Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Mau Kuliah Teknik Informatika Tidak Tahu Bagiamana Kuliah dan Prospeknya? Simak Ulasannya!


Ada banyak sekali orang-orang yang ingin kuliah teknik informatika tapi masih bingung bagaimana gambaran kuliah dan prospek kerja kedepannya. Jurusan teknik informatika tidak pernah sepi oleh peminat, pada tiap tahunnya terus bertambah dan akan sulit persaingannya. Meski begitu jangan khawatir.

Bagi yang penasaran bagaimana perkuliahan di teknik informatika itu serta bagaimana prospeknya. Agar lebih mengerti mengenai jurusan yang hendak dipilih dan memahami bagaimana lanjutan kedepannya, dan tentu akan membuat pikiran semakin luas. Berikut ini akan dibahas mengenai kuliah dan prospeknya!

Bagaimana Perkuliahan Teknik Informatika

Pada dasarnya semua jurusan kuliah itu tidak ada yang mudah, sama halnya kuliah teknik informatika. Jurusan ini merupakan bidang studi yang membahas mengenai pengelolaan data dengan memanfaatkan teknologi dan prinsip logika. Maka dari itu, perlu mengetahui apa itu teknik informatika.

Semakin berkembangnya teknologi di dunia ini, dan semakin meluasnya teknologi ke seluruh penjuru dunia. Maka teknik informatika kedepannya akan sangat banyak dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi-instansi. Karena semakin tinggi kebutuhan teknologi maka akan semakin naik pula kebutuhan akan tenaga kerjanya.

Dengan berkuliah di teknik informatika mengharuskan para mahasiswanya untuk mempelajari bagaimana pengelolaan data yang benar dengan komputer. Serta bagaimana prinsip logika dapat diterapkan dalam pengelolaan data berbasis komputer ini. Nantinya akan mempelajari ilmu komputer serta analisis dalam perancangan perangkat lunak.

Mahasiswa nantinya juga akan mempelajari bagaimana perancangan sistem operasi, bagaimana pengujian, pengembangan serta evaluasinya. Namun, jangan mengira bahwa di teknik informatika nanti tidak akan bertemu dengan matematika!

Dari sini sudah adakah bayangan mengenai jurusan teknik informatika? Memang lebih banyak dihadapkan pada hitungan sistematis, pengelolaan data, serta tentang pengembangan perangkat lunak. Yang mana hal tersebut sudah sangat berbeda dengan teknik komputer dan bidang sistem informasi.

Pada teknik komputer nantinya akan lebih dihadapkan dengan perangkat kerasnya. Bagaimana komponen komputer, apa saja bagiannya, dan bagaimana merakit otak komputer. Hal ini sangat berbeda dengan teknik informatika yang lebih pada perangkat lunaknya atau software dan pemrograman.

Sedangkan jurusan sistem informasi akan menggabungkan dua bidang studi, yakni manajemen dan ilmu komputer. Jurusan ini akan sangat cocok bagi orang yang sangat suka bersosialisasi tapi tetap menyukai pemrograman komputer. Dengan jurusan sistem informasi nantinya akan mempelajari kedua hal tersebut.

Bagi yang sangat tertarik dengan komputer apalagi mengenai software pemrograman dan kecerdasan buatan, maka teknik informatika akan sangat cocok. Namun tidak berarti orang yang tidak ada minat dengan komputer tidak bisa masuk teknik informatika.

Bagaimana Prospek Kerjanya?

Setelah mengetahui gambaran bagaimana teknik informatika, apa saja yang dipelajari, dan apakah perbedaannya dengan teknik komputer dan sistem informasi. Maka berikutnya perlu mengetahui prospek kedepannya dari teknik informatika. Hal ini perlu diketahui agar kedepannya dapat tahu langkah yang perlu diambil.

Untuk bisa bekerja pada bidang IT ini memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi, keuletan, dan juga tingkat disiplin. Adapun pekerjaan yang bisa dilamar lulusan teknik informatika, sebagai berikut!

1. Programmer

Sesuai dengan apa yang didapati ketika kuliah, maka lulusan teknik informatika dapat bekerja sebagai programmer. Bagi seorang programmer diharuskan untuk menguasai bahasa pemrograman, dan harus handal dalam menggunakannya. Maka dari itu, perlu ketekunan dan ketelitian.

2. Data Scientist

Data scientist merupakan ilmuwan yang bertanggung jawab dalam hal mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data untuk menghasilkan sejumlah informasi yang dibutuhkan. Pekerjaan ini sangat dipergunakan untuk menentukan langkah apa yang perlu dilakukan ditinjau dari data yang diperoleh, pada sebuah perusahaan.

3. Web Develop

Seorang web developer ini bertugas dalam membuat sebuah website, membuat basis data, dan juga mendesain serta mengembangkan situs web. Untuk bekerja sebagai web developer ini sangat fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan permintaan klien. Sebagai web developer juga dapat bekerja sendiri.

4. System Analyst

Orang dengan pekerjaan sebagai system analyst ini bertugas untuk melakukan analisis sistem yang digunakan pada sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, System Analyst juga bertugas dalam membuat solusi dengan memanfaatkan software komputer. Seorang lulusan teknik informatika dapat bekerja pada bidang ini.

5. Web Administrator

Lulusan teknik informatika nantinya juga dapat melamar sebagai Web Administrator atau Web Engineer. Berbeda dengan Website Developer, seorang Web Administrator bertugas dalam mengembangkan, serta memelihara website beserta layanan yang berjalan di dalamnya.

Jika seorang web developer ini merancang web dari nol, maka tugas seorang web administrator ini sebagai pengatur dalam memlihara web. Apabila ada trouble maka yang bertugas menanganinya adalah web administrator.

Demikian pembahasan mengenai kuliah teknik informatika dan bagaimana prospek kerjanya nanti. Sebelum memilih suatu jurusan kuliah diperlukan keteguhan hati, agar nantinya tidak menyesal salah jurusan. Dan juga dengan mempertimbangkan prospek kerja yang luas dari lulusan informatika, tentu jadi nilai plus.