Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Ketahui Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat Serta Penyebabnya!

cara mengatasi touchscreen ngangkat


Cara mengatasi touchscreen ngangkat pada ponsel dapat dilakukan dengan efektif. Ada beberapa penyebab yang bisa memicu terjadinya hal tersebut. Tentunya, hal itu harus segera dibenahi agar tidak mengganggu performa ponsel. 

Oleh karenanya, sebelum mengetahui cara mengatasinya akan lebih baik untuk tahu terlebih dahulu penyebabnya. Berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Touchscreen Ponsel Ngangkat

Ada banyak penyebab yang bisa memicu touchscreen menjadi ngangkat. Setidaknya ada empat hal yang bisa menyebabkan hal itu terjadi. Berikut ini adalah masing-masing ulasannya:

1. Ponsel Sering Jatuh

Ponsel yang terjatuh bisa terjadi kapan saja, baik itu karena unsur sengaja atau tidak. Masalah yang timbul ketika jatuh adalah ponsel tersebut akan menerima daya dorong yang kuat. 

Daya ini bergantung pada posisi ponsel tersebut membentur objek. Posisi yang paling krusial adalah ketika bagian belakang ponsel yang membentur terlebih dahulu. Daya dorong yang dihasilkan akan jauh lebih menekan ke arah depan.

Alhasil hal ini menyebabkan layar ponsel menjadi ngangkat. Jika sudah begini, tentu akan sangat mengganggu produktivitas dari ponsel tersebut. 

2. Baterai Ponsel yang Sudah Kembung

Faktor selanjutnya adalah baterai yang menggembung. Hal ini terjadi apabila pengguna mencharge ponsel terlalu lama atau dalam keadaan heat. Biasanya, faktor ini akan mudah terjadi pada ponsel dengan sistem baterai non-tanam. 

Baterai yang menggembung akan terlalu memenuhi ruang yang sudah disediakan. Sehingga, baterai tersebut akan menekan layar ponsel. Jika sudah demikian, maka layar yang ngangkat akan sangat berpotensi untuk terjadi. 

3. Lem Layar yang Kurang Kuat

Masalah ini seringkali timbul pada ponsel bekas. Hal ini disebabkan karena ponsel bekas lebih sering diutak-atik oleh orang lain. Sehingga, seringkali dijumpai lem yang kurang kuat pada salah satu sisi layar.

4. Kesalahan dalam Melepas Pelindung Layar Ponsel

Kesalahan teknis ini juga sering dialami oleh pengguna yang tidak sabaran. Ponsel keluaran pabrik biasanya akan memiliki lapisan pelindung yang mudah untuk dilepas. Namun, hal ini berbeda ketika pengguna menggunakan jenis pelindung yang lain. 

Biasanya untuk meminimalisir adanya kerusakan, pengguna seringkali memakai pelindung tipe 5D atau 6D. Permasalahannya adalah pelindung tersebut juga memiliki lapisan yang terlalu kuat. 

Apabila pengguna tidak melunakan lem pelindung terlebih dahulu, maka layar bisa saja ikut terangkat. Oleh sebab itu, disarankan untuk pengguna agar berhati-hati ketika mengangkat pelindung. 

Solusi Untuk Mengatasi Layar Ngangkat

Lantas bagaimanakah solusi yang tepat untuk mengatasi layar ngangkat? Oleh karenanya, berikut akan diuraikan mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi layar smartphone yang ngangkat, diantaranya:

1. Gantilah LCD Touchscreen

Biasanya touchscreen yang ngangkat juga akan disertai dengan kerusakan LCD. Oleh sebab itu, apabila sudah mengalami hal ini maka akan lebih baik untuk mengganti LCD secara langsung. 

Tentunya hal ini memerlukan tenaga khusus yang paham dengan reparasi ponsel. Jika sudah diganti, maka touchscreen akan bisa bekerja secara normal. Efektivitas ponsel pun juga akan kembali seperti sedia kala.

2. Gantilah Baterai Ketika Sudah Saatnya

Cara mengatasi touchscreen ngangkat selanjutnya adalah bisa dengan ganti baterai. Gantilah baterai ketika dayanya telah menurun dan terutama ketika kembung. Selain meminimalisir touchscreen ngangkat, juga akan menurunkan resiko meledak saat dipakai. 

Baterai yang kembung merupakan salah satu indikasi ponsel yang sudah tidak sehat. Apabila semakin dibiarkan, maka tentu akan mengganggu performa ponsel. 

Oleh sebab itu, bawalah ponsel tersebut ke konter resmi tempat pembeliannya. Lalu, mintalah kepada petugas untuk menggantikan baterai ponsel dengan yang baru. 

3. Perkuat Lem Pada Setiap Touchscreen Yang Telah Lepas

Cara berikutnya mungkin merupakan cara yang paling murah diantara yang lain. Hal ini dikarenakan, cara ini tidak memerlukan bantuan orang lain. Cara ini bisa diterapkan sendiri, asalkan memiliki lem khusus untuk touchscreen. 

Lakukanlah pengeleman secara rapi pada setiap sisi layar. Usahakan untuk memastikan agar setiap sisinya benar-benar dalam kondisi kering. Hal ini dikarenakan agar perekat bisa kuat dan tidak akan lepas lagi. 

Cara mengatasi touchscreen ngangkat tidaklah seribet yang ada di bayangan orang banyak. Touchscreen yang ngangkat dapat diatasi dengan mudah asal diketahui dulu penyebabnya. Setelahnya, pengguna dapat mengatasinya dengan mudah tanpa resiko berarti.