Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong? Begini Cara Mengatasinya

memori internal penuh padahal masih kosong


Hampir rata-rata pengguna gadget khususnya smartphone pernah mengalami kendala memori internal penuh padahal masih kosong setelah dilakukan pengecekan. Tentunya ini cukup mengganggu aktivitas bermain ponsel termasuk membuka atau mengunduh file.

Untuk menyiasatinya berikut sudah dirangkumkan beberapa cara mengatasi permasalahan tersebut bersama penyebabnya. Silahkan ikuti dengan saksama kemudian cek kembali mana penyebab dan cara mengatasi yang sesuai.

1. Matikan Pembaruan Aplikasi secara Otomatis

Tindakan pembaruan atau updating aplikasi memang dibutuhkan di setiap jenis perangkat smartphone. Hanya saja, proses updating yang berlangsung dengan otomatis cukup memakan memori internal ponsel.

Dalam menyiasati kendala terkait update otomatis, silahkan masuk ke menu Pengaturan pada Google Play Store. Lalu ketuk opsi Jangan Update Aplikasi Otomatis.

Apabila proses pembaruan telah dilakukan, maka masuk menu Pengaturan kemudian pilih Aplikasi Terinstal. Selanjutnya, hapus update pada aplikasi yang dimaksud. 

Namun penting diperhatikan aplikasi bawaan biasanya tidak bisa terhapus. Untuk menyiasati silahkan hapus aplikasi yang dianggap tidak rutin digunakan.

2. Hapus Data pada Aplikasi Kamera

Cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong selanjutnya adalah dengan menghapus data dalam aplikasi kamera. Data yang tersimpan di kamera turut menambah daftar penyebab penuhnya memori internal. Berikut langkahnya:

  • Langkah awal lakukan terlebih dahulu backup data di berbagai opsi seperti Google Drive dan perangkat komputer.

  • Langkah kedua, perhatikan data yang ada di kamera baru setelahnya dapat mulai menghapus yang sudah tidak ingin disimpan.

  • dan Langkah akhir, coba cek apakah memori internal kosong atau belum. Umumnya tindakan penghapusan mampu mengosongkan memori dalam jumlah besar.

Sebagai informasi, data kamera pada smartphone terbaru mendukung resolusi hingga 4 ribu. Ini artinya kapasitas penyimpanan memerlukan ruang lebih banyak dari sebelumnya.

3. Gunakan Perangkat Lainnya

Bagi smartphone yang minim ruang penyimpanan kendala memori internal penuh padahal masih kosong bisa saja terjadi. Alternatif mengatasinya bisa dilakukan pemindahan pada file yang cukup besar memakan ruang.

Sebut saja unduhan lagu-lagu yang mana secara otomatis tersimpan di memori internal. Pindahkan ke perangkat komputer yang dimiliki agar tetap bisa diputar atau dinikmati.

Selain perangkat lainnya, dapat pula memindahkan file ke memori eksternal. Untuk menerapkannya, ketuk menu Pengaturan lalu ketuk tautan Aplikasi dan Manager Aplikasi.

Setelah itu, ketuk file yang diunduh yang nanti akan dialihkan ke beberapa opsi. Salah satunya memindahkan file ke memori eksternal, inilah yang dipilih.

4. Lakukan Tindakan Uninstall Aplikasi

Aplikasi yang tidak terpakai juga digadang-gadang menyebabkan permasalahan memori internal penuh padahal masih kosong. Tanpa disadari beberapa aplikasi yang terupdate sendiri membuat ruang penuh. Untuk tindakan uninstall bisa mengikuti tahapan berikut:

  • Buka menu Pengaturan kemudian ketuk Manager Aplikasi atau Kelola Aplikasi (tergantung jenis smartphone).

  • Lalu ketuk aplikasi yang ingin dicopot diikuti memilih tautan Uninstall atau Uninstall Pembaruan (khusus aplikasi bawaan).

  • dan Tunggu sampai aplikasi berhasil di uninstall.

Untuk tindakan uninstall ini sebaiknya cek kembali apakah benar-benar aplikasi tidak diperlukan lagi kedepannya. Dikhawatirkan apabila terlanjur dicopot, aplikasi dibutuhkan yang hanya membuat pekerjaan berulang.

5. Hapus Cache pada Aplikasi

Tak dipungkiri kehadiran cache dalam aplikasi menyebabkan kendala pada memori internal terlebih jumlah yang besar. Cache yang merupakan data akses kalau dalam jumlah kecil mungkin tidak mengganggu aktivitas bermain ponsel.

Dengan menghapus cache, tindakan uninstall aplikasi terkadang tidak diperlukan. Untuk menghapus, silahkan buka menu Pengaturan dan ketuk opsi Aplikasi.

Perhatikan cache pada aplikasi yang cukup besar lalu ketuk Hapus Cache. Hanya memori internal yang belum juga kosong lanjutkan dengan membuka aplikasi lain dan hapus cache yang tersimpan.

Pada sebagian jenis smartphone cache masih tertinggal dalam aplikasi yang telah dicopot. Tindakan penghapusan bisa dilakukan dengan mengetuk File Campuran.

Apabila cara menyiasati yang dijelaskan ternyata tidak cukup mampu mengembalikan ruang memori internal maka coba pilih tautan Kembalikan Setelan Pabrik. Namun pastikan seluruh data dalam smartphone di backup dengan benar dan aman.

Sekian kiranya 5 cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong yang dilengkapi dengan penyebabnya. Sekedar saran, sebisa mungkin pastikan mengecek ruang memori internal sebelum melakukan tindakan diluar kondisi sebenarnya.