Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cara Transfer Kuota Internet Telkomsel Tanpa Biaya, Ternyata Mudah!

cara transfer kuota internet telkomsel tanpa biaya


Opsi transfer kuota internet Telkomsel masih menjadi salah satu yang dipilih oleh banyak pengguna di tengah kecanggihan teknologi. Terlebih cara transfer kuota internet Telkomsel tanpa biaya yang termasuk opsi favorit. 

Sayangnya, hingga saat ini transfer kuota Telkomsel tanpa bayar hanya dapat dilakukan dengan cara tertentu. Kendati demikian, jangan khawatir karena biaya operator terbilang hemat. Berikut beberapa cara transfer kuota itu:

Cara Transfer Kuota Internet Telkomsel Tanpa Biaya

Ada sejumlah cara yang bisa diterapkan dalam mentransfer kuota Internet Telkomsel ke sebuah nomor. Satu diantaranya ada yang tanpa memerlukan biaya, inilah uraiannya:

1. Melalui Fitur Gift

Cara pertama yang dapat dilakukan berupa fitur Gift yang dikenakan tarif seperti ketika membeli paket internet. Untuk langkah-langkahnya berikut detail yang bisa diikuti:

  • Buka aplikasi Telepon yang tersedia pada smartphone lalu ketikkan angka *363# dan ketuk opsi Panggil.

  • Pilih menu yang mengarahkan pada pembelian paket internet kemudian pilih nomor dengan keterangan Gift. Seandainya pop up tidak keluar maka ketuk tautan terkait.

  • Selanjutnya dalam kolom Gift masukkan nomor tujuan yang ingin dikirimkan kuota internet. Tentukan paketnya apakah bulanan, mingguan atau harian.

  • dan Ketuk opsi OK lalu tunggu hingga paket terkirim ke nomor tujuan yang dimasukkan (ditandai dengan pesan notifikasi berhasil).

2. Melalui Aplikasi MyTelkomsel 

Cara kedua adalah dengan menggunakan MyTelkomsel yang sedikit berbeda dari fitur Gift. Dimana terdapat biaya dan potongan dalam transfer kuota internet. Di bawah ini sejumlah tahapan yang dapat diambil:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel (pastikan versi terbaru) yang terpasang dalam smartphone lalu login dengan nomor Telkomsel aktif.

  • Ketuk menu Feature dalam aplikasi kemudian ketuk opsi Transfer Kuota dan masukkan nomor telepon yang dituju.

  • dan Tentukan berapa kuota yang mau dikirim (misal 1GB) yang diikuti dengan mengetuk opsi Transfer. Tunggu sampai pesan notifikasi muncul yang menunjukkan bahwa transfer kuota berhasil.

Meskipun cara transfer kuota internet Telkomsel tanpa biaya tidak bisa dilakukan dengan pilihan ini, tetapi seperti disampaikan tarif cukup hemat. Transfer kuota sendiri merupakan layanan transfer kuota di sesama Telkomsel Prabayar.

Sebagai informasi, kuota internet terdiri atas Kuota OMG, MAXstream, Games, dan kuota di semua jaringan. Dimana untuk kuota semua jaringan minimal 50 MB sementara maksimal 500MB per transaksi.

Lalu untuk kuota selain semua jaringan (Kuota OMG, MAXstream, Games) dalam satu transaksi minimal 500MB dan 3GB maksimal. Kemudian masa berlaku kuota paling lama 3 hari setelah ditransferkan.

Tarif yang dikenakan sebesar 5 ribu rupiah pada Kuota Internet Semua Jaringan (50MB - 500MB). Kuota OMG, Games, MAXstream dengan data 50 MB - <1GB sebesar seribu rupiah dan 1GB - 3GB sebesar 2 ribu rupiah.

3. Melalui Kode Rahasia

Kode rahasia menjadi cara terakhir yang bisa diandalkan untuk mentransfer sejumlah kuota pada nomor tujuan. Langkah-langkahnya bisa mengikuti detail berikut:

  • Buka aplikasi Telepon kemudian ketikkan *500*2# dan panggil.

  • Perhatikan setiap opsi yang muncul di layar, biasanya transfer kuota internet terletak pada opsi 1.

  • Setelah mengetuk opsi 1 maka masukkan nomor tujuan serta jumlah kuota yang mau ditransfer.

  • dan Konfirmasikan sesuai instruksi lalu tunggu hingga notifikasi berhasil muncul.

Seperti yang diketahui kode rahasia ini memberikan banyak manfaat sejalan dengan fungsinya tersendiri. Apabila melihat jumlah kuota yang bisa dikirimkan, dapat mencapai 500MB setiap satu transaksi.

Dalam menerapkan kode rahasia, pastikan masa aktif paket internet tidak dibawah 30 hari dengan minimal kuota 3GB. Untuk kategori kartu AS dan Simpati memiliki kebijakan yang penting dipahami oleh pengguna.

Mengapa Cara Transfer Kuota Internet Telkomsel Tanpa Biaya Gagal?

Dalam beberapa kasus terkadang tindakan transfer kuota internet Telkomsel mengalami kegagalan. Biasanya ini disebabkan oleh fitur atau kode rahasia tidak bisa diakses seperti seharusnya atau syarat yang tidak dipenuhi.

Misal masa transfer kuota yang hanya dapat dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. Dapat pula kuota yang tidak memenuhi batas baik dari masa aktif maupun jumlahnya.

Salah satu cara menyiasatinya bisa dengan menghubungi CS Telkomsel. Nantinya tanyakan maksud dan simak jawaban detail yang diberikan agar tidak salah.

Demikian kiranya cara transfer kuota internet Telkomsel tanpa biaya melalui fitur Gift dan kode rahasia. Namun tidak menutup kemungkinan akan dikenakan biaya seperti pada opsi Transfer Kuota (MyTelkomsel) sesuai kebijakan.