Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Ketahui Kelebihan, Kekurangan, dan Mata Pelajaran SMA Jurusan IPA Lebih Mendalam


Mari ketahui yang termasuk ke dalam mata pelajaran SMA jurusan IPA apa saja. Bagi siswa yang telah memasuki pendidikan jenjang SMA, nantinya akan dihadapkan penjurusan yang lebih spesifik lagi untuk diambil oleh siswa dan siswinya.

Berbeda dengan tingkat SMP yang mempelajari semua mata pelajaran, ketika SMA, siswa perlu memilih salah satu dari tiga jurusan yang tersedia. Jurusan tersebut diantaranya IPS, IPA, dan Bahasa. Apa saja mata pelajaran untuk jurusan IPA? Simak lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Jurusan IPA

Sebelum mengetahui apa saja mata pelajaran SMA jurusan IPA, simak dahulu kelebihan serta kekurangan dari jurusan ini. Berdasarkan dari ketiga jurusan yang ada di SMA, memang bisa dikatakan bahwa jurusan IPA adalah yang terpopuler diantara ketiganya.

Tak heran memang jika banyak peminatnya untuk menjadi bagian dari jurusan ini. Namun, meski begitu, jangan sampai salah mengambil jurusan. Untuk itu, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari jurusan satu ini. Kelebihannya yaitu:

  • Mudah ketika ingin mengambil jurusan saat kuliah. Setelah lulus dari SMA, pendidikan lanjutan yang bisa diambil yakni pendidikan S1. Tentunya, jurusan di SMA bisa berpengaruh ketika ingin mengambil jurusan saat perkuliahan. Jurusan IPA lebih mudah ketika ingin mengambil jurusan lintas minat.
  • Banyaknya opsi jurusan di perkuliahan. Kelebihan lainnya, jurusan yang tersedia untuk anak IPA ketika di jenjang S1 lebih banyak ketimbang IPS dan Bahasa. Maka dari itu, mengambil jurusan IPA bisa menjadi salah satu keuntungan.
  • Punya kemampuan berhitung yang baik. Dikarenakan jurusan ini lebih ke eksak atau perhitungan, anak IPA cenderung lebih memiliki kemampuan berhitung yang bagus. Jika memang memiliki kemampuan serta tertarik dengan hitung-hitungan, jurusan IPA bisa menjadi opsi.

Kekurangan Jurusan IPA

Setelah berbicara mengenai kelebihannya, tentu jurusan ini juga memiliki sisi kurangnya. Perlu diingat, jangan memilih jurusan hanya karena mengikuti teman, atau jurusan tersebut banyak minat hingga menjadi populer dikalangan siswa. Akan tetapi, pilihlah jika memang sesuai dengan minat masing-masing.

Adapun kekurangan dari jurusan IPA, yakni:

  • Banyaknya materi perhitungan. Bagi siswa yang kurang menyukai akan perhitungan atau angka-angka, jurusan IPA kurang tepat. Sebab, jurusan ini banyak sekali mata pelajarannya yang berhubungan dengan eksakta. Jika demikian, maka siswa bisa saja merasa tertekan
  • Banyak melakukan praktikum. Jurusan IPA erat kaitannya dengan praktikum-praktikum yang berkaitan dengan mata pelajarannya. Jika siswa kurang menyukai kegiatan praktikum dan laporan, jurusan ini memang kurang cocok untuk dipilih.

Mata Pelajaran Jurusan IPA

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari jurusan IPA, kini mari ketahui mata pelajaran SMA jurusan IPA apa saja. Pastinya di setiap jurusan ada mata pelajaran yang di khususkan atau hanya dipelajari jurusan tersebut.

IPA terdiri dari kumpulan teori yang terstruktur, penerapannya berkaitan dengan gejala alam. Maka dari itu, tak heran bila materi jurusan IPA tak jauh dari tentang alam serta ekosistem yang ada di dalamnya. Adapun beberapa mata pelajaran yang dikhususkan jurusan IPA, yakni:

1. Biologi

Salah satu mata pelajaran SMA jurusan IPA yang dipelajari yakni Biologi. Jika biasanya mata pelajaran IPA berhubungan dengan angka atau eksakta, maka berbeda dengan Biologi. Materi biologi tidak berkaitan dengan rumus perhitungan.

Untuk Biologi sendiri, siswa akan mempelajari mengenai ilmu hayati yang didalamnya membahas kehidupan makhluk hidup serta organisme. Termasuk berkaitan dengan pertumbuhan, perkembangan, fungsi, struktur, persebaran, evolusi, dan lain sebagainya.

2. Fisika

Selanjutnya, mata pelajaran SMA jurusan IPA yang akan dipelajari yakni Fisika. Pada materi fisika masih terdapat rumus serta perhitungan namun diimbangin dengan teori-teori yang berkaitan juga. Melalui teori-teori fisika tersebut, maka timbulah rumus dan perhitungannya.

Mata pelajaran fisika mempelajari dasar-dasar dari gejala pembentukan alam, benda, serta gaya yang mempengaruhinya. Misalnya saja mempelajari hukum Galileo yang berkaitan dengan benda yang jatuh. Selain itu, ada hukum Newton yang membahas tentang gerak, termasuk gerak planet di tata surya.

3. Kimia

Selain itu, tak ketinggalan mata pelajaran Kimia. Pada materi ini juga sama seperti Fisika, yakni terdapat teori yang berkaitan dengan rumus serta perhitungannya. Kimia menuntut siswa untuk mempelajari tentang sifat, struktur, serta susunan dari materi atau zat yang ada di alam.

Selain itu, siswa akan belajar mengenai ikatan kimia, teori atom, larutan asam basa, dan lainnya yang berkaitan dengan unsur kimia. Ilmu kimia juga berkaitan dengan materi Fisika, Biologi, juga Geologi.

4. Matematika

Terakhir adalah mata pelajaran matematika. Namun, untuk Matematika sendiri tetap akan dipelajari oleh jurusan IPS dan Bahasa. Tentunya, untuk mata pelajaran satu ini erat sekali kaitannya dengan rumus dan perhitungan.

Materi matematika merupakan ilmu yang pasti, maka siswa akan menemukan materi yang berhubungan dengan ruang, struktur, besaran dan perubahan. Selain itu, siswa akan mempelajari perhitungan vektor, fungsi kuadrat, trigonometri, persamaan garis lurus dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai mata pelajaran SMA jurusan IPA, mulai dari kelebihan, kekurangan serta apa yang akan dipelajari di jurusan tersebut. Untuk siswa yang akan memasuki pendidikan SMA, sebaiknya pikirkan dengan matang-matang dari semua jurusan yang tersedia dan jangan sampai salah memilih.