester akhir atau lulus kuliah.

Sebagaimana informasi yang disebutkan dalam postingan situs resminya yang dipublikasikan pada tanggal 15 oktober 2022, bahwa mahasiswa yang bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa panca karsa adalah mahasiswa yang berasal dari kabupaten bogor, berusia 16 hingga 30 tahun, sedang beri kuliah di salah satu perguruan tinggi yang menjadi mitra program beasiswa panca karsa dengan jenjang s1. 

Beasiswa pancakarsa, pemda bogor, untuk mahasiswa s1
beasiswa pancakarsa kab.Bogor.
Image by Desa Ingris 


Manfaat beasiswa panca karsa

Para penerima beasiswa yang lolos seleksi dalam program beasiswa ini akan menerima bantuan biaya pendidikan kuliah yang besarnya sesuai dengan ketentuan kampus masing-masing. Namun meskipun demikian, maksimal besaran beasiswa yang diberikan yang akan diterima oleh para mahasiswa adalah tidak lebih dari 10 juta rupiah. Biaya uang kuliah ini akan diberikan kepada para mahasiswa setiap semester nya, dari awal semester pertama dan maksimal semester 8.

Persyaratan beasiswa panca karsa

Terdapat beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para mahasiswa agar bisa menjadi penerima dalam program beasiswa panca karsa, yaitu sebagai berikut

  • Minimal sudah berusia 16 tahun pada tanggal 1 september 2021, atau maksimal berusia 30 tahun pada saat mahasiswa tersebut menerima beasiswa di semester kedelapan perkuliahan nya.
  • Warga asli kabupaten bogor, yang dibuktikan dengan dokumen kartu keluarga, kartu tanda penduduk, dan akta kelahiran.
  • Lulusan SMA, SMK, atau sederajat, serta sudah mengantongi tanda kelulusan SNMPTN atau sbmptn dari kampus perguruan tinggi negeri yang bermitra dengan program beasiswa panca karsa. Selain itu, para calon penerima juga bisa menunjukkan tanda lulus seleksi dari perguruan tinggi swasta yang sudah berbicara dengan program beasiswa panca karsa.
  • Calon penerima juga bisa berstatus sebagai mahasiswa yang sudah ber kuliah di kampus perguruan tinggi mitra program beasiswa panca karsa, namun dengan catatan tetap memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan pada poin pertama dan point ke-2.
  • Memiliki capaian prestasi dalam bidang akademik maupun bidang non akademik.

Dokumen beasiswa panca karsa 2022

Terdapat beberapa dokumen yang wajib dipenuhi atau dilampirkan oleh para calon penerima program beasiswa panca karsa, yaitu sebagai berikut

  • Melampirkan kartu tanda penduduk kabupaten bogor untuk para pendaftar yang berusia 17 hingga 30 tahun.
  • Melampirkan kartu KIA kabupaten bogor untuk para pendaftar yang masih berusia 16 tahun.
  • Kartu keluarga di kabupaten bogor.
  • Akta kelahiran.
  • Foto terbaru berwarna dengan warna latar belakang berwarna merah.
  • Melampirkan kartu tanda mahasiswa atau surat keterangan sebagai mahasiswa yang masih aktif dari kampus masing-masing.
  • Sertifikat yang menjadi bukti prestasi yang diraih.

Adapun dokumen yang bisa digunakan untuk membuktikan cape yang prestasi yang sudah diraih dapat berbentuk dokumen berikut ini:

Bukti prestasi akademik

  • Lampiran rapor dari sekolah masing-masing yang mencantumkan nilai semester ganjil dan semester genap di kelas 10, kelas 11, dan kelas 12. Nilai rata-rata yang dicapai tidak kurang dari 87,5 bagi mahasiswa semester 1.
  • Melampirkan kartu hasil studi atau transkrip nilai dengan nilai minimal ipk 3,5 untuk mahasiswa semester 3 hingga semester 7.

Bukti prestasi non akademik keagamaan 

adalah sebagai berikut

  • Sertifikat hafalan al-qur'an dengan jumlah hapalan minimal 5 juz, dari sebuah lembaga pendidikan hafalan al-qur'an.
  • Adapun khusus yang non muslim, prestasi non akademik di bidang keagamaan bisa dibuktikan dengan menggunakan surat rekomendasi atau surat keputusan dari lembaga pendidikan masing-masing, atau juga majelis agama masing-masing.
  • Lampiran piagam penghargaan juara satu tingkat kabupaten, atau juara 1 hingga juara 3 pada tingkat provinsi, atau juara harapan 1 hingga harapan 3 pada tingkat nasional maupun internasional pada bidang olahraga maupun kesenian.

Bukti prestasi dalam bidang olahraga dan kesenian 

dapat dibuktikan dengan dokumen berikut ini

  • Piagam penghargaan maupun sertifikat sebagai juara 1 pada tingkat kabupaten, atau juara 1 hingga juara 3 pada lomba tingkat provinsi, atau juara harapan 1 hingga harapan 3 pada tingkat nasional dan juga internasional pada bidang seni dan juga olahraga.

Adapun prestasi kepemudaan juga dapat melampirkan dokumen Piagam penghargaan maupun sertifikat sebagai juara 1 pada tingkat kabupaten, atau juara 1 hingga juara 3 pada lomba tingkat provinsi, atau juara harapan 1 hingga harapan 3 pada tingkat nasional dan juga internasional pada bidang seni dan juga olahraga.

Bentuk prestasi dalam bidang relawan dapat melampirkan dokumen sertifikat atau surat keterangan dan piagam penghargaan yang di dalamnya menyebutkan prestasi di bidang sosial khususnya bidang relawan.

Program beasiswa panca karsa merupakan program beasiswa yang sudah bekerja sama dengan tidak kurang dari 67 perguruan tinggi yang ada di seluruh indonesia. Proses seleksi dalam program beasiswa ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap seleksi administrasi, dan juga tahap seleksi prestasi. Tahapan seleksi administrasi akan dilakukan berdasarkan kelengkapan administrasi yang diminta oleh pihak penyelenggara dan dikirim oleh pihak calon penerima melalui website yang sudah ditentukan.

Adapun dalam proses seleksi prestasi, akan dilakukan berdasarkan tingkat capaian prestasi yang dimiliki oleh masing-masing calon peserta. Dengan kata lain bahwa dalam hal ini semakin banyak prestasi yang dimiliki, atau semakin tinggi prestasi yang dicapai oleh seseorang calon penerima beasiswa, maka semakin tinggi potensi dan kemungkinan mahasiswa tersebut akan lolos sebagai penerima beasiswa panca karsa.

Batas pendaftaran

semua proses pendaftaran dan pengiriman file yang dibutuhkan sebagai persyaratan dalam beasiswa ini akan ditutup pada tanggal 21 oktober tahun 2022, yaitu tepat pada pukul 23.59 waktu indonesia barat.

Link pendaftaran beasiswa panca karsa

Untuk melakukan pendaftaran pada program beasiswa panca karsa kabupaten bogor, anda bisa menggunakan link resminya yaitu melalui  beasiswapancakarsa.bogorkab.go.id.