Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Beasiswa Rotary Yoneyama 2023 untuk S1-S3

Beasiswa rotary yoneyama 2023 | Jika anda adalah seorang mahasiswa yang sedang mencari program beasiswa untuk bisa ber kuliah di negara jepang, maka beasiswa rotary yoneyama ini merupakan beasiswa yang paling cocok untuk anda. Program beasiswa ini memberikan peluang kepada penerima nya untuk menyelesaikan pendidikan sarjana s1, magister s2, dan juga doctor s3 di negara jepang langsung.

Namun perlu anda ketahui bahwa untuk bisa mendaftarkan diri dalam program beasiswa ini, para peserta harus mendaftar terlebih dahulu pada kampus tujuan yang berada di negara jepang, kemudian menyerahkan salinan dokumen pendaftaran tersebut kepada pihak penyelenggara beasiswa rotary yoneyama saat melakukan pendaftaran beasiswa.

Selain harus tersebut, sebagaimana yang sudah disampaikan juga oleh pihak pengelola beasiswa rotary yoneyama bahwa pada calon penerima beasiswa wajib untuk memiliki kemampuan bahasa jepang yang sangat baik yang dibuktikan dengan adanya sertifikat bukti kemampuan bahasa jepang atau JLPT N4.

Jika anda mendaftarkan diri untuk melanjutkan pendidikan anda di jenjang pascasarjana atau s2 maupun s3, maka  anda wajib melampirkan juga surat rekomendasi yang anda peroleh dari dosen pembimbing anda ataupun profesor pembimbing anda dalam penyusunan tesis maupun disertasi pada kampus yang anda tuju. 

Beasiswa Rotary Yoneyama 2023, untuk S1-S3

Beasiswa Rotary Yoneyama 2023 untuk S1-S3.

image by scholars official 

Kriteria penerima beasiswa rotary yoneyama

  • Para calon penerima beasiswa mempunyai kewarganegaraan bukan jepang, serta juga tidak mempunyai bukti kewarganegaraan ganda yang salah satunya adalah negara jepang.
  • Calon penerima beasiswa sedang menempuh atau akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi jenjang sarjana s1, magister s2, juga program doctor di salah satu universitas di jepang.
  • Calon penerima beasiswa wajib untuk memenuhi syarat sebagai penerima izin tinggal atau visa yang didalamnya berstatus sebagai seorang pelajar di negara jepang.
  • Calon penerima beasiswa wajib untuk tidak mempunyai riwayat yang menunjukkan bahwa ia pernah tinggal di jepang satu bulan sebelum beasiswa diberikan.
  • Calon penerima beasiswa berusia kurang dari 45 tahun saat beasiswa diberikan, atau memiliki tanggal lahir yang tidak kurang dari tanggal 2 april tahun 1978.
  • Calon penerima beasiswa memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa jepang dengan baik dan benar yang dibuktikan dengan adanya tes level JLPT dengan minimal N4.
  • Calon penerima belum pernah menerima beasiswa dari program beasiswa rotary sebelumnya,  dan juga tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari pihak penyelenggara beasiswa lainnya.
  • Memiliki kesehatan yang baik secara rohani maupun jasmani, serta mempunyai komitmen belajar yang sangat kuat.

Durasi penerimaan beasiswa rotary yoneyama

Para peserta yang lulus sebagai penerima program beasiswa ini akan menerima bantuan pendidikan dan juga biaya hidup selama 2 tahun, untuk seluruh jurusan perkuliahan s1 dan pasca sarjana yang berada di negara jepang.

Batas pendaftaran

Batas pendaftaran dalam program beasiswa ini adalah pada tanggal 31 oktober 2022 pukul 11.00 waktu indonesia barat.

Dokumen persyaratan

  • Lembar formulir pendaftaran yang diisi dengan baik dan benar.
  • Salinan dokumen dan bukti pendaftaran pada salah satu kampus yang berada di negara jepang.
  • Salinan dokumen bukti diterima sebagai mahasiswa di salah satu kampus di jepang.
  • Proposal rencana penelitian untuk program pascasarjana.
  • Esai ringkas Yang membahas tujuan para penerima beasiswa belajar di negara jepang.
  • Rekomendasi dari pihak dosen maupun pembimbing dalam penulisan disertasi dan tesis untuk mahasiswa pascasarjana.
  • Sertifikat bukti kemampuan berbahasa jepang JLPT N4.

Proses seleksi

Sebagaimana umumnya seleksi penerimaan beasiswa, akan dilakukan dengan diawali oleh seleksi administrasi, yang kemudian akan diikuti dengan interview, telepon, maupun juga pengiriman dokumen tertentu melalui email dari para peserta.

Hasil akhir yang menunjukkan peserta mana saja yang berarti lolos sebagai penerima program beasiswa ini akan diumumkan pada bulan maret 2023.

Kuota beasiswa

Menurut situs resminya, bahwa penerima yang berasal dari indonesia memiliki kuota sebanyak 15 orang penerima beasiswa.

Jadwal seleksi

  • Proses pendaftaran; tanggal 1 oktober hingga 31 oktober 2022.
  • Pengumuman hasil seleksi; pertengahan bulan maret 2023.

Perlu anda ketahui bahwa jika anda lolos beasiswa ini, maka anda akan menerima email pemberitahuan dan juga surat keterangan sebagai penerima beasiswa terakhir bulan maret 2023 mendatang. Apabila calon penerima beasiswa ini memiliki kendala saat akan mendaftar di salah satu perguruan tinggi di jepang, maka hal itu berarti calon penerima tersebut kehilangan kesempatan untuk menjadi penerima program beasiswa rotary yoneyama.

Besaran beasiswa

  • Untuk jenjang s1 akan menerima beasiswa 100.000 yen setiap bulannya yang setara dengan Rp.10.400.000.
  • Untuk jenjang s2 dan s3 akan menerima beasiswa sebesar 140000 yen atau setara dengan Rp.14.500.000 setiap bulannya.

Pada saat kedatangan ke negara jepang pertama kalinya, pihak pengelola beasiswa juga akan memberikan ruang ganti rugi biaya penerbangan yang sudah dikeluarkan oleh para penerima beasiswa. Dengan ketentuan bahwa biaya tersebut tidak lebih dari 250000 yen atau setara dengan 26 juta rupiah. Biaya penerbangan ini juga perlu dibuktikan dengan bukti pembelanjaan selamat proses perjalanan yang dilakukan oleh penerima beasiswa.

Perlu juga anda ingat bahwa biaya perjalanan yang diganti hanyalah tiket pesawat pada kelas ekonomi. Penggunaan kelas penerbangan yang lainnya tidak akan di ganti rugi oleh pihak pengelola beasiswa. Selain Hal tersebut, anda juga perlu memastikan bahwa anda perlu tiba di jepang sebelum tahap awal dari program beasiswa rotary  yoneyama dimulai. Sebab jika anda terlambat, maka anda akan beresiko dikeluarkan dari daftar penerima program beasiswa yoneyama.

Informasi lengkap mengenai program beasiswa ini bisa anda simak melalui situs www.rotary-yoneyama.or.jp.