Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Pahami Ringkasan Materi Olimpiade Matematika SD


Ingin mencoba menguji kemampuan matematika? Coba lihat materi olimpiade matematika SD terlebih dahulu, lalu pelajari materi tersebut. Uji kemampuan sampai mana batas kemampuan dalam memahami pelajaran matematika. Simak uraian ringkasan berikut ini:

Bilangan

Apakah tahu bilangan itu seperti apa? Bilangan adalah konsep penting dalam memahami matematika sebab sering digunakan untuk pencacahan serta pengukuran. Sederhananya bilangan digunakan menyatakan jumlah dalam suatu objek. Berikut adalah macam-macam dari bilangan:

1. Mengenal Suatu Operasi Hitungan Bilangan Bulat

Pertama adalah mengetahui operasi hitungan bilangan bulat. Dalam hitungan bilangan bulat sendiri juga terbagi lagi ke dalam beberapa macam. Mari cari tahu macam-macam dari operasi hitung bilangan bulat itu sendiri:

Operasi penjumlahan. Hal pertama dalam memahami pelajaran materi matematika adalah belajar hitung menghitung penjumlahan . contohnya: 8+2= 10. Lalu ada soal a+(-b)=0. Contohnya: 4+(-2)= 2.

Operasi pengurangan. Operasi bilangan selanjutnya adalah operasi pengurangan. Pasangan dari operasi bilangan penjumlahan. Contoh soal: 4-2= 2. Lalu contoh kedua adalah 6+(-3)= 3.

Operasi perkalian. Operasi selanjutnya sedikit lebih sulit, karena harus mengalikan suatu angka dalam operasi bilangan. Ditandai dengan “x”, seperti: axb= ab. Contoh soalnya: 2x3= 6. Artinya angka 3 muncul dua kali.

Operasi pembagian. Operasi bilangan ini adalah pasangannya dari operasi perkalian yaitu pembagian. Ditandai dengan lambang “:”. Contoh rumusannya: (+) : (+) = (+). Contoh soalnya: 10:5= 2.

2. FPB dan KPK

Selanjutnya materi olimpiade matematika SD adalah FPB dan KPK. FPB (faktor persekutuan terbesar) adalah sebuah faktor yang memiliki angka sama dengan pangkat terkecil.

Sedangkan KPK (kelipatan persekutuan terkecil). Berkebalikan dengan FPB tadi, jika FPB dicari angka yang sama dengan pangkat terkecil, maka KPK memasukkan semua angka dan pangkat terbesar. Kedua ini menggunakan pohon faktor untuk mendapatkan hasil akhirnya.

Contoh: bilangan 24, 30 dan 36. Buat pohon faktornya, jika sudah maka didapatkan bilangan 24= 2 pangkat 3 x 3, lalu untuk 30= 2x3x5 dan untuk 36= 2 pangkat 2x 3 pangkat 2.Ambil semua angka awal dan akhir dari pembagiannya tersebut.

Untuk FPB, hanya diambil angka yang sama dengan pangkat terkecil, sedangkan KPK ambil semua angka faktornya dengan pangkat terbesar. Maka, FPB dari 24, 30 dan 36 adalah 2X3= 6. Lalu, KPK dari 24, 30 dan 36 adalah 2 pangkat 3x 3 pangkat 2 x5= 360.

3. Angka Romawi

Materi berikutnya adalah mengenal angka romawi. Angka romawi adalah sebuah penomoran menggunakan huruf romawi kuno. Umum ditemukan dalam penomoran halaman pada buku, contohnya: 1 dituliskan romawi I, 4 dituliskan romawi IV dan seterusnya.

Aljabar 

Apakah materi pelajaran matematika sudah masuk ke kurikulum SD? Nyatanya sudah masuk dan ini masuk ke dalam materi olimpiade matematika SD. Berikut adalah rumusan dasar aljabar untuk tingkatan SD: n+2= 5. n berapa nilainya? n = 5-2=3.

Geometri

Untuk materi geometri tingkatan SD, mengenal seputar bentuk, menyebutkan bentuk suatu geometri dan mengukur bangunan datar. Tidak lupa menghitung sudut suatu bangunan tersebut. Mari membahas seputar geometri sebagai berikut:

1. Mengukur Sudut

Materi olimpiade matematika SD untuk geometri adalah mengukur sudut dan menghitung jumlah sudutnya. Tujuannya untuk mengetahui jumlah sudut dan dari jumlah tersebut mengetahui jenis bangunannya. Contoh: persegi bangunan datar, memiliki sudut 4, dua sisi atas dan dua sisi bawah.

Sedangkan untuk bangunan perseginya sendiri berbeda. Karena bangunan tersebut berbentuk ukuran 3D yang mana memiliki volume dan ruang. Maka dari itu perlu dipahami tentang geometri ini dan menjadi soal yang masuk ke dalam olimpiade.

2. Mengukur Suatu Bangunan Datar

Dalam suatu bangunan datar dapat membentuk berbagai macam simetri lipatan. Simetri itu sendiri ada banyak macamnya, diantaranya: simetri putar, simetri lipat, dan sumbu simetri. Bahkan ada bangunan yang tidak memiliki sumbu simetri seperti bulat, lonjong.

Statistika

Mengolah data dan mempelajari statistika penting dalam hidup sehari-hari. Salah satu yang dijumpai adalah seperti pendataan nomor absen, nama siswa, dan juga jenis kelamin siswa. Untuk mengenal lebih tentang statistika, mari simak penjelasan berikut:

1. Penyajian Data

Hal pertama untuk mengenal materi olimpiade matematika SD mengenai statistika adalah penyajian data. Menyajikan data atau membuat data bertujuan untuk mengumpulkan informasi secara mudah. Dengan adanya mengumpulkan data atau menyajikan data akan mudah mencari data pribadi seseorang.

Ada banyak cara dalam menyajikan suatu data, diantaranya: menggunakan tabel, grafik, diagram lingkaran, diagram batang dan lainnya. Tapi untuk materi tingkatan sekolah dasar, biasanya dikenalkan yang dasarnya, seperti tabel

2. Ukuran Suatu Statistika

Statistika adalah bentuk dari penggunaan penyajian datanya. Jika data sudah tersusun rapi hanya pergi disajikan dalam bentuk statistika, yaitu tabel. Untuk soal matematika SD disajikan kumpulan angka yang kemudian disusun berurut.

Jika sudah disusun urut, maka tinggal dibuat data grafik urutan dari angka tertinggi hingga angka terendah. Berapa banyak untuk angka tertinggi, dan berapa jumlah untuk angka yang terendahnya. Dengan adanya pelajaran seperti memudahkan dalam kehidupan.

Peluang

Materi olimpiade matematika SD yang terakhir adalah mengenal peluang. Peluang adalah mempelajari tentang kemungkinan yang terjadi. Sebagai contoh, menggunakan koin. Ada berapa kali peluang mendapatkan angka dan berapa peluang mendapatkan lambang ketika koin dilemparkan.

Beberapa rumusan diantaranya: frekuensi relatif, peluang, ruang sampel, lalu ada titik sampel, dan juga belajar tentang peluang kejadian P(A). Rumusan peluang yaitu banyaknya kejadian yang dimaksud dibagi banyak kejadian yang mungkin terjadi, begitu pula halnya untuk yang model angka.

Untuk rumusan frekuensi relatif yaitu banyaknya kejadian A yang muncul dibagi dengan banyaknya percobaan yang dilakukan. Sama juga untuk yang mengenai muncul gambar, rumusnya banyak muncul gambar dibagi dengan banyaknya percobaan.

Nah, itulah tadi seputar ringkasan penting materi olimpiade matematika SD yang perlu diketahui. Sehingga tidak perlu kebingungan lagi soal seperti apa yang keluar saat olimpiade berlangsung, sebab telah mengetahui kisi-kisinya. Bisa berfokus pada soal itu saja, tidak perlu bahas soal yang lain.