Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cara Melihat Foto yang dicadangkan di Google Foto secara Mudah dan Alasan Mengapa Media Dipilih

cara melihat foto yang dicadangkan di google foto


Mengenang momen baik ketika tengah sendiri maupun bersama terkasih bisa dilakukan salah satunya dengan Google Foto. Namun sebelum itu cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto perlu untuk diketahui.

Beberapa referensi menunjukkan bahwa melihat foto pada Google Foto dapat dengan dua cara. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini ulasan khusus buat yang penasaran.

Cara Melihat Foto yang Dicadangkan di Google Foto 

Untuk melihat foto-foto yang dicadangkan di Google Foto bisa dengan memanfaatkan aplikasi Google Foto atau tanpa aplikasi. Dimana cara pertama yaitu dengan aplikasinya:

  • Bagi yang belum menginstal aplikasi Google Foto dapat mengunduh terlebih dahulu. Dimana bisa lewat platform Google Play Store atau App Store (dengan catatan harus melakukan sinkronisasi).

  • Apabila sudah lanjutkan dengan melakukan login ke akun Google Foto. Dalam aplikasi ketuk menu Pengaturan lalu pilih Back & Sync agar dialihkan ke laman foto.

  • dan Ketuk tautan Foto untuk memulai melihat sekaligus memilih foto-foto yang telah dicadangkan pada Google Foto. Untuk foto yang tidak berhasil tersalin biasanya ditandai dengan awan yang tercoret.

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan browser atau mesin peramban. Pengguna bisa membuka terlebih dahulu melalui photos.google.com di kolom pencarian kemudian lakukan login.

Jika sudah berhasil masuk maka lanjutkan dengan menyinkronkan file foto yang ingin dilihat. Setelahnya ketuk tautan Foto lalu tunggu sampai seluruh foto yang dicadangkan otomatis tampil di laman Google Foto.

Kedua cara tersebut dapat diterapkan dengan mudah. Hanya saja foto-foto pada Google Foto yang bisa dilihat kalau proses pencadangan atau penyimpanan tidak terganggu.

Inilah mengapa ketersediaan jaringan dan izin Google Foto diperlukan ketika proses pencadangan berlangsung. Jangan sampai karena kendala yang bisa disiasati membuat foto tidak berhasil dicadangkan.

Selain ketersediaan jaringan dan izin, pastikan pula langkah-langkah pencadangan teraplikasikan dengan benar. Mulai dari status pencadangan, ukuran foto, hingga menu Simpan.

Alasan Memilih Google Foto untuk Melihat Foto

Setelah mengikuti dua cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto dengan mudah, sejumlah alasan penggunaan rasanya patut diketahui. Terlebih bagi orang yang belum pernah sama sekali memanfaatkan Google Foto. Berikut uraiannya:

1. Hemat Penyimpanan Foto

Hadir dengan mengusung konsep penyimpanan awan, Google Foto sangat membantu smartphone yang minim penyimpanan. Dengan menyimpan foto-foto di Google Foto kekhawatiran akan ruang penyimpanan bisa disiasati.

Google Foto menawarkan 15 GB ruang penyimpanan baik foto maupun video. Dimana seluruh file yang dicadangkan dapat dilihat kembali kapanpun dibutuhkan.

2. Memiliki Fitur Pencarian

Alasan selanjutnya Google Foto menampilkan fitur Pencarian yang mendukung akses foto. Fitur ini juga memungkinkan seseorang berbagi foto dan video kepada orang lain.

Foto yang dibagikan bisa ditambahkan tag lokasi kalau-kalau diperlukan. Meskipun serupa dengan Google Drive namun fitur pencariannya memiliki ciri khas tersendiri. 

3. Memiliki Fitur Editor Foto

Tak kalah dengan aplikasi editor foto yang beredar, Google Foto bisa menjadi alternatif pilihan sebagai editor foto. Mulai mengatur cahaya, warna, dan opsi menarik lainnya pada foto.

Hasil yang diberikan dari fitur editor foto cukup memuaskan karena kelengkapan fitur. Selain fitur editor foto, video juga bisa diedit sesuai keinginan.

4. Adanya Dukungan Penggabungan Foto-foto 

Tidak terbatas pada keunggulan fitur yang dijelaskan. Aplikasi juga mendukung cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto versi beberapa kombinasi foto-foto.

Sederhananya dukungan ini berupa kolase foto yang bisa digunakan untuk mengenang lebih dari satu momen. Dalam aplikasi silahkan kustomisasikan foto yang ingin dibentuk kolase.

5. Adanya Dukungan Akses di Berbagai Perangkat

Alasan terakhir mengapa Google Foto layak dimanfaatkan sebagai media melihat foto-foto yang dicadangkan adalah dukungan akses berbagai perangkat. Tentunya dukungan sangat membantu siapapun untuk mengakses tanpa terkendala perangkat.

Namun pastikan bahwa login akun berhasil dilakukan serta proses pencadangan tidak gagal. Nantinya semua foto-foto yang disimpan dapat dilihat kembali seperti keinginan dan kebutuhan.

Jadi itulah cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto baik melalui aplikasi maupun tanpa aplikasi. Tentukan mana yang lebih dulu ingin diterapkan. Beberapa alasan pemanfaatan Google Foto turut diberikan alih-alih meyakinkan penggunaan.