Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di YouTube Beserta Pencegahannya

cara mengatasi klaim hak cipta di youtube


Apabila dilihat secara umum memang video pada channel YouTube dapat menghasilkan uang apabila mengikuti program Google Adsense. Namun terkadang masih ada yang menerima teguran hak cipta dari pihak YouTube tersebut. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan terkait cara mengatasi klaim hak cipta di youtube agar dapat mengupload video kembali.

Biasanya video yang menerima teguran hak cipta ada unsur kekerasan ataupun unsur yang tidak diperbolehkan di dalam video yang diupload. Tidak hanya itu terkadang hal ini bisa terjadi karena content Creator mempelajari hasil cipta orang lain dan di upload kembali.

Mengapa Teguran Hak Cipta Dapat Terjadi?

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasanya teguran hak cipta ini tentu ada konten kreator yang melanggar ketentuan atau persyaratan yang disediakan oleh YouTube. Jenis hak cipta biasanya terkait rekaman lagu dari komposisi atau penerbitannya sama.

Pastikan saat membawakan sebuah lagu orang lain harus ada izin terlebih dahulu agar tidak terkena hak cipta dari pihak YouTube. Apabila konten tetap di upload, namun tidak ada izin dari pencipta lagu tersebut dapat dijamin pasti terkena pelanggaran hak cipta.

Tentunya kasus ini sering terjadi bahkan pada konten kreator terkenal sekalipun. Perlu diperhatikan bahwasanya tidak semua konten yang terkena pelanggaran hak cipta adalah sebuah kesengajaan.

Solusi Tepat untuk Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta di YouTube

Setelah dijelaskan alasan mengapa mendapatkan pelanggaran hak cipta selanjutnya dijelaskan terkait cara mengatasi klaim hak cipta di youtube. Dengan adanya solusi Ini kemungkinan content creator dapat menyelesaikan masalah yang terjadi karena pelanggaran hak cipta yang sudah dilakukan.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan terkait mengatasi klaim hak cipta di YouTube adalah dengan tidak terburu-buru menghapus video tersebut.

  • Lihat permasalahannya terlebih dahulu dengan memberikan informasi lewat email.

  • Apabila pada Email mengatakan bahwasanya bukan teguran namun klaim hak cipta tentu pengguna dapat langsung mengecek apakah itu masuk salah satu musik gratis atau berlisensi.

  • Jika pada video tersebut murni milik teman atau saudara tentu pengguna dapat mengajukan sengketa ataupun surat permohonan.

  • Langkah selanjutnya yaitu dengan cara login ke Youtube studio terlebih dahulu.

  • Lalu pilih menu untuk memilih video.

  • Pada kolom pembatasan nantinya akan diarahkan kepada klaim hak cipta dan melihat detailnya.

  • Jika sudah klik sengketa dan isikan bahwasanya video tersebut milik diri sendiri dan tentu berhak untuk di-share secara publik tanpa merugikan pihak lain.

  • Jika sudah kirimkan dan tunggu balasan dari email kurang lebih 1 bulan.

  • Biasanya tidak sampai 1 bulan balasan tersebut sudah dikirimkan oleh pihak YouTube.

Langkah Terbaik Menghindari Hak Cipta dan Content ID untuk Kreator

Sebelum melangkah lebih jauh pastikan video atau konten yang diupload terhindar dari hak cipta agar tidak ada penghapusan. Hal ini tentu sangat perlu diperhatikan dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Pertama pastikan musik yang terletak pada latar belakang video bukanlah karya dari orang lain yang sudah memiliki hak cipta. Hal ini tentu harus dihindari dikarenakan video tersebut sudah atas nama penciptanya.

  • Mencari sumber bebas contohnya pada audio YouTube atau koleksinya yang berisikan mengenai layanan lisensi.

  • Selanjutnya yaitu pastikan video selalu diupload secara pribadi dan tidak di publik terlebih dahulu. Hal ini mencegah terjadinya masalah hak cipta yang terjadi pada video tersebut. Namun hal ini masih tidak dapat menjamin bahwasanya video tersebut terkena hak cipta ataukah tidak.

  • Apabila klaim hak cipta diterima secara tidak valid berarti audio tersebut terkena hak cipta. Konten kreator dapat menolak hal tersebut karena Hal ini dapat memberitahukan bahwasanya pihak YouTube membuat kekeliruan.

  • Apabila proses banding serta permintaan pemulihan harus dilakukan tentu langkah selanjutnya yaitu dengan penolakan yang disertai konsekuensi.

  • Jika masih terdapat masalah yang kurang dipahami dapat mencari tahu dengan menghubungi Creator lain mengenai masalah di postingan tersebut. Selain itu di YouTube ini juga terdapat komunitas bantuan yang akan membantu segala macam masalah yang dihadapi oleh penggunanya.

Di atas sudah dijelaskan terkait cara mengatasi klaim hak cipta di youtube dengan menggunakan bantuan email. Selain itu di atas juga dijelaskan terkait bagaimana cara menghindari hak cipta yang berlaku untuk konten kreator YouTube dan yang lainnya.