Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

10 Kampus Keperawatan Terbaik di Indonesia

Ikatancendikia.com | Kampus Keperawatan Terbaik di Indonesia | Pascapandemi Covid-19, kebutuhan perawat di rumah sakit melonjak secara signifikan. Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa yang terinspirasi dan bercita-cita menjadi perawat. 

 Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk menjadi perawat, masuk ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan Ilmu Keperawatan adalah pilihan terbaik. Di jurusan ini, calon mahasiswa akan mempelajari cara merawat pasien, tidak hanya secara fisik tetapi juga psikis. 

Para mahasiswa juga akan mendapat berbagai teori dan praktek berbagai hal terkait masalah kesehatan.

 Berdasarkan hasil penelusuran di berbagai sumber, berikut ini adalah 10 kampus dengan jurusan Ilmu Keperawatan terbaik di Indonesia yang telah terakreditasi A. 

Kampus Keperawatan Terbaik di Indonesia 

10, Kampus Keperawatan Terbaik di Indonesia


1. Universitas Indonesia (UI) 

 Jurusan Ilmu Keperawatan di UI merupakan yang tertua di Indonesia dan berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI). 

Mahasiswa yang menyelesaikan studi di jurusan ini akan mendapatkan gelar S.Kep. dan wajib mengikuti program profesi untuk mendapatkan gelar Ners, yaitu perawat profesional. 

Lahirnya Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIKUI) diawali dengan dibukanya Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) yang didirikan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1985. 

 Program Studi ini didirikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin meningkat terhadap pelayanan keperawatan profesional dan merujuk pada kebijakan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia seperti tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). 

 Pendirian PSIK merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan, dan lembaga terkait lainnya yang pada bulan Januari 1983 telah mengadakan Lokakarya Nasional Keperawatan, menghasilkan rekomendasi untuk pengembangan tenaga keperawatan pada jenjang sarjana. 

2. Universitas Airlangga (Unair) 

 Jurusan Ilmu Keperawatan di Unair termasuk dalam Fakultas Keperawatan (FKp), yang telah berdiri sejak 20 Juni 2008. Program yang ditawarkan mencakup sarjana, magister, hingga doktor. 

 Beberapa pengajar di jurusan ini masuk dalam daftar 210 peneliti terbaik versi Google Scholar Metrik. Lulusan jurusan ini akan menjadi perawat profesional dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang tinggi. 

Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (UNAIR) telah berdiri sejak 20 Juni 2008. Fakultas ini mendidik mahasiswa agar siap menjadi perawat profesional, baik dari segi keilmuan, sikap, maupun keterampilan. 

 FKp UNAIR memiliki 2 departemen dan 5 program studi yang terdiri dari 1 program S1, 1 program S2, 1 program S3, 1 program profesi, dan 1 program spesialis. 

3. Universitas Brawijaya (UB) 

Jurusan Ilmu Keperawatan berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES). Program pendidikan sarjana ini telah berdiri sejak tahun 1999 berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 236/Dikti/Kep/1999 dan awalnya berada di bawah Fakultas Kedokteran (FK). 

 Seiring dengan meningkatnya sumber daya di Departemen Keperawatan, sejak tahun 2019 telah dibuka tiga peminatan baru: Manajemen dan Kepemimpinan Keperawatan, Keperawatan Medikal Bedah, dan Keperawatan Kesehatan Komunitas. 

 Pada tahun 2021, peminatan Keperawatan Maternitas juga ditambahkan. Dengan harapan agar menjadi sarana untuk pengembangan karier keperawatan, PSMK FIKES UB juga menyelenggarakan pendidikan pascasarjana jurusan keperawatan. 

 Pada 19 Mei 2022, jurusan ini mulai menyelenggarakan program magister. Berdasarkan Peraturan Rektor Nomor 31 tahun 2022, jurusan Keperawatan resmi berada di bawah naungan FIKES. 

4. Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Jurusan Ilmu Keperawatan termasuk dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, yang sudah berdiri sejak tahun 1988. 

 Lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar Ners dengan level 7 dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pembelajaran di jurusan ini sangat terfokus pada pengembangan mahasiswa. 

5. Universitas Hasanuddin (UNHAS) 

Jurusan Ilmu Keperawatan berada di dalam Fakultas Keperawatan, yang merupakan fakultas terbesar di Indonesia bagian timur. Fakultas ini menawarkan tiga jenjang pendidikan dalam keperawatan: diploma III, sarjana, dan magister. 

6. Universitas Diponegoro (Undip) 

Di Universitas Diponegoro, program studi di bidang kesehatan tidak hanya Ilmu Kedokteran yang banyak diminati, tetapi juga Ilmu Keperawatan. Program studi Ilmu Keperawatan telah meraih predikat A dari BAN-PT sejak tahun 2016 dan tetap menjadi pilihan populer di kalangan calon mahasiswa. 

7. Universitas Padjajaran (Unpad) 

Bukan hanya Ilmu Kedokteran yang banyak diminati di Universitas Padjajaran. Pada SBMPTN 2021, jumlah pendaftar untuk prodi Ilmu Keperawatan mencapai ribuan. Prodi ini telah mendapatkan predikat A dari BAN-PT sejak tahun 2016. 

8. Universitas Sumatera Utara (USU) 

Program studi Ilmu Keperawatan di Universitas Sumatera Utara telah terakreditasi A sejak tahun 2017. Pada SBMPTN 2021, prodi ini menerima hampir 1.000 pendaftar. Apakah ini kampus impianmu? 

9. Universitas Sriwijaya (Unsri) 

Prodi ini telah terakreditasi A sejak tahun 2018 dan membuka kuota 60 kursi pada SBMPTN 2020. 

10. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 

Ada dua kampus negeri di Jakarta yang menawarkan prodi S1 Ilmu Keperawatan, salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Prodi ini kembali meraih akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2019.