Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Daftar 10 Universitas Jurusan Teknik Informatika Di Indonesia


Banyak sekali universitas jurusan Teknik Informatika yang ada di Indonesia. Tingginya minat calon mahasiswa pada jurusan satu ini. Prospek kerja di masa yang akan datang juga cerah  dan sangat terbuka lebar.

Tingkat persaingan jurusan Teknik Informatika ini juga sangat tinggi. Tak heran apabila menjadi salah satu jurusan favorit di hampir semua universitas. Namun, masih banyak yang masih bingung memilih universitas mana yang dipilih. Simak daftar universitas jurusan Teknik informatika di bawah ini:

1. Universitas Hasanuddin

Pertama adalah universitas yang ada di luar pulau Jawa,  di kota Makassar. Pernah menjadi universitas dengan persaingan kedua tertinggi di Indonesia pada tahun 2019. Menandakan kalau jurusan IT menjadi incaran banyak calon mahasiswa.

Kampus ini sudah mengantongi akreditasi A. UNHAS bisa menjadi pilihan yang tepat apabila ingin mengambil jurusan Teknik Informatika.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Jika ada yang prospek kedepannya ingin menjadi tenaga pengajar TIK bisa mencoba mendaftar ke kampus UNY. Semakin majunya teknologi membuat banyak tenaga pendidik untuk mengajarkan TIK sejak dini. Kampus ini juga sudah menyandang akreditasi A.

Tidak hanya di sekolah saja, akan tetapi bisa menjadi dosen di kampus atau di mana saja yang masih terkait dengan pekerjaan. Pendidikan Teknik Informatika ini bisa bekerja dengan banyak pilihan pekerjaan. Sebab lapangan pekerjaannya cukup luas.

3. Universitas Padjadjaran

Salah satu yang paling banyak diminati adalah universitas jurusan Teknik Informatika. Jurusan teknik informatika di kampus UNPAD menjadi favorit dan banyak peminatnya. Kampus ini juga sudah memiliki akreditasi A.

Untuk Jurusan Teknik Informatika hanya ada sedikit kuota untuk mahasiswa yang diterima. Padahal jumlah pendaftar calon mahasiswa ribuan orang. Hal itu menjadi salah satu bukti kalau bangku kuliah Jurusan Informatika perlu persaingan ketat.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Di kota pahlawan memiliki jurusan Teknik Informatika terbaik yaitu kampus ITS. Pada tahun 2020, ITS meraih peringkat keempat setelah kampus ITB. Kampus ITS sudah memiliki akreditasi A.

Tak heran jika banyak mahasiswa yang bangga bisa menempuh pendidikan di universitas tersebut. Hanya orang yang terpilih bisa masuk menjadi mahasiswa ITS khususnya di Teknik Informatika. Jurusan TI menjadi salah satu jurusan yang paling diminati calon mahasiswa di ITS.

5. Institut Teknologi Bandung

ITB adalah  kampus terbaik di  Indonesia pada jurusan Teknik Informatika. Tingkat persaingan di kampus ini juga sangat ketat dan tinggi. Akreditasi di ITB bukan lagi A, akan tetapi akreditasi unggul.

Maksud dari akreditasi unggul adalah akreditasi yang sangat baik dan unggul dan tidak terakreditasi sesuai dengan aturan terbaru. Jurusan ini menghasilkan alumni dengan prestasi yang banyak dan luar biasa.

6. UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya adalah kampus terletak di kota Yogyakarta. UIN memiliki akreditasi A seperti kampus Teknik Informatika yang lain. Apabila mahasiswa ingin memilih kampus jurusan TI sekaligus serius mempelajari agama bisa masuk ke kampus UIN ini.

UIN adalah Kampus TI selain UNY yang ada di kota Yogyakarta. Tingkat persaingan di kampus ini juga ketat mengingat Yogyakarta merupakan kota pelajar. Sehingga menjadi incaran banyak mahasiswa.

7. Universitas Bina Nusantara

Sama seperti kampus yang lain, kampus BINUS juga memiliki akreditasi A. BINUS merupakan kampus terbaik yang ada di kota Jakarta. Hal ini yang menyebabkan jurusan Informatika menjadi jurusan yang cocok untuk diminati mahasiswa.

Universitas BINUS ada di beberapa kota, seperti Malang dan Bandung. Bagi yang tinggal di sekitar Malang dan Bandung bisa mencoba kampus Teknik Informatika ini.

8. Universitas Gunadarma

Universitas swasta ini sudah mendapat izin akreditasi A. Kampus ini merupakan salah satu kampus terbaik  jurusan TI yang sudah ada di berbagai kota. Seperti di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Mahasiswa bisa memilih kampus mana yang lebih dekat dengan tempat tinggal. Misalkan saja, rumah di Jakarta Pusat maka bisa memilih kampus Gunadarma di wilayah Jakarta Pusat.

9. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Terakhir ada kampus yang juga terletak di Yogyakarta. Kampus swasta satu ini adalah salah satu jurusan IT terbaik yang ada di Yogyakarta. Selain kampus UNY dan UIN Kalijaga. Sudah menyandang akreditasi A.

Sama seperti kampus yang lain. Tingkat persaingan jurusan Teknik Informatika juga ketat. Sebab jurusan informatika menjadi jurusan yang paling banyak peminatnya.

10. Universitas Telkom

Terakhir adalah universitas telkom yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Jurusan Teknik Informatika salah satu yang diunggulkan di kampus ini. Kampus ini memiliki akreditasi A oleh BAN PT seperti kampus yang lain.

Jurusan ini mempunyai dua program yang ditawarkan seperti Sarjana (S1) dan Diploma (D3). Pilih salah satu program sesuai keinginan. Kedua program ini sudah ada dari tahun 1993 hingga sekarang.

Demikian penjelasan terkait universitas jurusan Teknik Informatika yang bisa dicoba. Prospek kerja di masa depan sangat terbuka dan sangat menjanjikan. Untuk masuk ke jurusan ini juga tidak mudah dan membutuhkan persaingan ketat.