Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Tugas Operator Dapodik Sekolah

tugas operator dapodik

Dapodik adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk menghimpun seluruh data pada satuan pendidikan. Pada tahun 2023, tugas operator Dapodik menjadi perhatian utama. Operator Dapodik Sekolah bertanggung jawab dalam mengelola data dan informasi di dalam aplikasi tersebut. Dalam artikel ini, KhairPedia akan menjelaskan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh operator Dapodik dan bagaimana cara menggunakannya.


Cara Daftar dan Registrasi Akun Operator Dapodik Yayasan dan Operator Sekolah

Untuk menjadi operator Dapodik, Bapak dan Ibu perlu mengajukan permohonan ke dinas pendidikan agar dapat diangkat sebagai operator tersebut. Proses pengajuan ini akan dibahas di artikel berikutnya, selalu pantau dan update informasi di website ini. Setelah Bapak dan Ibu mendapatkan username dan password dari operator Dinas Pendidikan, Bapak dan Ibu dapat mengakses aplikasi Dapodik.

Aplikasi Dapodik memiliki berbagai menu yang tersedia, seperti beranda, sekolah, sarpras, gtk, peserta didik, rombongan belajar, nilai, jadwal, validasi, tarik data pusat, unduhan, profil pengguna, pengaturan, tentang, dan keluar.

Menu sarpras, gtk, peserta didik, rombongan belajar, nilai, dan jadwal memungkinkan Bapak dan Ibu untuk memasukkan data yang relevan. Misalnya, pada menu sarpras, Bapak dan Ibu dapat menginputkan data tentang fasilitas dan prasarana sekolah, seperti ruangan, gedung, meja, kursi, dan lain sebagainya. Data tersebut biasanya diperoleh dari wakil kepala sekolah bagian aset.


Menu gtk terbagi menjadi dua kategori, yaitu guru dan tendik. Kategori guru mencakup tenaga pendidik yang bertugas sebagai pengajar, sedangkan kategori tenaga kependidikan tendik mencakup tenaga kebersihan dan lain sebagainya. Bapak dan Ibu juga bertugas untuk menginputkan data masing-masing dengan lengkap, termasuk identitas, Rama, dan informasi lainnya. Terdapat pula menu gtk nonaktif yang mencantumkan daftar nama guru dan tenaga kependidikan yang telah dikeluarkan dari aplikasi Dapodik dengan berbagai keterangan.


Input Data Peserta Didik

Selain itu, terdapat menu peserta didik yang mencakup kelas 10 hingga kelas 12, serta menu rombongan belajar yang terdiri dari reguler, praktik, ekskul, dan mata pelajaran pilihan. Menu nilai digunakan untuk mencatat nilai-nilai rapor, ujian sekolah atau USBN, dan ujian kompetensi keahlian untuk sekolah menengah kejuruan (SMK). Menu jadwal digunakan untuk mengatur jadwal pembelajaran di sekolah. Menu validasi digunakan untuk memvalidasi data mulai dari data sekolah hingga nilai. Jika terdapat data yang tidak valid, proses sinkronisasi data tidak dapat dilakukan. Sinkronisasi data adalah proses mengirimkan data dari aplikasi Dapodik ke pusat data dan mengambil data dari pusat untuk dimasukkan ke dalam aplikasi. Perlu dicatat bahwa sinkronisasi data berbeda dengan tarik data, di mana tarik data hanya mengambil data dari server tanpa mengirimkan data dari aplikasi Dapodik.

Selanjutnya, terdapat menu pusat unduhan yang berisi panduan, peraturan, formulir, dan manajemen terkait aplikasi Dapodik. Terdapat juga menu tanya jawab yang membahas masalah dan solusi seputar Dapodik versi 2021. Jika Bapak dan Ibu mengalami kesulitan dalam mengoperasikan Dapodik, mereka dapat melihat panduan manual aplikasi Dapodik versi 2023. Terdapat pula menu profil pengguna, pengaturan, tentang, dan keluar. Menu profil pengguna menampilkan profil pengguna sebagai admin operator atau admin ops, atau sebagai operator sekolah. Pengaturan digunakan untuk melakukan sinkronisasi data dan mengubah kode registrasi sekolah. Terdapat juga informasi tentang aplikasi Dapodik dan tautan terkait Dapodik yang dapat diakses secara teratur.


Operasional Dapodik

Dapodik bekerja dalam mode semi-online. Artinya, saat melakukan pengeditan data, tidak diperlukan koneksi internet. Namun, untuk proses penarikan data dan sinkronisasi, koneksi internet diperlukan. Untuk mengakses portal Dapodik, Bapak dan Ibu dapat mengetikkan kata kunci "dapodikdasmen" di mesin pencarian seperti Google untuk mengakses beranda PAUD dikdasmen. Di sana, terdapat berbagai informasi yang dapat diakses, seperti SP data Dik, PTK data Dik, Bos online, Bop, verval SD, verval PTK, verval PD, dan sebagainya.

Sebagai operator sekolah, tugas Bapak dan Ibu adalah mengelola data sesuai dengan data yang ada di lapangan dan melakukan validasi data tersebut. Setelah data divalidasi, data tersebut dapat disinkronkan. Operator sekolah bekerja sama dengan seluruh masyarakat sekolah untuk mengumpulkan dan memperbarui data mulai dari data sekolah, peserta didik, rombongan belajar, nilai, hingga jadwal.


Berikut ini daftar link untuk menjalankan operasional Dapodik

https://dapo.kemdikbud.go.id/

http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/

https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

https://vervalponsel.data.kemdikbud.g...

https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

https://pip.kemdikbud.go.id/session

https://anbk.kemdikbud.go.id/

https://vervaltik.data.kemdikbud.go.id/

https://biounsmk.kemdikbud.go.id/biosmk/

https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

http://takola.ditpsmk.net/


Demikianlah penjelasan mengenai Dapodik dan tugas operator Dapodik di tahun 2023. Untuk panduan penggunaan aplikasi secara lebih lengkap, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan yang disertakan di artikel ini. Terima kasih telah menyimak dan memberikan dukungan untuk KhairPedia.


Kata Kunci Dalam Artikel

tugas operator dapodik,dapodik adalah,cetak kartu nisn,cetak nisn,cetak kartu nisn online,dapodik paud,cara cetak kartu nisn,cara cetak nisn,dapo paud,cara membuat nuptk online,cetak kartu nisn dengan foto,cara cetak kartu nisn sd,cara cetak nuptk online,kartu dapodik,cetak nisn dapodik,cetak kartu nisn dapodik,manajemen dapo paud,dapodikmen paud,cetak kartu nisn sd,maksud sertifikasi iso di dapodik,cetak kartu nisn online,cetak nisn,cetak kartu nisn,cetak kartu nisn dengan foto,

Kata kunci terkait artikel ini : Tugas operator Dapodik di sekolah,Panduan tugas operator Dapodik,Peran operator Dapodik dalam pen,gelolaan data,Kompetensi operator DapodikPelatihan untuk operator Dapodik,Pengertian Dapodik dan fungsinya,Keuntungan menggunakan Dapodik di sekolah,Fitur-fitur Dapodik yang penting,Manfaat Dapodik bagi pendidikan,Perbedaan Dapodik dengan sistem lain,Proses cetak kartu NISN siswa,Syarat dan ketentuan cetak kartu NISN,Tempat cetak kartu NISN resmi,Biaya cetak kartu NISN,Waktu yang diperlukan untuk cetak kartu NISN,Langkah-langkah cetak NISN secara manual,Alternatif cetak NISN selain menggunakan Dapodik,Tips untuk cetak NISN yang sukses,Kendala umum saat cetak NISN,Keamanan data saat cetak NISN,Panduan cetak kartu NISN secara online,Kelebihan dan kekurangan cetak kartu NISN online,Sistem online untuk cetak kartu NISN yang terpercaya,Tips mengatasi masalah saat cetak kartu NISN online,Persyaratan teknis untuk cetak kartu NISN online,Penggunaan Dapodik dalam pendidikan anak usia dini,Fitur-fitur khusus Dapodik untuk PAUD,Manfaat Dapodik dalam pengelolaan data PAUD,Peran operator Dapodik di lembaga PAUD,Perbedaan Dapodik PAUD dengan Dapodik sekolah dasar,Panduan langkah-langkah cara cetak kartu NISN,Alat dan bahan yang diperlukan untuk cetak kartu NISN,Tips untuk menghindari kesalahan saat cetak kartu NISN,Perbedaan proses cetak kartu NISN antara sekolah dan orang tua,Sumber daya online yang membantu cara cetak kartu NISN,Langkah-langkah cara cetak NISN secara manual,Alternatif cara cetak NISN selain menggunakan Dapodik,Tips untuk proses cetak NISN yang efisien,Kendala umum saat proses cetak NISN,Keamanan data saat cetak NISN dengan cara tertentu,Panduan langkah-langkah cara membuat NUPTK secara online,Syarat dan ketentuan pembuatan NUPTK online,Waktu yang diperlukan untuk proses pembuatan NUPTK online,Perbedaan antara pembuatan NUPTK online dengan cara konvensional,Kendala umum saat membuat NUPTK online.