Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

9 Kampus Online Di Indonesia, Solusi Kuliah Terhalang Jarak dan Waktu

Ikatancendikia.com | Kampus Online Di Indonesia | Dapat melanjutkan kuliah dan mencapai mimpi ke jenjang yang lebih tinggi adalah impian bagi seluruh lulusan SMA atau SMK. Namun, beberapa dari mereka sering kali terkendala karena sudah bekerja, sehingga waktu untuk studi menjadi terbatas.

 Selain itu, masalah biaya seringkali juga menjadi faktor penghambat dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengantisipasi hal ini dengan sangat baik, sobat. Salah satu caranya yaitu dengan memilih kuliah di kampus yang menyediakan kuliah online. 

Kampus Online Di Indonesia 

Kampus Online Di Indonesia


1. Politeknik LPP Yogyakarta 

Buat kamu yang tertarik dengan dunia perkebunan dan ingin tetap belajar, kampus ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menyediakan kuliah secara online, kampus ini juga memberikan peluang untuk langsung bekerja meskipun kamu belum lulus. 

Politeknik LPP didirikan berdasarkan SK Mendikbud Nomor 66/D/O/1997 dan SK Dirjen Dikti Depdikbud Nomor 319/Dikti/Kep/1998. Politeknik LPP menawarkan empat program studi, yaitu Teknik Kimia, Teknik Mesin, Akuntansi, dan Budidaya Tanaman Perkebunan. 

 Sejak tahun 2010, Politeknik LPP juga telah membuka Program DIV / Sarjana Terapan untuk Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan. 

2. Universitas Siber Asia 

Seperti kampus lainnya, universitas ini menyediakan program full online learning. Cocok sekali buat kamu yang ingin tetap tinggal di rumah dan tidak perlu merantau, namun tetap ingin melanjutkan kuliah. 

Universitas Siber Asia (UNSIA) adalah perguruan tinggi berbasis full online yang memperoleh izin prinsip pendirian dari Kemenristek DIKTI pada 26 Agustus 2019, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Bali. 

3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang 

Di kampus ini, kamu bisa memilih dua jurusan, yaitu Akuntansi dan Manajemen. 

Meskipun kamu belajar secara online dari rumah, kualitas pembelajaran tetap terjaga. Pada tanggal 28 Januari 1986, Yayasan mengajukan permohonan pendirian Akademi Koperasi (AKOP) SEMARANG kepada Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, dan permohonan tersebut disetujui pada tanggal 21 Mei 1986. 

 Selanjutnya, pada tanggal 8 Juli 1986, Akademi Koperasi (AKOP) SEMARANG diresmikan oleh Gubernur KDH Jawa Tengah dengan penandatanganan prasasti yang bertuliskan Condro Sengkolo: “Mobahing Manggolo Trus Manunggal. 

4. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 

Perguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta ini juga menyediakan program kelas online. Kamu bisa memilih program yang ingin kamu ikuti. Kampus ini kini sudah mempunyai 13 jurusan S1, program pascasarjana, dan kuliah profesi apoteker. 

Fakultas Hukum kampus ini menawarkan Program Studi S1 Hukum dan Program Pascasarjana S2 dan S3 Hukum. Ada juga Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang memiliki Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional. 

 Fakultas Teknik menyediakan Program Studi Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Mesin. Fakultas Ekonomi dan Bisnis menawarkan Program Studi Administrasi Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi.

 Fakultas Farmasi memiliki Program Studi S1 Farmasi dan Program Profesi Apoteker. 

5. Universitas Pembangunan Jaya 

Kampus yang terletak di Tangerang ini menawarkan empat jurusan yang bisa diambil secara online: S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Sistem Informasi. 

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) adalah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 2011 dengan Izin Operasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor 38/D/O/2011 tanggal 25 Februari 2011, dan didukung penuh oleh kelompok usaha Pembangunan Jaya. 

6. Universitas Islam As-Syafi’iah 

Ingin kuliah hukum dan manajemen melalui sistem online? Kampus ini bisa menjadi pilihan alternatif. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan, di sini kamu juga bisa memperdalam ilmu agama yang sesuai untukmu. 

Universitas Islam As-Syafi’iyah merupakan pengembangan dari Akademi Pendidikan Islam (AKPI) As-Syafi’iyah yang didirikan pada tanggal 14 November 1965. Pada tanggal 12 Maret 1969, AKPI tersebut ditingkatkan statusnya menjadi universitas. 

Upaya perintisan ini dimulai sejak tahun 1928, ketika Abdullah Syafi’ie yang masih berusia 18 tahun membuka madrasah dengan modal sebidang tanah dari ayahandanya. 

 Madrasah tersebut berkembang dengan nama "Al-Islamiyah" dan kemudian menjadi "Perguruan As-Syafi’iyah". 

7. Institut Teknologi Harapan Bangsa 

Kampus yang berlokasi di Kota Kembang ini juga menyediakan sistem perkuliahan online. Terdapat dua jurusan yang ditawarkan dalam perkuliahan online tersebut, yaitu S1 Sistem Informasi dan S1 Manajemen. 

 8. Universitas MH. Tamrin 

Tak hanya program studi kesehatannya yang maju, kampus Universitas MH. Tamrin menghadirkan kuliah online berkelas. Dalam kuliah onlinya, ada 4 jurusan yang bisa anda pilih, yaitu S1 Teknik Informatika, S1 Akuntansi, S1 Manajemen, dan S1 Sistem Informasi. 

 9. Universitas Nusa Mandiri 

Kampus yang satu ini juga tak kalah keren. Terdapat dua jurusan kuliah yang bisa anda ikuti secara online, yaitu jurusan S1 Teknik Informatika dan S2 Magister Manajemen.