Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

13 Kampus Ekonomi Terbaik Di Indonesia, Rekomendasi Untuk Pebisnis

Ikatan Cendikia | Kampus Ekonomi Terbaik Di Indonesia | Sebanyak 13 kampus di Indonesia masuk dalam pemeringkatan THE WUR by Subject 2024 sebagai kampus ekonomi dan bisnis terbaik.

Dalam daftar tersebut, terdapat tiga perguruan tinggi swasta (PTS) yang termasuk dalam 13 Kampus Ekonomi Bisnis Terbaik di Indonesia versi THE WUR by Subject 2024.

THE WUR adalah salah satu pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga pemeringkatan ternama, Times Higher Education. Pemeringkatan ini menyediakan daftar definitif perguruan tinggi terbaik di dunia dengan fokus pada misi penelitian.

Penilaian dilakukan menggunakan 18 indikator kinerja yang telah dikalibrasi dengan cermat untuk mengukur kinerja institusi dalam lima bidang: pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, industri, dan prospek internasional.

Kampus Ekonomi Terbaik Di Indonesia

Kampus Ekonomi Terbaik Di Indonesia

1. Universitas Indonesia

  • Peringkat dunia: 401–500

Universitas Indonesia atau sering disingkat UI merupakan kampus yang sangat terkenal, bukan hanya karena usianya yang sudah sangat tua, kampus ini terkenal karena telah menghasilkan banyak menteri.

UI memiliki dua lokasi kampus, yaitu Depok sebagai kampus pusat, dan di Salemba Jakarta Pusat sebagai kampus 2. UI merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Indonesia.

2. Universitas Gadjah Mada

  • Peringkat dunia: 501–600

Universitas Gadjah Mada adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Universitas ini merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan.

3. Universitas Airlangga

  • Peringkat dunia: 601+

Universitas Airlangga adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan pada tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang ke-9.

4. Institut Teknologi Bandung

  • Peringkat dunia: 601–800

Institut Teknologi Bandung adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Penggunaan Nama ITB secara resmi dimulai pada 2 Maret 1959.

Sejak 14 Oktober 2013, ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum yang memiliki otonomi dalam pengelolaan akademik dan nonakademik.

5. Binus University

  • Peringkat dunia: 601–800

Binus adalah singkatan dari Bina Nusantara, kampus ini adalah satu di antara kampus yang sangat terkenal dengan kualitas lulusannya meski berstatus sebagai kampus swasta. Nama Bina Nusantara sendiri adalah nama dari yayasan yang juga menjadi pemilik dari kampus ini.

Saat ini, Binus University memiliki 9 kampus yang tersebar di 6 kota, dengan kampus pusat berlokasi di Kemanggisan, Jakarta Barat.

6. Universitas Diponegoro

  • Peringkat dunia: 601–800

Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah satu di antara kampus terkenal yang ada di kota Semarang.  Saat ini, UNDIP memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah. Kampus utamanya terletak di daerah Tembalang, sementara kampus lainnya berada di daerah Pleburan.

7. Universitas Sebelas Maret

  • Peringkat dunia: 601–800

Universitas Sebelas Maret adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Kentingan, Jebres, Kota Surakarta. Universitas ini menawarkan berbagai program pendidikan, mulai dari jenjang vokasi, sarjana, magister, hingga doktoral.

8. Universitas Brawijaya

  • Peringkat dunia: 801+

Universitas Brawijaya adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang didirikan pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur, melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Nomor 1, tanggal 5 Januari 1963.

9. Universitas Islam Indonesia

  • Peringkat dunia: 801+

Universitas Islam Indonesia (UII), disingkat UII, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta Nasional tertua di Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta.

Awalnya, UII bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada tanggal 8 Juli 1945 sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta pertama yang dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, dan kemudian menjadi institusi pendidikan tinggi swasta tertua kedua di Indonesia.

10. Universitas Padjadjaran

  • Peringkat dunia: 801+

Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Jawa Barat, Indonesia. Kampus utama Unpad, terutama untuk Program Sarjana, terletak di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

11. Universitas Negeri Malang

  • Peringkat dunia: 801+

Universitas Negeri Malang (UM), disingkat UM, adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Malang dan Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Pada tanggal 4 Agustus 1999, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999, universitas ini resmi menjadi Universitas Negeri Malang.

12. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Peringkat dunia: 801+

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Awalnya, ITS didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik pada tanggal 10 November 1957, di bawah pimpinan dr.Angka Nitisastro.

13. Telkom University

  • Peringkat dunia: 801+

Universitas Telkom, atau dikenal sebagai Telkom University, adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Universitas Telkom diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom dan merupakan hasil penggabungan dari empat perguruan tinggi swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia.

Secara keseluruhan, THE WUR mengumpulkan 411.789 titik data dari lebih dari 2.673 institusi yang mengirimkan data.